Search Cars

Tips & Rekomendasi

Pilihan Mobil untuk Pemula, Apa Saja Rekomendasinya?

Mobil untuk pemula ini paling direkomendasikan bagi kamu yang baru bisa mengendari dan atau pertama kali ingin memiliki mobil.

mobil untuk pemula

Mobil untuk pemula yang bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang pertama kali memiliki mobil, ada banyak! Dikenal cocok untuk pemula karena memiliki dimensi yang kompak sehingga cenderung lebih mudah dan nyaman dikendarai.

Kapasitas mesinnya memang tidak terlalu besar, yakni 1.000 cc sampai 1.500 cc, tapi sanggup dan enak dibawa berjalan-jalan di perkotaan dan liburan luar kota yang tidak terlalu jauh, Satu lagi, bahan bakarnya juga irit.

Yang identik dengan mobil untuk pemula biasanya adalah tipe-tipe city car, hatchback, atau sedan. Bila kamu tertarik memilikinya, berikut ini beberapa rekomendasi mobil untuk pemula.

Toyota Agya cocok jadi mobil pertama

unit toyota agya

Mobil kelas LCGC (low cost green car) yang paling banyak direkomendasikan sebagai mobil untuk pemula adalah Toyota Agya.  Ukurannya kompak dengan tampilan mobil yang sangat sporty. Ditambah sentuhan headlamp bercorak hitam juga LED Guide-nya yang terlihat dinamis di bagian interior. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Dibekali dengan mesin berkapasitas 1.200 cc 3 silinder Dual VVT-i kode WA-VE, harganya dibanderol mulai dari Rp167.900.000 hingga Rp253.500.000.

Mobil untuk pemula, Toyota Calya

Toyota New Calya

Banyak keluarga kecil menjadikan mobil ini sebagai mobil pertamanya. Toyota Calya disebut-sebut nyaman digunakan, konsumsi BBM irit dan harganya juga terjangkau. 

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) ini muat menampung 7 orang dengan dimensi 4.110 milimeter  x 1.655 milimeter x 1.600 milimeter dengan ground clearance 180 milimeter. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Anak Muda yang Cocok Digunakan untuk Hangout

Toyota Calya hanya memiliki 1 pilihan mesin dan 2 opsi transmisi, manual dan otomatis. Hadir dengan mesin bensin 1197 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 87 daya kuda dan torsi puncak 108 Nm. 

Sistem keamanan yang dimiliki adalah Engine Immobilizer dan Anti Theft Device. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp164.700.000 sampai Rp199.403.000. 

Daihatsu Sirion

Fitur Keselamatan Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion disebut-sebut memiliki fitur yang pas sebagai mobil untuk pemula. Ini lantaran 1 fitur terbarunya yang belum ada di mobil pesaing, yaitu sensor depan, yang sangat dibutuhkan untuk pengendara pemula. 

Baca juga: Mau Beli Mobil Pertama? Cek Dulu Rekomendasi SEVA

Letak sensor ini berada di bagian depan mobil sebelah kanan dan kiri. Sensor ini akan berbunyi ketika bemper mendekati objek di hadapannya yang berjarak kurang dari 60 centimeter.

Mesin kendaraan berkode  1NR-VE ini berkapasitas 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan sebesar 93,7 hp pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi maksimum 119 Nm di putaran mesin 4.200 RPM.

Generasi ketiga Daihatsu Sirion di dalam negeri dibanderol Rp228.850.000 hingga Rp238.050.000.

Toyota Avanza 

kredit toyota avanza

Siapa coba yang tidak mengenal mobil 7 seater ini? Mobil yang sering disebut sebagai mobil sejuta umat ini memang banyak sekali berseliweran di jalanan. 

Baca juga: Varian dan Harga Toyota Agya Terbaru Tahun 2023

Toyota Avanza memiliki desain yang sporty dan elegan, dan dibekali dengan berbagai fitur keamanan yang canggih. Di antaranya rem ABS dan fitur entertainment lainnya. Layar kamera dan sensor parkirnya (pada Toyota Avanza G 1.3) juga sangat membantu bagi kamu pengendara pemula. 

Kapasitas tangki bahan bakar Toyota Avanza memuat hingga 43 liter dan tergolong sebagai salah satu kendaraan dengan konsumsi BBM paling irit dan low maintanence

Mobil serbaguna Daihatsu Sigra 

konsumsi BBM Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra juga masuk dalam kategori mobil LCGC. Mobil berpenumpang 7 orang ini juga cocok digunakan sebagai mobil untuk pemula, juga mobil keluarga. Konsumsi BBM kendaraan ini sangat irit dan nyaman digunakan di jalanan perkotaan. 

Baca juga: Kenapa Harga Toyota Innova Bekas Stabil di Pasaran?

Harga Daihatsu Sigra mulai dari Rp135.200.000 sampai Rp182.600.000.

Tips membeli mobil untuk pemula

kredit mobil baru

Sebelum memilih mobil, terutama mobil untuk pemula, ini beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

  1. Harga

Pastikan budget yang kamu miliki cukup untuk membeli tipe yang diinginkan. Dan untuk itu, jangan memaksakan diri membeli mobil yang hargaya di atas kemampuanmu. 

Baca juga: Mobil Kecil dan SatSet Buat Dukung Aktivitas Perkotaan

Untuk lebih membantumu, buat list mobil yang sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Usahakan jangan juga terpaku pada satu tipe atau merk mobil saja. 

  1. Kebutuhan

Apakah mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan? Umumnya, mobil untuk pemula dibeli dengan alasan ‘kebutuhan’ seperti untuk ngantor, antar-jemput anak sekolah, atau lainnya. Dengan menyesuaikan kebutuhan, lebih mudah bagimu menemukan mobil impian. 

  1. Fitur keselamatan dan keamanan

Fitur keselamatan dalam berkendara merupakan hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan. Minimal, fitur keselamatan ini diharapkan bisa menjagamu dari risiko celaka.

Baca juga: Daihatsu Granmax Pick Up Pilihan Tepat Untuk Usaha 

Misalnya saja ketersediaan airbag, sistem pengereman ABS, EBD, ESC, daytime running light, dll. Jadi, sudah punya gambaran dong mengenai pilihan mobil untuk pemula yang cocok dengan seleramu?

Semua mobil untuk pemula ini bisa kamu beli di SEVA, manfaatkan fitur Loan Calculator dan Instant Approval agar pembelian mobil idaman selalu #JelasDariAwal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.