Search Cars

Tips & Rekomendasi

10 Mobil Irit BBM Buat Perjalanan Mudik Biar Tidak Menguras Kantong

Mobil irit BBM bisa menjadi pertimbangan buat yang ingin melakukan perjalanan mudik nanti. Apa saja kira-kira rekomendasinya?

mobil irit BBM

Memilih mobil irit BBM untuk menemani mudik bisa menjadi cara agar bisa lebih irit dalam pengeluaran. Apalagi jika kota yang dituju memiliki jarak yang cukup jauh, tentu biaya untuk membeli bahan bakar bisa menjadi lebih membengkak. 

Namun perlu diketahui bahwa salah satu kebiasaan yang menyebabkan mobil menjadi boros adalah kualitas bahan bakar. Jangan sampai memilih bahan bakar dengan kualitas yang lebih rendah daripada standar yang sudah ditetapkan oleh pabrik. 

Tidak hanya itu saja, kenaikan bahan bakar juga menjadi salah satu alasan mengapa konsumsi bahan bakar mobil harus dipertimbangkan. 

Rekomendasi mobil irit BBM 

Apa saja rekomendasi mobil irit BBM yang bisa dipilih untuk menemani perjalanan mudik Lebaran 2023 nanti? Yuk cek langsung daftarnya di bawah ini: 

Toyota Kijang Innova Zenix 

mobil irit BBM innova zenix

Pilihan mobil irit BBM yang pertama adalah Toyota Kijang Innova Zenix yang baru beberapa bulan lalu diluncurkan. Salah satu alasan yang menjadi keunggulan mobil ini adalah tidak hanya mesin bensin tetapi juga mesin hybrid

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Jika dibandingkan antara mesin bensin konvensional dan mesin hybrid yang merupakan gabungan tentunya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Untuk mesin bensin konvensional, bisa mencapai 15 kilometer dan mesin hybrid 21 kilometer per liternya. 

Toyota Corolla Cross

toyota corolla cross

Rekomendasi selanjutnya adalah Toyota Corolla Cross yang hadir dengan mesin bensin konvensional dan hybrid. Untuk varian mesin bensin, setiap satu liternya mampu mencatatkan angka hingga 11 kilometer. 

Sedangkan pada mesin hybrid, mobil yang memiliki daya 96 tenaga kuda pada putaran 142 RPM pastinya lebih irit. Setiap satu liter bensin mampu menempuh jarak hingga 23,25 kilometer sehingga penggunaan mesin hybrid ini bisa dikatakan lebih irit bahan bakar.

Toyota All New Avanza

mobil irit BBM

Toyota All New Avanza menjadi salah satu mobil jenis MPV yang menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Mobil ini tersedia dengan 2 jenis kapasitas mesin bensin, yaitu 1.300cc dan 1.500cc. 

Baca juga: 16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

Untuk Toyota All New Avanza dengan kapasitas mesin 1.300cc mampu menempuh jarak 13 kilometer per liter. Sedangkan untuk Toyota All New Avanza dengan kapasitas mesin 1.500cc mampu menempuh jarak hingga 14 kilometer per liter bensin. 

Mobil irit BBM Daihatsu All New Xenia

harga mobil MPV

Sama seperti kembarannya, Daihatsu All New Xenia juga dikenal dengan konsumsi BBM yang irit. Daihatsu All New Xenia juga tersedia dengan dua pilihan kapasitas mesin, yaitu 1.300cc dan 1.500 cc. 

Untuk kapasitas mesin 1.300cc konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia bisa mencapai 17 kilometer. Sedangkan untuk mesin dengan kapasitas 1.500cc ini mampu melalui jalanan hingga 17,5 kilometer per liternya. 

Daihatsu Rocky 1.2 

Daihatsu Rocky

Pilihan mobil irit BBM selanjutnya adalah Daihatsu Rocky 1.2 liter yang bisa dipakai untuk perjalanan mudik nanti. Untuk penggunaan dalam kota, Daihatsu Rocky 1.2 liter ini mencatatkan angka 15 kilometer per liter bensin. 

