Search Cars

Keuangan

Asuransi Prioritas yang Harus Diutamakan dan Dimiliki Segera

Asuransi prioritas apakah kesehatan, pendidikan, kendaraan, rumah, atau jiwa? Berikut perbandingannya agar tahu apa yang harus diutamakan.

asuransi prioritas

Ada jenis asuransi prioritas yang harus kamu utamakan, apalagi jika sudah memiliki keluarga. Tujuannya agar kamu dapat memilih mana asuransi yang tepat dan benar-benar bermanfaat.

Ada banyak kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi kendaraan, melunasi cicilan rumah, membayar biaya sekolah anak, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan dana sebagai antisipasi apabila terjadi hal-hal tak terduga di masa depan seperti kecelakaan, sakit, kehilangan harta, kehilangan pekerjaan hingga kematian.

Baca juga: Persiapan Finansial untuk Bekal Masa Depan Anak

Apakah asuransi prioritas yang harus kamu miliki segera? Berikut perbandingannya.

asuransi prioritasSeiring dengan asuransi prioritas yang harus kamu miliki, ketahui dulu perbedaan jenis asuransi, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberi jaminan finansial terhadap keluarga apabila pemegang polis atau nasabah mengalami risiko kematian dan meninggal dunia. 

Baca juga: 4 Keuntungan Beli Mobil Kredit, Apa Saja Ya?

Berbeda dengan asuransi jiwa yang memberi jaminan atas risiko kematian, asuransi kesehatan memberikan jaminan finansial dengan menanggung biaya pengobatan dan perawatan ketika pemegang polis jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sebenarnya sama-sama penting, yang mana bisa memberikan jaminan finansial kepada seseorang saat terjadi hal-hal tak yang tidak diinginkan. 

Penting atau tidaknya harus disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan finansial kamu saat ini.

Baca juga: Ciri-Ciri Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya di Tahun 2022

Sementara jika sudah punya kendaraan, prioritas asuransi sudah menuju ke mobil. Sebagian orang berpendapat bahwa jenis asuransi ini sifatnya opsional. 

asuransi All Risk

Padahal asuransi mobil dan kendaraan lainnya penting sebab meski sudah berkendara dengan hati-hati, tetapi kecelakaan bisa terjadi kapan saja.

Selanjutnya, asuransi pendidikan sangatlah penting ketika sudah punya anak sebagai tabungan pendidikan anak di masa depan. Sebab, biaya pendidikan semakin lama akan semakin tinggi.

Baca juga: Manfaat Pentingnya Melakukan Financial Check Up

Asuransi pendidikan ini bisa diibaratkan sebagai investasi orang tua untuk kebutuhan pendidikan anak. 

Terakhir asuransi rumah, apabila belum punya asuransi ini, sebaiknya pertimbangkan untuk memilikinya. Sebab, kamu tidak pernah tahu jika ada musibah menimpa rumah kita dan tentunya butuh perbaikan yang banyak.

Dari lima jenis asuransi ini, tidak semuanya harus segera dipenuhi. Dalam memilih asuransi prioritas, sebaiknya sesuaikan berdasarkan kemampuan finansial serta kondisi keluarga.

Baca juga: Bedanya Investasi Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Yang terpenting saat kamu memutuskan untuk memiliki asuransi, pastikan kamu membaca dan memahami seluruh ketentuan yang diberikan pihak asuransi agar terhindar dari penipuan.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.