Search Cars

Berita Utama Otomotif

Mobil Listrik Teknologi Terbaru yang Dipamerkan di IIMS 2023

Penasaran dengan mobil listrik terbaru yang tampil di gelaran IIMS 2023? Teknologi apa yang diterapkan? Berapa harga jualnya?

mobil listrik

Deretan mobil listrik dipamerkan di IIMS 2023. Sebut saja beberapa di antaranya Toyota bZ4X, BMW iX, Mitsubishi MiEV, Hyundai Ioniq 5, Citroen e-C4, Wuling Air ev, DFSK Gelora e, DFSK EC3, dan Esemka Bima EV.

Kehadiran mobil listrik dalam pameran tersebut tentu bukan tanpa alasan. Hal ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang menargetkan pertumbuhan populasi kendaraan elektrik hingga ribuan unit di tahun 2025 mendatang. 

Pabrikan otomotif menyambut positif hal itu dengan meluncurkan berbagai kendaraan elektrifikasi yang diantaranya dipamerkan di IIMS 2023. Teknologi kendaraan masa depan itu terus diperbarui demi memaksimalkan kenyamanan dan keselamatan pengendaranya.

Baca juga: Ngecas Mobil Listrik vs Biaya Isi Bensin, Mana Lebih Hemat?

Langsung simak yuk, deretan kendaraan listrik yang mengusung teknologi-teknologi terbaru tersebut. Mana yang termasuk kendaraan idaman kamu?

Toyota bz4X

harga bZ4X

Toyota bZ4X dibekali baterai sebesar 71,4 kWh. Mobil tersebut mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dengan torsi puncak di angka 266,3 Nm. Sementara jarak tempuh maksimal mobil tersebut diklaim mencapai 500 kilometer.

Sejumlah teknologi canggih dibenamkan ke dalamnya, sebut saja TSS (Toyota Safety Sense) generasi terbaru 3.0. Misalnya Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, dan Lane Tracing Assist.

Baca juga: Aturan Plat Mobil Listrik, Tanda Birunya yang Benar Dimana Ya?

Kemudian ada fitur Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, hingga Road Sign Assist. Dilengkapi juga dengan parkir otomatis (Advanced Park) yang secara otomatis membuat mobil bergerak untuk parkir tanpa bantuan pengemudi.

Tertarik membawa pulang Toyota bZ4X? Untuk harganya sendiri mobil ini dihargai Rp1,19 miliar OTR Jakarta. Pesan dan beli di SEVA saja, karena tersedia fitur Loan Calculator yang memberi hitungan kredit paling terjangkau.

Manfaatkan fitur Instant Approval untuk mendapatkan persetujuan pembelian mobil ini dalam waktu singkat, cuma hitungan menit. 

BMW iX

BMW iX

Mobil listrik berikutnya adalah BMW iX xDrive40 yang dibekali dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima. Teknologi ini membuat mobil dapat mengkonsumsi daya baterai lebih hemat namun menghasilkan tenaga yang besar.

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Mobil Listrik Lebih Mahal

Kerennya lagi ada teknologi self healing yang bisa membuat kidney grille mobil ini membersihkan diri dan memulihkan kondisi akibat lecet dari benturan kerikil saat berjalan. 

Bagian grille juga telah dilengkapi elemen pemanas, sehingga memastikan bagian tersebut bebas dari embun dan air yang dapat mengganggu kinerja sensor-sensor yang terletak di baliknya.

Dapur pacu BMW iX ditopang oleh tenaga dari motor listrik ganda, mampu memproduksi sampai 240 kW atau setara tenaga maksimum 326 daya kuda. Tenaga besar ini membuatnya melaju dari 0-100 kilometer per jam dalam tempo hanya 6,1 detik! 

Baca juga: Kenali Hal Penting Dalam Perawatan Mesin Hybrid

Konsumsi daya listrik BMW iX xDrive40 rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 20 kWh untuk jarak 100 kilometer. Kapasitas baterai BMW iX xDrive40 sebesar 76,6 kWh untuk hasilkan jangkauan sejauh lebih dari 420 kilometer.

