Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Memilih Menu Sahur Sebelum Berkendara saat Puasa

Ikuti tips memilih menu sahur berikut agar tubuh tidak lemas saat berkendara dan melakukan aktivitas lainnya selama berpuasa.

tips memilih menu sahur

Bulan Ramadan semakin dekat, tandanya sudah mulai cari tips memilih menu sahur agar mampu menjalani ibadah puasa dengan lancar.

Memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk sahur sangatlah penting, terutama bagi yang harus menjalani aktivitas dengan mengendarai mobil.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Ketika puasa, tubuh mungkin akan terasa lebih lemas sebab tidak bisa mengonsumsi makanan maupun minuman dalam waktu yang lama. 

Untuk itu, supaya tubuh tidak terasa lemas saat berkendara di kala puasa, kamu perlu ikuti tips memilih menu sahur berikut. Apa saja yang perlu dikonsumsi?

tips memilih menu sahur

Pilih karbohidrat kompleks

Umumnya orang Indonesia memilih nasi putih sebagai sumber karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi. Namun, nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga kadar gula darah mudah meningkat.

Baca juga: Asuransi Prioritas yang Harus Diutamakan dan Dimiliki Segera

Hal tersebut membuat kamu jadi cepat lapar. Sebaiknya konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau ubi apabila ingin kenyang lebih lama dan mendapat sumber energi cukup saat puasa.

Makanan kaya protein

Selain dari karbohidrat, tubuh kamu juga memerlukan cadangan energi yang bisa kamu dapatkan dari protein. Ketika mengonsumsi protein, tubuh dapat memecahnya jadi asam amino yang diperlukan darah dan otot.

Protein yang bisa kamu masukan ke dalam menu sahur di antaranya ayam, telur, tahu, tempe, ikan, dan juga kacang-kacangan.

Baca juga: Manfaat Pentingnya Melakukan Financial Check Up

Usahakan memilih sumber protein alami dan menghindari makanan olahan atau processed food seperti sosis, kornet, dan sebagainya untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal.

tips memilih menu sahur

Konsumsi sayur dan buah

Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan tubuh kamu selama beraktivitas di bulan puasa.

Sayur dan buah juga kaya akan serat yang dapat membantu kelancaran proses pencernaan serta membuat kamu kenyang lebih lama.

Perhatikan cara pengolahan

Tips memilih menu sahur lainnya yang tidak kalah penting adalah bagaimana kamu mengolah makanan untuk sahur. Sebaiknya, mengurangi makanan yang digoreng, karena kalau terlalu sering juga bikin tenggorokan gatal dan nutrisi dalam protein bisa hilang.

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Kalau pun ingin digoreng, gunakan minyak goreng yang sedikit. Alih-alih digoreng, kamu bisa mengolah protein dengan cara dikukus, dipanggang, atau menggunakan air fryer jika punya.

Selain dari segi pengolahan, perhatikan juga bahan dalam pembuatan makanan. Untuk sahur, sebaiknya kurangi makanan dengan kadar garam yang tinggi, makanan bersantan, serta makanan pedas.

Makanan yang bersantan dan pedas cenderung sulit dicerna dengan baik. Jenis makanan ini juga perlu dihindari bagi penderita maag karena dapat memicu produksi asam lambung.

tips memilih menu sahur

Minum air yang cukup

Terakhir, kamu membutuhkan cairan yang cukup supaya tubuh tetap terhidrasi saat puasa. Oleh karena itu, minumlah air putih yang cukup dan sebaiknya mengurangi konsumsi minuman lain saat sahur.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Baru 2022 Untuk Dimiliki Pasangan Muda

Umumnya, kamu perlu minum air 8 gelas per hari untuk mencukupi nutrisi cairan dalam tubuh. Pada saat sahur, kamu bisa mengkonsumsi 2 gelas air yang diminum sebelum dan sesudah makan sahur.

Sementara 6 gelas air lagi bisa diminum tepat saat berbuka puasa, setelah mengonsumsi makanan berbuka, dan juga menjelang waktu tidur.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Kredit Mobil Baru

Yang terpenting dalam tips memilih menu sahur untuk dikonsumsi sebelum berkendara saat puasa adalah memperbanyak nutrisi, bukan menambah porsi makanan hingga merasa kenyang.

Jadi, pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur kaya akan nutrisi sehingga tubuh kamu tidak lemas dan dapat berkendara serta menjalani aktivitas lain dengan fokus walaupun sedang berpuasa.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.