Search Cars

Tips & Rekomendasi

Macet di Tanjakan saat Mudik, Apa yang Harus Dilakukan?

Baik transmisi manual dan matic, pengemudi perlu teknik saat terjebak macet di tanjakan agar mobil tidak mundur. Begini tipsnya!

macet di tanjakan

Macet di tanjakan saat mudik memang tidak bisa dihindari. Apalagi buat kamu yang nanti berencana berangkat tepat di puncak arus mudik Lebaran.

Puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan terjadi pada 28 April 2022. Sedangkan puncak arus balik mudik sendiri diprediksi akan terjadi pada 8 Mei 2022.

Jangankan mudik, tiap akhir pekan, buat yang gemar liburan ke Puncak, Bogor, Jawa Barat, 

pasti sudah akrab dengan yang namanya terjebak macet di tanjakan.

Baca juga: Cara Mengatur Budget Mudik Lebaran 2022

Pada prinsipnya, saat terjebak macet di tanjakan, baik mobil manual dan matic diusahakan jangan sampai mundur yang dapat menyebabkan benturan dengan mobil lain di belakangnya.

macet di tanjakan

Kuasai medan dan kemiringan tanjakan

Ada loh teknik yang harus dikuasai oleh pengemudi jika terjebak dalam situasi tersebut. Intinya pengemudi harus tetap tenang, kuasi medan dan perkirakan kemiringan tanjakan, lalu tangan kiri stand by pada rem tangan.

Untuk mobil yang sudah menggunakan rem tangan elektrik dapat memanfaatkan fitur auto hold yang dapat mempertahankan posisi mobil. Semakin mudah untuk mobil yang sudah ada fitur keselamatan Hill Start Assist (HSA).

Baca juga: Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Mudik Bareng Keluarga

Fitur keselamatan ini akan mempertahankan posisi mobil di tanjakan selama beberapa detik untuk memberikan waktu pada pengemudi ketika kaki berpindah dari pedal rem untuk menginjak pedal gas sehingga mobil tidak mundur.

Walau mobil zaman now sudah semakin canggih fitur keselamatannya, yuk simak tips terjebak macet di tanjakan untuk transmisi manual dan matic.

macet di tanjakan

Tips macet di tanjakan transmisi manual

Macet di tanjakan transmisi manual memang sedikit lebih rumit. Pasalnya pengemudi harus menyelaraskan antara gas, rem, kopling, dan rem tangan.

Baca juga: Tips Menghindari Macet saat Arus Mudik Lebaran 2022

Dalam keadaan diam ada baiknya pengemudi langsung menginjak rem dan kopling. Jika berhenti dalam waktu lama, pindahkan transmisi ke netral lalu aktifkan rem tangan untuk mempertahankan posisi mobil.

Saat waktunya kembali untuk berjalan, injak kembali kopling dan masukkan transmisi ke gigi rendah, dalam hal ini gigi 1. Lalu lepaskan rem tangan secara perlahan dibarengi dengan melepas kaki kiri dari pedal kopling, dan kaki kanan menginjak pedal gas hingga mobil dapat maju.

Atur juga RPM atau putaran mesin, jangan terlalu rendah dan terlalu tinggi. Bila RPM terlalu rendah di tanjakan mesin mobil bisa mati, sedangkan bila terlalu tinggi mobil akan menyundul begitu kopling dilepaskan.

Baca juga: Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan Sambil Nunggu Waktu Buka Puasa

Hindari menginjak dan menahan setengah pedal kopling sambil menginjak pedal gas terlalu lama. Hal ini karena kopling bisa panas dan aus yang menyebabkan sering terciumnya bau menyengat saat terjadi kemacetan di tanjakan.

macet di tanjakan

Tips macet di tanjakan transmisi matic

Untuk mobil matic perlakuannya sedikit berbeda saat terjebak macet di tanjakan.

Hal yang mesti pengemudi ketahui adalah kode transmisi matic dan fungsinya, seperti P (park), R (rear), N (neutral), dan D (drive). Kode ini umumnya ditemukan dalam mobil bertransmisi matic CVT.

Baca juga: Makanan Buka Puasa yang Praktis dan Bisa Dimakan di Mobil

Namun ada juga nih mobil dengan sistem transmisi matic konvensional yang dilengkapi dengan kode transmisi seperti L (low) atau D1, dan L2 atau D2. Fungsinya sama yakni gigi rendah agar mudah mencapai torsi.

Dari dalam keadaan diam saat macet dan hendak berjalan, pengemudi pastikan dulu kemiringan dan beban yang dibawa oleh mobil.

rekomendasi mobil baru

Jika kemiringan normal dan beban ideal, dengan transmisi D mobil sudah bisa menanjak. Bila makin curam dan beban makin berat dapat menggunakan L atau D1 tapi bila mobil tidak kunjung menanjak turunkan ke L2 atau D2.

Sementara untuk transmisi CVT, khususnya mobil modern, saat berada di posisi D dan ingin berjalan kembali tidak disarankan menginjak pedal gas langsung dalam.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Kecil Nyaman Buat Harian dan Mudik

Hal ini karena ECU justru akan memotong tenaga mobil karena dianggap terlalu berlebihan. Jadi baiknya injak pedal gas secara perlahan atau diurut hingga perlahan mobil melaju di tanjakan.

Jadi menurut kamu lebih mudah yang mana manual atau matic? Intinya saat terjebak macet di tanjakan tetap fokus dan jangan panik ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.