Jika tertarik meminang mobil ini, BMW iX xDrive40 Sport dijual off the road seharga Rp 2.267.000.000. 

Mobil listrik Mitsubishi MiEV

Mitsubishi MiEV

Mitsubishi MiEV merupakan salah satu mobil listrik yang dipamerkan di IIMS 2023 kali ini. Sepintas mobil ini lebih mirip key car alias mobil mini khas Jepang. Dimensinya cukup mungil dengan panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 milimeter dan tinggi 1.810 milimeter. 

Baca juga: 12 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas dari Laporan Pusiknas Polri

Mobil berkapasitas 4 penumpang ini dibekali baterai sebesar 30 kWh dan dapat menempuh jarak 150 kilometer sekali pengisian penuh. Tenaga yang dihasilkan mencapai 40 daya kuda pada 4.000-6.000 RPM dengan torsi puncak 196 Nm.

Sayangnya, harga Mitsubishi MiEV belum dirilis resmi di Indonesia, karena masih berada dalam tahap uji coba.

Hyundai Ioniq 5

hyundai

Mobil yang satu ini dijamin sudah dikenal oleh publik di Tanah Air. Sepak terjangnya bahkan sudah dimulai sebelum gelaran GIIAS bulan Agustus 2022 lampau.

Baca juga: Apa Sih Fungsi Spion Tanduk SUV yang Ada di Kap?

Hyundai Ioniq 5 dipasarkan dalam empat varian, yakni Prime Standard Range (Rp718 juta), Prime Long Range (Rp759 juta), Signature Standard Range (Rp779 juta), dan Signature Long Range (Rp829 juta) on the road wilayah DKI Jakarta.

Daya jelajah varian Prime Standard Range dan Signature Standard Range sama-sama dapat melaju sejauh 384 kilometer. Lalu varian Prime Long Range mampu melalap 481 kilometer dan varian Signature Long Range sejauh 451 kilometer.

Mobil listrik Citroen e-C4

Citroen e-C4

Pabrikan asal Perancis memperkenalkan Citroen e-C4 ke publik Tanah Air pada Desember 2022 lalu. Kini mobil listrik bermodel SUV tersebut turut memeriahkan jajaran mobil listrik berteknologi ramah lingkungan di IIMS 2023.

Baca juga: Ganti Baterai Mobil Listrik Apakah Mengubah Data di STNK?

Citroen e-C4 mengusung motor penggerak yang menghasilkan tenaga 100 kW atau setara dengan 136 daya kuda dan torsi 300 Nm. Mobil listrik ini mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer jam dalam waktu 9 detik! Kecepatan puncaknya mencapai 150 kilometer per jam.

Motor listrik pada Citroen e-C4 ditenagai oleh baterai Lithium-ion 50 kWh/400V yang mampu menempuh jarak maksimal 350 kilometer. Hanya butuh waktu 25 menit menggunakan fast charging, sementara dengan pengisian daya normal membutuhkan waktu 7 jam 30 menit.

Berapa harganya? Mobil ini dijual di kisaran Rp1,2 miliar untuk OTR DKI Jakarta. 

Wuling Air ev

mobil listrik wuling air ev

Mobil listrik mungil Wuling Air ev juga menjadi salah satu kendaraan ramah lingkungan yang sudah dikenal di Tanah Air. Mobil ini bahkan sudah wira-wiri di gelarang KTT G20 Bali tahun lalu. 

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Toyota dan 6 Kelebihannya

Dengan Rp 238 juta, kamu sudah bisa memiliki mobil Wuling Air ev varian standard range. Varian ini diklaim mampu menempuh jarak maksimal 200 kilometer, berkat baterai 17 kWh.. 

Sedangkan untuk varian long range dapat melahap jarak 300 kilometer dengan dukungan baterai 26 kWh. Harganya sekitar Rp 311 juta!

