Search Cars

Keuangan

Ciri-Ciri Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya di Tahun 2022

Kenali ciri-ciri asuransi mobil terbaik berikut agar kamu dapat memilih asuransi yang dapat menjamin perlindungan mobil kesayangan!

asuransi mobil terbaik

Memilih asuransi mobil terbaik sangat penting untuk menjamin perlindungan mobil dari hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan, seperti risiko kerusakan atau kehilangan.

Namun, untuk memilih mana asuransi terbaik bukanlah hal mudah. Tak hanya harus memilih jenis asuransi yang sesuai kebutuhan, tetapi juga memilih perusahaan asuransi yang tepat.

Baca juga: Apa Saja Syarat Kredit Mobil Baru yang Harus Disiapkan?

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan beragam produk asuransi untuk kendaraan, yang mana masing-masing memiliki keuntungan bagi pemilik mobil.

Di antara semua produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, kira-kira seperti apa sih asuransi mobil terbaik? Pahami ciri-cirinya berikut ini.

Terdaftar dan dalam pengawasan OJK

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih asuransi mobil adalah apakah perusahaan asuransi sudah memiliki izin operasi secara resmi.

Perusahaan asuransi yang terpercaya harus sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa mengunjungi situs resmi OJK di ojk.go.id untuk memastikan apakah perusahaan terdaftar atau tidak.

asuransi mobil terbaik

Punya agen profesional

Saat ingin mengajukan asuransi mobil, kamu akan berurusan dengan agen asuransi. Bukan tidak mungkin suatu saat agen asuransi akan mengalami masalah dalam pelayanan mereka.

Baca juga: Pilih Mana, Asuransi Mobil All Risk atau TLO?

Sebaiknya pilih agen asuransi yang punya rekam jejak yang bagus, profesional, dan bisa diandalkan. Agen profesional sebisa mungkin akan membantu menyelesaikan berbagai permasalahan terkait pendaftaran serta pengajuan klaim.

Untuk memastikan bahwa agen yang dipilih terpercaya, cobalah tanyakan detail-detail mengenai produk asuransi. Agen yang profesional tentunya menguasai produk asuransi yang ditawarkannya dan mampu menjelaskan dengan baik.

Memberi perjanjian tertulis

Salah satu ciri-ciri asuransi mobil terbaik dan terpercaya adalah perusahaan asuransi mampu memberikan perjanjian tertulis kepada nasabah.

Biasanya perjanjian tertulis berisi hal apa saja yang bisa dan tidak bisa diklaim oleh nasabah.

Baca juga: Apa Itu BI Checking dan Bagaimana Cara Ceknya

Untuk itu, penting sekali memahami dan memastikan isi perjanjian sebelum memutuskan memilih produk asuransi untuk menghindari masalah saat mengajukan klaim. 

asuransi mobil terbaik

Pengajuan dan klaim mudah

Ciri-ciri lainnya adalah proses pengajuan klaimnya. Ada baiknya memilih pengajuan klaim yang mudah dengan sistem yang jelas dan efisien agar pengajuan lancar.

Apabila pengajuan klaim rumit dengan proses yang berbelit-belit akan menyita waktu dan merepotkan nasabah. Perusahaan asuransi yang baik punya proses klaim yang tidak ribet.

Premi sesuai perlindungan

Premi yang ditawarkan dalam asuransi perlu kamu cermati, karena harus sesuai dengan nilai pertanggungan. Jangan sampai terpengaruh dengan iming-iming asuransi yang murah.

Baca juga: Step by Step Cara Beli Mobil Online

Lebih baik pilih asuransi mobil dengan premi yang tidak murah tetapi sebanding dengan benefit dan pertanggungan yang akan didapat.

asuransi mobil terbaik

Memiliki kelayakan finansial

Terakhir, lihat juga kelayakan finansial dari perusahaan asuransi. OJK sudah memiliki ketetapan mengenai kelayakan finansial perusahaan asuransi, yaitu berdasarkan tingkat solvabilitas dan Risk Based Capital (RBC).

Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan membayar kewajibannya baik dalam bentuk utang jangka panjang maupun jangka pendek.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil Baru

Sementara RBC merupakan kemampuan perusahaan dalam membayar seluruh klaim yang diajukan nasabah.

Dengan memperhatikan ciri-ciri asuransi mobil terbaik di atas, kamu akan lebih mudah untuk memilih asuransi yang terpercaya dan memberikan jaminan terbaik untuk perlindungan mobil!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.