Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Mudik Pakai Mobil Kecil Agar Tetap Aman dan Nyaman

Mengetahui tips mudik yang tepat penting sekali agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Lantas, apa saja yang harus dilakukan?

tips mudik

Tips mudik menggunakan mobil kali ini penting diketahui jika ingin melakukan perjalanan jauh. Dengan mengetahuinya, perjalanan bisa tetap aman dan nyaman dan tentunya bisa sampai dengan selamat sampai tujuan. 

Apalagi mudik menjadi budaya yang cukup melekat di masyarakat Indonesia, terutama pada hari raya besar keagamaan. Misalnya saja seperti pada saat hari Lebaran, tradisi mudik menjadi kegiatan yang sulit dilewatkan. 

Lalu, apa saja tips mudik yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko kejadian yang tidak diinginkan dalam perjalanan?

tips mudik

Tips mudik dengan mobil-mobil kecil

Jika sudah memahami tips mudik dengan baik, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mobil yang digunakan. Buat yang suka mobil kecil, beberapa pilihan mobilnya adalah: 

Toyota Agya

Mobil kecil pertama yang cocok untuk dipakai mudik adalah Toyota New Agya. Dengan dimensi panjang 3.660 milimeter, lebar 1.600 milimeter, dan tinggi 1.520 milimeter, mobil kecil murah ini sangat cocok melaju di jalan yang padat ataupun sempit. 

Baca juga: Step by Step Cara Beli Mobil Online

Dari segi kapasitas mesin, Toyota Agya memiliki kapasitas mesin 1.0L dan 1.2L. Pada mesin 1.0L tenaga maksimal yang mampu dihasilkan adalah  66 daya kuda pada 6.000 RPM dengan torsi 9.1 Kgm per 4.400 RPM.

Pada mesin berkapasitas 1.2L tenaga maksimal yang mampu dihasilkan adalah 86,7 daya kuda pada 6.000 RPM dengan torsi 11.0 Nm per 4.200 RPM.

Untuk konsumsi bahan bakarnya, Toyota Agya juga terbilang irit dan ramah lingkungan karena sudah menggunakan sistem teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dan Dual VVT-i. 

Daihatsu Ayla

simulasi kredit daihatsu ayla

Daihatsu New Ayla memiliki fitur serta spesifikasi yang hampir sama dengan Toyota New Agya. Beberapa fitur unggulan dari mobil kecil irit ini adalah fitur pengereman ABS dan EBD, juga kendali pendingin dengan AC digital.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Pintu Geser yang Praktis Buat Penumpang

Mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1.0L dan 1.2L. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 64 daya kuda pada 6.000 RPM untuk tipe 1.0L dan 87 daya kuda pada 6.000 RPM untuk di mesin 1.2L. 

Terkait konsumsi bahan bakar, Daihatsu Ayla dengan mesin 1.2L lebih irit. Hal ini karena dengan tenaga lebih besar,  mesin tidak perlu bekerja keras untuk mencapai kecepatan tertentu dan mempertahankannya.

Dari segi keamanannya, Daihatsu Ayla juga telah dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 titik baik untuk bangku depan maupun belakang. Kemudian pada varian 1.0 X konsumen juga akan mendapatkan front stabilizer pada roda depan.

Baca juga: Banyak Kontroversi, Korlantas Polri Resmi Stop Pelat RF Mulai Oktober 2023

Lalu mulai dari varian 1.2 X ke atas, stabilizer yang digunakan makin lengkap karena juga terdapat pada roda belakang. Kemudian pada varian 1.2 R sudah dilengkapi dengan kamera parkir mundur. 

Daihatsu Sirion

tips mudik

Mobil kecil lainnya yang bisa diandalkan saat mudik adalah Daihatsu New Sirion. Segi keamanannya juga cukup mumpuni karena memiliki fitur ISOFIX yang berguna jika membawa anak atau balita. 

Untuk bisa lebih membuat nyaman penumpang, Daihatsu Sirion dilengkapi juga dengan air purifier sehingga sirkulasi udara lebih bersih dan sehat di dalam kabin mobil. 

Baca juga: Modifikasi Model Pelat Nomor Bisa Ditilang Loh, Ini Aturannya

Pada bagian interiornya, generasi terbaru ini sudah mendapat pembaruan dengan adanya desain meter cluster MID yang lebih modern dan informatif. Serta head unit yang langsung terhubung dengan Android Auto atau Apple CarPlay. 

Daihatsu Sirion menggunakan mesin berkode 1NR-VE dengan konfigurasi 4-silinder DOHC 1.329 cc Dual-VVT-i. Mesin ini menghasilkan tenaga 95 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi puncak 119,6 Nm pada 4.200 RPM. 

Toyota Yaris

yaris

Bagi para pecinta hatchback, bisa memilih Toyota New Yaris yang bisa diandalkan untuk mudik. 

Mobil kecil ini memiliki dimensi panjang 4.145 milimeter, lebar 1.730 milimeter dan tinggi 1.500 milimeter yang cocok diajak blusukan ke jalanan sempit atau medan-medan terbatas lain.

Baca juga: Banyak Terjadi Pelanggaran Lalu Lintas di Jawa Tengah, Polisi Tegas

Meskipun terlihat pendek, Toyota Yaris memiliki ground clearance 184 milimeter yang sanggup untuk melewati jalanan di perkotaan atau jalan tol. Saat harus menembus medan berkabut pun lebih aman karena sudah memiliki fog lamp di bagian bawah bumper depan.

Dari segi dapur pacunya, Toyota Yaris menggunakan mesin berkode 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc dengan bahan bakar bensin yang didukung teknologi Dual VVT-i. 

Toyota Vios

toyota all new vios

Bagi para pecinta mobil sedan, bisa memilih Toyota All New Vios yang sudah menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Penggunaan platform ini bisa membuat bobot mobil menjadi lebih ringan serta lebih irit bahan bakar. 

Baca juga: Pentingnya Istirahat Saat Mengemudi di Tol Trans Jawa

Toyota Vios generasi terbaru ini memiliki panjang 4.410 milimeter, lebar 1.740 milimeter, dan tinggi 1.480 milimeter, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 milimeter. Bodi yang lebih lebar juga memberikan kenyamanan karena kabin yang lebih luas. 

Agar lebih terlihat sporty dan powerful, disematkan grille trapezoidal dengan bilah hitam kokoh dan bergaya tiga dimensi. Pada bagian atasnya mobil Toyota Vios memiliki grille tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED. 

Tidak hanya itu saja, penggunaan velg alloy berukuran 17 inci juga tampak mendominasi di bagian samping yang membuat tampilan mobil menjadi lebih berwibawa. Radius putarnya 5,2 meter sehingga pengemudi bisa lebih nyaman saat melakukan manuver. 

Tempat beli mobil terpercaya

apa itu SEVA?

Saat membeli mobil, pilih tempat yang memang bisa dipercaya, salah satunya adalah bisa cek langsung di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Baca juga: Alami Penyegaran, Ini Kelebihan Daihatsu Granmax Baru

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Kemudian ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Mau beli mobil baru, pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.