Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Aman Mengemudi Sambil Tetap Puasa di Bulan Ramadan

Sedang berpuasa tapi harus mengemudi? Simak tips aman mengemudi berikut agar selamat sampai tujuan dan tidak menghambat aktivitas kamu!

tips aman mengemudi

Bagi yang menjalankan ibadah puasa, perlu memperhatikan tips aman mengemudi. Sebab, mengemudi sambil tetap puasa merupakan hal yang cukup menantang.

Saat berpuasa, kamu harus menahan lapar dan haus sehingga badan jadi lemas dan berpotensi menurunkan konsentrasi saat mengemudi. Selain itu, badan yang lemas juga dapat menimbulkan rasa ngantuk.

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Tentunya, jika konsentrasi menurun dapat membahayakan keamanan dan keselamatan pengendara. 

Lantas, bagaimana tips aman mengemudi walaupun sedang berpuasa? Simak tipsnya berikut ini.

Tidur yang cukup

Usahakan di bulan puasa ini kamu bisa tidur lebih cepat supaya memiliki waktu istirahat yang cukup setidaknya 6-8 jam per hari. Misalnya, jika kamu bangun sahur jam 3 pagi, sebaiknya sudah tidur jam 9 malam. 

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Istirahat yang cukup penting agar ketika mengemudi kamu bisa tetap fokus, tidak kehilangan konsentrasi dan refleks. 

Namun, jika saat mengemudi tetap mengantuk sebaiknya berhenti di rest area dan tidur sebentar selama 10-15 menit untuk mengurangi rasa kantuk. Hal ini sering disebut sebagai power nap.

tips aman mengemudi

Makan bergizi saat sahur

Makanan yang dikonsumsi pada saat sahur berpengaruh terhadap energi tubuh kamu selama beraktivitas seharian. Nah, agar tubuh tidak terasa lemas selama mengemudi mobil sambil puasa, konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi.

Baca juga: Macam-macam Filter Mobil dan Kapan Harus Menggantinya

Jangan hanya sekadar makan banyak yang penting kenyang, tetapi makanan yang dikonsumsi bikin kamu cepat lapar. Kalau sudah merasa lapar dan haus, berpotensi mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Berkendara di kecepatan stabil

Tingkat konsentrasi ketika berkendara sambil puasa rentan menurun. Maka dari itu, hindari berkendara dengan kecepatan tinggi demi keselamatan selama mengemudi.

Selain menjaga kecepatan mobil, jaga jarak mobil kamu dengan mobil yang ada di depan. Tujuannya agar memberikan ruang apabila konsentrasi dan refleks menurun sehingga mengurangi risiko benturan.

Kendalikan diri

Berpuasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus, tetapi mengendalikan diri agar tidak mudah emosi. Mungkin kemacetan di jalan raya pada saat jam berangkat atau pulang kantor dapat menurunkan konsentrasi.

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Tips aman mengemudi saat puasa yang perlu diterapkan adalah mencoba untuk tetap sabar dan menjaga emosi ketika menghadapi kemacetan di jalan. Kamu juga bisa menyalakan lagu kesukaan untuk membantu menjaga mood dan tetap santai selama mengemudi.

tips aman mengemudi

Persiapan sebelum berkendara

Supaya bisa lebih cepat sampai tujuan, manfaatkan aplikasi maps untuk mencari rute perjalanan yang paling cepat dan dekat sehingga tidak membuang waktu banyak di jalan.

Waktu perjalanan pun juga perlu diperhatikan, misalnya hindari perjalanan di waktu rush hour agar tidak terjebak macet di jalan.

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Lalu, jika kamu akan berkendara mendekati waktu berbuka, siapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa di jalan. Bila perlu, menepilah di tempat yang aman untuk berbuka sehingga tidak mengganggu konsentrasi berkendara.

Tips aman mengemudi ini tak hanya bisa diterapkan pada saat berpuasa. Akan lebih baik lagi kalau melakukan kebiasaan-kebiasaan ini ketika akan berkendara.

Jadi, selalu berkendara dengan selamat dan patuhi rambu-rambu lalu lintas ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.