Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Atur Barang di Bagasi Mobil Untuk Mudik

Jangan asal, nanti kalo butuh susah loh untuk mengambilnya, begini tips atur barang di bagasi mobil yang aman dan nyaman.

atur barang di bagasi

Keuntungan mudik dengan mobil pribadi adalah kamu bebas atur barang di bagasi dan mengatur berapa banyak bawaan yang akan diangkut sesuai kebutuhan.

Namun perlu diingat, walau kapasitas bagasi mobil memadai, ada loh aturan membawa barang, khususnya untuk mobil penumpang.

Aturan bawa barang di mobil penumpang tersebut adalah sebagai berikut.

  1. tersedia ruang muatan dan/atau tempat muatan yang dirancang khusus;
  2. barang yang diangkut sesuai dengan ruang muatan; dan
  3. jumlah barang yang diangkut tidak melebihi daya angkut sesuai dengan tipe kendaraannya.

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Ditambahkan pada Pasal 11, angkutan barang dengan menggunakan mobil penumpang, mobil bus, atau sepeda motor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 harus memperhatikan faktor keselamatan.

aturan bawa barang

Sanksi dan hukum bagi yang melanggar aturan bawa barang di mobil penumpang tertuang dalam, Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 307.

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 169 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).

Baca juga: Macet di Tanjakan saat Mudik, Apa yang Harus Dilakukan?

Nah supaya aman dan nyaman, begini tips atur barang di bagasi mobil.

atur barang di bagasi

Beban berat di bawah

Mengacu pada prinsip center of gravity, ada baiknya kamu menata barang dengan beban terberat di bagian bawah bagasi. 

Hal ini agar pengendalian mobil tetap baik, mengurangi limbung, dan meminimalisir terjadinya body roll saat menikung yang bisa menyebabkan mobil terbalik jika dilakukan dalam kecepatan tinggi.

Barang yang dapat diletakkan paling bawah antara lain koper berisi pakaian, lalu makin ke atas bebannya akan makin ringang, seperti oleh-oleh, gadget, hingga perbekalan makanan ringan.

Baca juga: Siapkan Saldo e-Toll untuk Mudik Lebaran, Ini Tarif Tol Trans Jawa

Kamu juga perlu mengatur barang di bagasi yang seimbang antara beban di kiri dan kanan mobil. Soalnya bila tidak seimbang, pengendalian mobil terasa berat sebelah, dan setir bisa kurang stabil bila melewati jalan bergelombang.

atur barang di bagasi

Jangan menghalangi pandangan

Tips atur barang di bagasi selanjutnya adalah jangan menghalangi pandangan ke belakang, baik yang terlihat di spion atau menghalangi kaca belakang.

Umumnya keadaan ini sering terjadi bila menggunakan mobil yang bagasinya bersatu dengan kabin seperti hatchback, SUV, dan MPV. Idealnya, barang di bagasi mobil tersebut dapat ditumpuk setinggi sandaran bahu jok belakang atau tidak melebihi head rest.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Kecil Nyaman Buat Harian dan Mudik Lebaran

Pastikan juga barang disusun dengan rapih dan tidak mudah bergeser ketika mobil bermanuver. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan cargo net. Supaya lebih aman, kamu juga bisa menutupi barang-barang bawaan tersebut.

daya angkut mobil

Perhatikan daya angkut

Setiap mobil memiliki batasan yang berbeda-beda. Cara mengukurnya bisa melihat dari berat kosong dan maksimum mobil yang sudah tertera di buku manual tiap mobil.

Misalnya, untuk Toyota Kijang Innova yang memiliki berat maksimum 2.130 kilogram dan berat kosong 1.525 kilogram, dari kedua jumlah tersebut tinggal dikurangi.

Baca juga: Cara Mengatur Budget Mudik Lebaran 2022

Hasilnya ada selisih 650 kg merupakan daya angkut atau daya muat yang boleh ditambah atau dimasukkan ke dalam mobil. Tetapi, jumlah itu sudah termasuk hitungan bobot jumlah penumpang yang dibawa.

atur barang di bagasi

Bahaya kelebihan muatan

Perlu diingat, kapasitas daya angkut mobil berbeda-beda, sehingga tidak disarankan untuk menjejalinya hingga kelebihan muatan.

Mobil yang kelebihan muatan dapat berbahaya bagi penumpang bahkan pengguna jalan raya lainnya. Kemudian, karena kelebihan muatan, saat dipacu mobil bisa kehilangan keseimbangan.

Bahaya lainnya, ban juga bisa pecah mendadak karena tidak kuat menahan beban. Lalu, rem berpotensi blong karena harus bekerja ekstra keras menghentikan laju mobil yang memiliki bobot berat.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Mobil Pakai THR

Nah, jadi atur barang di bagasi mobil semaksimal mungkin, namun tetap utamakan keselamatan dan kenyamanan selama di perjalanan mudik ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.