DFSK Gelora e, DFSK EC31, DFSK Glory E3 dan DFSK Mini EV

DFSK Gelora e

Pabrikan lain asal Negeri Tirai Bambu, DFSK membawa sejumlah kendaraan elektrik. Deretannya adalah DFSK Gelora e, DFSK EC31, DFSK Glory E3, dan DFSK Mini EV.

Baca juga: Aturan Konversi Mobil Listrik, Apa Saja yang Harus Diketahui?

Desain bodi DFSK Gelora e bersudut dan terkesan kotak, ditambah dengan penggunaan pintu geser yang mengesankan figurnya sebagai sosok kendaraan pengangkut penumpang. 

Daya jelajahnya sampai 300 kilometer dengan dukungan baterai ion lithium sebesar 42 kWh. Mobil dengan konfigurasi 7 penumpang ini dijual Rp582 juta.

Sementara DFSK Glory E3 hadir di segmen SUV dengan lekuk body bulat dan aerodinamis. DFSK Glory E3 dibekali daya baterai 52,5 kWh sebagai sumber energi untuk motor listrik dan menempuh jarak 405 kilometer.

Baca juga: Mitos Mobil Listrik yang Tidak Sesuai Fakta

Untuk melakukan pengisian daya baterai, DFSK Glory E3 hanya memerlukan waktu 30 menit dan mampu mencapai 80 persen daya baterai. Harganya diperkirakan Rp396 jutaan.

Di segmen mobil niaga, hadir DFSK EC31 berjenis pick up berpenggerak roda belakang. Dibekali baterai Lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas 38,7 kWh, mobil listrik ini mampu menempuh jarak hingga 278 kilometer.

mobil listrik dfsk

Pengisian dayanya bisa menggunakan fast charging DC 40 kW berdurasi 30 menit. Motor listriknya mampu mengeluarkan tenaga 80 daya kuda dan torsi 200 Nm. Harganya diperkirakan Rp655 jutaan.

Baca juga: Mobil Listrik Terobos Banjir, Akan Mogok Atau Tidak ya?

Mobil berikutnya DFSK Mini EV yang telah lebih dahulu dikenalkan ke publik pada ajang GIIAS 2022 lalu. Merujuk pada data DFSK Mini EV yang dijual di China, mobil dibekali baterai 9,18 kWh.

Motornya berjenis Permanent Magnet Synchronous Motor dengan tenaga puncak 25 kW dan torsi 100 Nm. Baterainya mampu menempuh jarak 120 kilometer dengan lama waktu pengisian berkisar 4 hingga 5 jam.

Tertarik memiliki mobil DFSK Mini EV di IIMS 2023? Diperkirakan harga jualnya OTR DKI Jakarta sekitar Rp220 jutaan.

MG4 EV

mg 4 ev

Kendaraan elektrik dari Morris Garage (MG) Motors hadir lewat mobil terbarunya MG4 EV. Kendaraan ramah lingkungan ini telah menggunakan teknologi baterai terbaru, yang disebut Rubik’s Cube.  

Baca juga: Deretan Mobil yang Bisa Dilihat di Booth Toyota IIMS 2023

Baterai MG4 EV diklaim dapat diisi dari 10-80% hanya dalam waktu 35 menit menggunakan rapid charger umum yang memiliki daya 150 kW. Pabrikan mengklaim baterai ini sangat aman dari air hingga debu.

Kemampuan baterai tersebut mampu menyalurkan daya secara optimal dan membantu motor listriknya untuk mencapai akselerasi kecepatan 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam tempo 7,7 detik.

Harga MG4 EV belum dirilis secara resmi, namun uniknya pemesanan mobil ramah lingkungan ini telah mencapai 330 unit. Sebagai pembanding harganya di Thailand jika dirupiahkan sekitar Rp397,7 juta.