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Sedangkan untuk penggunaan di jalan tol, konsumsi bahan bakar Daihatsu Rocky 1.2 liter bisa mencapai 21 kilometer. Namun perlu dipahami bahwa untuk konsumsi bensin setiap mobil bisa saja mengalami perbedaan karena adanya beberapa faktor.

Toyota Raize 1.2 

bagasi mobil raize

Selanjutnya ada juga Toyota Raize 1.2 liter yang merupakan salah satu SUV compact yang bisa juga menjadi pilihan mobil keluarga. Untuk penggunaan dalam kota, Toyota Raize 1.2 liter ini mampu mencatatkan jarak hingga 15 kilometer per liter bensin. 

Untuk penggunaan di jalan tol, efisiensinya meningkat menjadi 21,8 kilometer per liter. Angka tersebut sangat cocok sekali digunakan buat yang ingin mudik dan harus melalui jalan tol karena pastinya akan lebih irit biaya. 

Mobil irit BBM Toyota All New Veloz 

veloz

Konsumsi BBM Toyota All New Veloz juga bisa dikatakan hampir sama dengan saudaranya, yaitu Toyota All New Avanza. Mobil keluarga yang satu ini mampu menempuh jarak hingga 13 kilometer per liter bensinnya. 

Baca juga: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Mengemudi di Perjalanan Jauh

Konsumsi bensin yang irit ini didukung oleh mesin berkapasitas 1.500cc yang mampu menghasilkan torsi tenaga maksimal 104 daya kuda dan torsi 137 Nm. Jadi, tidak hanya mesin bensin yang irit tetapi kapasitas mesin Toyota All New Veloz cukup besar. 

Toyota New Agya

mobil irit BBM Toyota Agya

Sebagai salah satu mobil LCGC, Toyota New Agya tidak hanya terjangkau tetapi juga irit konsumsi BBM. Untuk setiap liter bensinnya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 19 kilometer. 

Alasan mengapa Toyota New Agya memiliki konsumsi BBM yang irit adalah karena adanya teknologi Dual VVT-i yang disematkan. Tidak hanya itu saja, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur ECO driving yang bisa memaksimalkan bahan bakar dengan baik dan tidak boros. 

Daihatsu New Ayla 

mobil irit BBM daihatsu ayla

Pilihan mobil LCGC lainnya yang termasuk irit bahan bakar adalah Daihatsu New Ayla yang hadir dengan dua jenis kapasitas mesin. Pilihan kapasitas mesin untuk mobil ini adalah 1.0 liter dan 1.2 liter. 

Baca juga: Anti Gagal Saat Melakukan Ujian SIM A, Ini Tips dan Syaratnya!

Untuk Daihatsu New Ayla dengan kapasitas 1.0 liter, bisa menempuh jarak hingga 20 kilometer per liternya. Sedangkan untuk mesin dengan kapasitas 1.2 liter bisa mencapai 16 kilometer untuk setiap liter bensinnya. 

Daihatsu Sigra

mobil irit BBM Daihatsu Sigra

Pada saat perjalanan mudik, mobil dengan 7 penumpang memang menjadi pilihan yang tepat. Salah satunya adalah Daihatsu Sigra yang tidak hanya bisa mengangkut banyak penumpang, tetapi juga irit bahan bakar. 

Daihatsu Sigra ini mampu menempuh jarak hingga 23 kilometer setiap liter bensin, yang membuatnya cocok dibawa untuk perjalanan mudik. Akan tetapi, angka tersebut pastinya akan berbeda-beda tergantung dari cara berkendara. 

Beli mobil irit BBM di SEVA

apa itu SEVA?

Buat yang ingin membeli mobil-mobil irit BBM tadi, bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Baca juga: Shockbreaker Mobil Bocor, Apa Dampak dan Bahayanya

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Kemudian ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.

Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.