Search Cars

Keuangan

Persiapan Finansial untuk Bekal Masa Depan Anak

Apa saja sih persiapan finansial yang perlu dilakukan untuk bekal masa depan anak? Baca penjelasan lengkapnya di sini.

bekal masa depan anak

Sebagai orang tua, menyiapkan finansial untuk bekal masa depan anak merupakan hal yang perlu dilakukan, bahkan bila perlu dipikirkan sejak awal menikah.

Sebab, mengurus dan merawat anak agar tumbuh berkembang dengan baik hingga dewasa tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: Manfaat Pentingnya Melakukan Financial Check Up

Ada banyak keperluan anak yang perlu disiapkan sedini mungkin mulai dari kebutuhan pribadinya hingga biaya sekolah yang terus meningkat setiap tahun.

Lantas, persiapan apa yang harus dilakukan orang tua untuk bekal masa depan anak? Simak penjelasannya berikut ini.

bekal masa depan anak

Membuat anggaran

Pada saat memiliki anak, tentunya akan ada perubahan anggaran dalam keuangan keluarga. Seperti anggaran kebutuhan pakaian, popok, imunisasi, serta perlengkapan bayi lainnya.

Baca juga: Bedanya Investasi Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Oleh karena itu, buatlah catatan terpisah dari anggaran kebutuhan rumah tangga lainnya tentang kebutuhan anak agar dimasukkan ke dalam budget pengeluaran bulanan.

Lalu, ketika membeli kebutuhan anak sebisa mungkin pilih yang sesuai budget. Kecuali jika anak memiliki kondisi tertentu yang mengharuskan anak mengonsumsi kebutuhan khusus.

Selain memikirkan anggaran rutin, pikirkan juga berapa anggaran yang dibutuhkan untuk kebutuhan di masa depan, seperti pendidikan anak.

Baca juga: Tips Meminjam Uang Melalui P2P Lending

Tujuannya agar mengetahui berapa lama kamu harus menabung dan berinvestasi untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Memperbanyak pemasukan

Setelah mengetahui berapa anggaran untuk kebutuhan dan bekal masa depan anak, usahakan untuk tetap menabung setidaknya 10 persen dari pendapatan bulanan.

Jangan lupa juga untuk melakukan investasi di berbagai instrumen, misalnya seperti saham dan emas. Investasi saham memiliki risiko tinggi tetapi dengan return yang besar sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Baca juga: Apa Itu BI Checking dan Bagaimana Cara Ceknya

Sedangkan emas adalah investasi yang aman karena nilainya cenderung naik tiap tahun dan tidak akan tergerus inflasi.

Selain menabung dan berinvestasi, cobalah untuk mencari pendapatan tambahan dengan menjadi reseller, menjual barang bekas, menjual makanan dan sebagainya.

bekal masa depan anak

Punya asuransi

Memiliki asuransi bisa dikatakan merupakan investasi terpenting yang harus dimiliki setiap individu dan juga keluarga. 

Baca juga: Ciri-Ciri Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya di Tahun 2022

Asuransi dapat menanggung biaya untuk kebutuhan tertentu seperti kesehatan, pendidikan, serta jaminan finansial lainnya.

Apabila sudah berkeluarga, sangat disarankan untuk memiliki asuransi jiwa yang dapat memberikan jaminan finansial kepada anggota keluarga apabila kepala keluarga meninggal dunia.

Pastikan juga setiap anggota keluarga memiliki asuransi kesehatan yang dapat digunakan untuk berobat ke dokter atau rawat inap pada saat sakit.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Kredit Mobil Baru

Bagi yang bekerja di perusahaan, coba tanyakan kepada HR apakah ada benefit yang bisa didapat apabila memiliki anak. Misalnya seperti tanggungan asuransi kesehatan, dan sebagainya.

bekal masa depan anak

Ajarkan anak kebiasaan menabung

Jika sudah memiliki anak berusia 6 tahun, ada baiknya diajarkan untuk menabung sejak dini agar nantinya ketika anak sudah besar sudah terbiasa menyisihkan uangnya untuk ditabung.

Kamu bisa melakukan cara-cara sederhana seperti menabung di celengan. Sebelum melakukannya, buat anak paham terlebih dahulu soal konsep mencari dan menggunakan uang.

Menunjuk ahli waris

Terakhir, yang tak kalah penting adalah menunjuk ahli waris yang dapat dipercaya untuk menjaga kebutuhan anak tetap terjamin apabila orang tua meninggal dunia.

Baca juga: Penting! Ini 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Tentukan siapa pihak yang nantinya akan bertanggung jawab atas kepemilikan harta benda orang tua yang telah tiada. Hal ini perlu dilakukan khususnya ketika usia anak belum dewasa dan untuk menghindari perselisihan keluarga.

Jadi, mempersiapkan keuangan untuk bekal masa depan anak perlu dilakukan sedini mungkin demi pertumbuhan dan perkembangan anak yang terjamin.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.