Search Cars

Review Otomotif

Mobil Kecil dan SatSet Buat Dukung Aktivitas Perkotaan

Mobil kecil memang sering dijadikan pilihan untuk area perkotaan karena bisa lebih SatSet di jalanan. Nah, apa saja pilihannya?

mobil kecil

Untuk berkendara di area perkotaan, mobil kecil memang bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan bentuk yang mungil, tentunya bisa lebih SatSet ketika harus berada di jalanan yang ramai ataupun macet. 

Tidak hanya itu saja, mobil-mobil dengan bentuk yang compact juga bisa lebih mudah menjangkau area-area yang mungkin sulit dijangkau oleh mobil besar. Lahan parkir yang terbatas juga bisa menjadi alasan mengapa mobil mungil bisa diandalkan. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Cicilan Termurah Biar Budget Ga Offside

Pilihannya juga sangat beragam, beberapa diantaranya adalah dari Toyota dan Daihatsu. Dua nama besar di bidang otomotif tersebut tentunya menjamin kualitas mobil yang paling maksimal bagi pengendaranya. 

Rekomendasi mobil kecil untuk jalan perkotaan

Rekomendasi mobil kecil tentunya sangat beragam, tinggal disesuaikan saja dengan budget serta kebutuhan. Apa saja itu? 

Toyota New Agya

mobil kecil

Mobil kecil pertama yang cocok untuk dipakai di perkotaan adalah Toyota New Agya. dengan dimensi panjang 3.660 milimeter, lebar 1.600 milimeter, dan tinggi 1.520 milimeter, mobil kecil murah ini sangat cocok melaju di jalan yang padat ataupun sempit. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Compact SUV untuk Keluarga Kecil

Dari segi kapasitas mesin, Toyota New Agya ini memiliki kapasitas mesin 1.0L-1.2L. Pada mesin 1.0L tenaga maksimal yang mampu dihasilkan adalah  66 daya kuda pada 6.000 RPM dengan torsi 9.1 Kgm per 4.400 RPM.

Pada mesin berkapasitas 1.2L tenaga maksimal yang mampu dihasilkan adalah  86,7 daya kuda pada  6.000 RPM dengan torsi 11.0 Nm per 4.200 RPM.

Untuk konsumsi bahan bakarnya, mobil kecil murah ini juga terbilang irit dan ramah lingkungan karena sudah menggunakan sistem teknologi Electronic Fuel Injection (EFI). 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Innova Zenix Lengkap, Berapa Cicilannya?

Berbagai fitur unggulan tersebut membuat Toyota New Agya menjadi salah satu mobil paling laris. Selain fitur unggulan, harganya yang ekonomis dengan range Rp159.700.000-Rp181.500.000 membuatnya banyak dipilih.

Daihatsu New Ayla

daihatsu new ayla

Daihatsu New Ayla memiliki fitur serta spesifikasi yang hampir sama dengan Toyota New Agya. Beberapa fitur unggulan dari mobil kecil irit ini adalah fitur pengereman ABS dan EBD, juga kendali pendingin dengan AC digital.

Mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1.0L dan 1.2L. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 64 daya kuda pada 6.000 RPM untuk tipe 1.0L dan 87 daya kuda pada 6.000 RPM untuk tipe 1.2L. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil BMW Buat Harian dan Jalan Jauh

Terkait konsumsi bahan bakar, model bermesin 1.2L kemungkinan bisa lebih irit. Hal ini karena dengan tenaga lebih besar,  mesin tidak perlu bekerja keras untuk mencapai kecepatan tertentu dan mempertahankannya.

Semua varian Daihatsu New Ayla telah dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 titik baik untuk bangku depan maupun belakang. Kemudian pada varian 1.0 X konsumen juga akan mendapatkan front stabilizer pada roda depan.

Lalu mulai dari varian 1.2 X ke atas, stabilizer yang digunakan makin lengkap karena juga terdapat pada roda belakang. Kemudian pada varian 1.2 R sudah dilengkapi dengan kamera parkir mundur. 

Baca juga: Kunci Keyless Mobil Tidak Bisa Konek, Bagaimana Solusinya?

Untuk harga Daihatsu New Ayla sendiri bisa dibilang sangat terjangkau, terutama bagi keluarga muda yaitu dibanderol mulai dari Rp112.800.000 hingga Rp172.550.000. 

Daihatsu New Sirion

Daihatsu Sirion

Selain cocok untuk perkotaan, Daihatsu New Sirion juga cocok untuk dijadikan mobil anak muda. Meskipun demikian, mobil ini juga tetap bisa dijadikan mobil keluarga karena memiliki fitur ISOFIX yang berguna jika membawa anak atau balita. 

Untuk bisa lebih membuat nyaman penumpang, dilengkapi juga dengan air purifier sehingga sirkulasi udara lebih bersih dan sehat di dalam kabin mobil. 

Baca juga:  Mobil Listrik Toyota di Bali, Ada Apa Saja Sih?

Pada bagian interiornya, generasi terbaru ini sudah mendapat pembaruan dengan adanya desain meter cluster MID yang lebih modern dan informatif. Serta head unit yang langsung terhubung dengan Android Auto atau Apple CarPlay. 

Daihatsu New Sirion menggunakan mesin berkode 1NR-VE dengan konfigurasi 4-silinder DOHC 1.329 cc Dual-VVT-i. Mesin ini menghasilkan tenaga 95 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi puncak 119,6 Nm pada 4.200 RPM. 

Dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp131.700.000 hingga Rp179.100.000, tidak heran Daihatsu New Sirion menjadi mobil compact yang cukup banyak peminatnya. 

Toyota New Yaris

yaris

Bagi para pecinta hatchback, bisa memilih Toyota New Yaris yang bisa diandalkan untuk jalanan perkotaan. 

Baca juga: Mobil Listrik Bali Jadi Percontohan untuk Turunkan Emisi Karbon

Mobil kecil ini memiliki dimensi panjang 4.145 milimeter, lebar 1.730 milimeter dan tinggi 1.500 milimeter yang cocok diajak blusukan ke jalanan sempit atau medan-medan terbatas lain.

Meskipun terlihat pendek, Toyota New Yaris memiliki ground clearance 184 milimeter yang sanggup untuk melewati jalanan di perkotaan atau jalan tol. Saat harus menembus medan berkabut pun lebih aman karena sudah memiliki fog lamp di bagian bawah bumper depan.

Dari segi dapur pacunya, Toyota New Yaris menggunakan mesin berkode 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc dengan bahan bakar bensin yang didukung teknologi Dual VVT-i. 

Baca juga: Bagaimana Sih Aturan Mobil Listrik di Indonesia?

Dengan berbagai fitur serta teknologi yang dihadirkan, Toyota New Yaris dibanderol dengan harga mulai dari Rp295.800.000 hingga Rp325.700.000. Tentunya sebanding bukan? 

Beli mobil di SEVA

loan calculator SEVA

Nah, jika ingin beli langsung mobil-mobil kecil tadi bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa untuk menggunakan berbagai fitur unggulan yang dihadirkan.  

Salah satunya adalah Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.

Baca juga: Benarkah Ganti Oli jadi Perawatan Mobil Paling Mudah dan Murah?

Kemudian ada juga fitur Loan Calculator dimana kamu bisa mendapatkan informasi detail perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Awas Kena Gocek karena beli mobil di tempat yang salah. Biar SatSet pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA, yuk cek sekarang. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.