Mobil listrik Tesla Model S dan Tesla Model 3

mobil listrik

Pabrikan pionir mobil listrik, Tesla memamerkan Tesla Model S dan Tesla Model 3 pada gelaran IIMS 2023. Untuk Tesla Model S berjenis sedan dengan dimensi panjang 4.978 milimeter dan lebar 1.850 milimeter.

Baca juga: Cicilan Mobil Rp 5 Jutaan Per Bulan, Apa Pilihannya?

Motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 762 daya kuda dan torsi mencapai 1.087 Nm. Sekali isi penuh baterai dapat menempuh jarak lebih dari 600 kilometer. Harganya Tesla Model S dibanderol Rp3,5 miliar untuk versi Long Range, dan Rp4,4 miliar untuk tipe Plaid.

Sedan Tesla Model 3 berkapasitas 5 penumpang dengan baterai 54 kWh dan dapat menempuh jarak 491 kilometer. 

Didukung kapasitas bagasi sebanyak 651 liter mobil ini hadir dalam 3 varian yaitu Tesla Model 3 Standard Range Plus seharga Rp1,5 miliar, Long Range seharga Rp2,5 miliar dan Performance seharga Rp2,7 miliar.

Renault Zoe dan Renault Twizy 

mobil listrik renault

Mobil listrik berikutnya adalah Renault Zoe yang berada di segmen hatchback berkapasitas 5 penumpang. Renault Zoe dibekali baterai 52 kWh yang dapat dipakai berkendara sejauh 394 kilometer sekali pengisian penuh. 

Baca juga: Jakarta Sudah Punya 98 Titik ETLE Statis, di Mana Saja Lokasinya?

Sementara pada Renault Twizy, bermodel cube yang unik dengan ruang roda terpisah dari bodi kendaraan. Renault Twizy dibekali baterai berteknologi Electric Direct Drive Technology dengan mesin 3CG electric asynchronous.

Mesin elektrik tersebut mampu menghasilkan kekuatan sebesar 17 daya kuda. Di atas kertas mobil ini mampu mencapai 0-45 kilometer per jam dalam waktu 6,1 detik. Kapasitas baterainya 6,1 kWh yang hanya butuh waktu 2,5 jam untuk jarak tempuh 80 kilometer.

Perkiraan harga Renault Zoe adalah Rp750 jutaan, sementara untuk Renault Twizy diperkirakan harganya Rp408 jutaan.

Mobil listrik Esemka Bima EV

mobil listrik bima ev esemka

Tidak kalah mengejutkan adalah kehadiran mobil Esemka Bima EV di ajang IIMS 2023. Esemka Bima EV memiliki dimensi panjang 4.495 milimeter, lebar 1.680 milimeter, dan tinggi 1.990 milimeter. Jarak sumbu rodanya adalah 2.925 milimeter.

Baca juga: Mobil Nasional Bakal Meluncur Lagi di IIMS 2023, Bagaimana Penampakannya?

Mobil dibekali motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Motor listrik ini mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm. Esemka Bima EV dilengkapi baterai listrik Terany Lithium 49,1 kWh.

Baterai ini dapat menempuh jarak 300 kilometer sekali pengisian daya, dan lama pengecasan 1 jam dengan mode fast charging atau 8 jam dengan mode normal charging. Harganya? Esemka Bima EV dibanderol Rp540 jutaan.

Apa kamu tertarik memiliki deretan mobil listrik di atas? Jangan lupa sebelum membeli sebaiknya siapkan SPKLU sendiri di rumah. Saat ini tersedia potongan harga khusus bagi kamu yang ingin memasang stasiun pengisi daya sendiri. 

Baca juga: Tips Mudik Pakai Mobil Kecil Agar Tetap Aman dan Nyaman

Selain itu pada tahun 2025 mendatang, pemerintah akan resmi membebaskan pajak kendaraan listrik loh. Banyak untungnya kan beli mobil listrik? Yuk, segera beralih ke kendaraan ramah lingkungan!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.