Search Cars

Tips & Rekomendasi

Ide Jualan Bulan Puasa 2022, Berkah dan Cuan!

Puasa emang lemes, tapi bukan berarti jadi males, yuk tangkap cuan yang berkah, ini ide jualan bulan puasa yang menguntungkan.

ide jualan bulan puasa

Selalu saja ada ide jualan bulan puasa yang bisa menambah pundi-pundi keuangan dan menguntungkan, asal kamu konsisten menjalankannya.

Kamu bisa mengambil celah, dimana pada bulan puasa umumnya pola konsumsi masyarakat akan meningkat, belum lagi harga kebutuhan pokok yang merangkak naik.

Tidak bisa dipungkiri, banyak juga yang menjajal ide jualan bulan puasa sebagai usaha dadakan karena memanfaatkan momen.

Baca juga: Makanan Buka Puasa yang Praktis dan Bisa Dimakan di Mobil

Selain momen Ramadan, momen Lebaran juga bisa jadi ajang untuk meraup keuntungan.

Nah, sebenarnya apa saja sih ide jualan bulan puasa yang bisa mendatangkan keuntungan, menambah cuan, tapi juga tetap berkah?

takjil ramadan

Jualan takjil

Kalau ide jualan bulan puasa yang satu ini sudah sangat umum dijumpai. Banyak menu takjil atau hidangan berbuka yang bisa kamu jual, mulai dari gorengan, kolak, kue basah, dan makanan kering lainnya.

Baca juga: Cara Usir Tikus dari Mobil Ditinggal Mudik

Bisa dibilang omset jualan takjil selama bulan Ramadan ini cukup menjanjikan, per harinya dapat mencapai Rp 300-500 ribu.

Tips jualan takjil adalah perhatikan rasa dan kebersihan. Apalagi persaingan sangat ketat jadi konsisten adalah kunci.

Selain jualan langsung sendiri, kamu juga bisa menitipkan atau mendistribusikan menu takjil buatanmu ke pedagang lain, namun keuntungannya tidak sebanyak jualan sendiri.

bisnis bulan Ramadan

Buah kurma

Tidak hanya takjil, kamu juga bisa jualan kurma yang jadi buah identik saat bulan Ramadan. Ada banyak manfaat dari buah asal Timur Tengah ini, sehingga berbuka puasa dengan kurma merupakan salah satu Sunah Rasul. 

Baca juga: Perawatan Mobil Sambil Nunggu Waktu Buka Puasa

Strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan buah kurma ini bisa melalui toko online, bazar Ramadan, atau melalui sosial media.

es timun suri

Minuman dingin

Ketika Ramadan tiba minuman dingin merupakan menu andalan saat berbuka. Tidak heran menu ini menjadi ide berjualan yang sangat menguntungkan bagi kamu. 

Pasalnya minuman ini banyak dicari oleh orang-orang ketika sudah menjelang berbuka. Berbuka dengan minuman yang segar sangat membantu untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. 

Baca juga: Tips Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadan

Ide bisnis ini juga tidak memerlukan modal usaha yang besar, cukup bermodalkan uang Rp 400.000 kamu sudah bisa meraup untung yang sangat besar.

ide jualan bulan puasa

Catering buka puasa

Usaha yang satu ini bisa menjadi ide yang bisa kamu coba. Lauk merupakan menu utama saat berbuka dan juga merupakan menu yang dibutuhkan saat sahur.

Terkadang banyak dari para pekerja yang sibuk dan tidak sempat membuat menu untuk berbuka, nah ide ini  bisa kamu jadikan peluang untuk mencari cuan di bulan Ramadan ini.

Baca juga: Tips Aman Mengemudi Sambil Tetap Puasa di Bulan Ramadan

Banyaknya jenis menu berbuka yang bisa menjadi ide berjualan terutama menu sehat yang bisa kamu jual seperti tumis sayuran, atau sup ayam yang menyehatkan tanpa bahan pengawet.

baju muslim

Busana muslim

Pada momen Ramadan penjualan busana muslim akan meningkat, karena kebutuhan untuk Lebaran. Dari sini kamu bisa jadikan ide bisnis Ramadan loh.

Banyak jenis busana muslim yang bisa menjadi ide berjualan seperti gamis, baju koko, atau satu set busana muslim keluarga.

Selain busana muslim, menjelang Lebaran peralatan ibadah seperti mukenah, peci, sarung, sajadah dan tasbih juga mulai dicari.

Baca juga: Tips Memilih Menu Sahur Sebelum Berkendara saat Puasa

Meski kebanyakan dari masyarakat sudah memilikinya, peralatan ibadah baru biasanya dibeli untuk salat Idul Fitri

Tentu bisnis ini sedikit memerlukan modal yang besar, tapi kamu bisa memulainya dengan modal kecil atau tanpa modal seperti menjadi reseller atau dropshipper.

kue kering khas lebaran

Kue kering khas Lebaran

Masih seputar kuliner, ide jualan ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Beragam jenis kue kering khas Lebaran bisa kamu jajakan seperti putri salju, nastar, atau kastangel.

Baca juga: Kredit Mobil Baru Cicilan 3 Jutaan, Apa Pilihannya?

Sama halnya busana muslim, bisnis ini sangat menjamur ketika menjelang Lebaran. Biasanya banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membeli kue kering daripada membuat sendiri. 

Kamu bisa menjualnya dengan menitipkan kue kering buatanmu ke toko, minimarket, atau bisa juga memasarkannya di toko online. Jangan lupa untuk menampilkan masa kadaluarsa dan membuat kue kering tersebut semenarik mungkin.

ide jualan bulan puasa

Jual ketupat

Ketupat merupakan makanan yang tidak boleh terlewatkan saat Lebaran tiba. Usaha ini bisa menjadi ide bisnis yang bagus untuk kamu coba.

Selain ketupat, kamu juga bisa bikin paket bundling hidangan khas Lebaran lengkap dengan opor ayam, rendang, sambal goreng, semur daging, dan lainnya.

Baca juga: Menentukan Tenor dan Cicilan Kredit Mobil Baru yang Ideal

Strategi pemasaran untuk penjualan ketupat dan hidangan khas Lebaran ini bisa kamu mulai melalui sosial media, teman dan kerabat lebih dulu.

Masih banyak sih ide jualan bulan puasa lainnya, tinggal disesuaikan dengan kemampuan dan kreatifitas. Tapi dari rekomendasi ide bisnis di atas, kamu berminat untuk mencobanya?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.