Tips Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Menjelang mudik Lebaran, persiapkanlah kendaraan kamu sebaik mungkin, berikut tips memilih ban mobil terbaik agar perjalanan aman dan nyaman!

Ban mobil terbaik merupakan hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan melakukan perjalanan jauh. Kondisi dan kelayakan ban merupakan hal yang penting untuk kenyamanan saat kamu berkendara.

Maka dari itu, kamu perlu lebih memperhatikan kembali kondisi ban yang akan digunakan. Nih, tips yang bisa kamu coba untuk memilih ban mobil demi keamanan dan kenyamanan perjalanan!

Sesuaikan tipe dan jenis mobil

Hal yang terpenting saat kamu membeli ban baru yaitu memilih jenis dan tipe ban yang sesuai. Meskipun ada banyak pilihan, tetapi bukan berarti semua tipe bisa digunakan untuk segala jenis mobil.

Setiap mobil memiliki tipe ban yang berbeda-beda. Ada tipe ban dengan kode huruf “P” yang berarti untuk mengangkut penumpang atau passenger dan “LT” untuk mengangkut muatan banyak.

Tanggal kadaluarsa ban

Sama halnya seperti kamu membeli makanan dan minuman, membeli ban juga harus memperhatikan tanggal pembuatannya. Biasanya setiap ban baru memiliki kode tahun pembuatan di bagian samping permukaan ban. 

Baca juga: Cara Mengatur Budget Mudik Lebaran 2022

Sebaiknya pilih ban yang tahun pembuatannya belum terlalu lama. Karena jika makin lama tahun pembuatannya maka kualitas ban itu biasanya semakin menurun.

Motif dan desain yang cocok

Saat akan memilihnya, kamu juga perlu memperhatikan motif dan desain yang pas untuk ban mobil serta harus disesuaikan dengan kebutuhan. Motif ban juga berpengaruh dengan kondisi jalanan yang akan dilewati. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Mudik Bareng Keluarga

Kondisi jalan yang sering basah atau curah hujan terlalu tinggi maka sebaiknya menggunakan ban pola desain V untuk mengurangi risiko tergelincir. Ada juga ban yang didesain khusus untuk offroad yang sanggup digunakan untuk medan berlumpur dan bebatuan.

Cek ketebalan ban

Ketebalan ban mobil membantu performa mengemudi kamu agar lebih stabil dan lebih nyaman. Umumnya mobil biasanya memiliki ketebalan 50. Jika ketebalan ban tidak sesuai bisa mengganggu keamanan saat berkendara.

Ban mobil yang memiliki ketebalan tinggi biasanya memiliki kualitas bagus dengan harga yang cenderung sedikit lebih mahal.

Sesuaikan ukuran kebutuhan ban

Setiap ban memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung kebutuhan jenis mobil kamu. Sebagai contoh, jenis city car sebaiknya menggunakan ban yang juga sesuai dengan kondisi jalan perkotaan.

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadan 2022

Kamu juga harus memeriksa ukuran ban mobil kamu. Biasanya kode ukuran ini tertera di permukaan samping atau sidewall.

Memilih merek ban terpercaya

Kamu harus memilih merek ban dengan cermat. Beberapa merek ban memang sudah terpercaya namun apabila kamu tidak membeli sesuai dengan kebutuhan maka kenyamanan saat berkendara akan terganggu.

Baca juga: Makanan Buka Puasa yang Praktis dan Bisa Dimakan di Mobil

Jadi, pastikan kamu memilih ban mobil terbaik, ya! Apalagi saat mudik mobil akan dibawa menempuh perjalanan yang panjang serta medan yang beragam.