Search Cars

Berita Utama Otomotif

Kemenhub Prediksi 123,8 Juta Orang Bakal Melakukan Perjalanan Mudik 2023

Kemenhub memprediksi pada lebaran tahun ini akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dibanding tahun lalu. Berapa banyak jumlahnya?

kemenhub

Pihak Kemenhub mengumumkan hasil survei mengenai prediksi pergerakan masyarakat pada Lebaran 2023. Survei internal mengenai perjalanan mudik ini dilakukan oleh Kemenhub melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT).

Dari survei tersebut, diprediksi akan ada peningkatan sebesar 14,2 persen yaitu sebanyak 123, 8 juta orang. Pada tahun lalu, pergerakan masyarakat yang terjadi pada mudik lebaran sebanyak 85,5 juta orang. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama dengan pemangku kepentingan akan melakukan antisipasi. Antisipasi ini dilakukan karena adanya potensi pergerakan masyarakat yang cukup tinggi pada mudik lebaran. 

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

“Baik berupa penyiapan sarana prasarana transportasi, aspek keselamatan, manajemen rekayasa lalu lintas, dan kebijakan lainnya agar penyelenggaraan mudik tahun ini dapat berjalan dengan selamat, aman, dan terkendali,” ujar Budi, dikutip dari Kompas.com. 

Faktor yang menjadi penyebab terjadinya peningkatan

macet di tanjakan

Menurut Kemenhub, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kenaikan potensi pergerakan masyarakat. Beberapa faktor tersebut adalah tidak adanya PPKM, memasuki masa pra endemi atau mendekati normal pasca pandemi Covid-19. 

Faktor lainnya adalah kondisi perekonomian yang semakin membaik serta tidak adanya pembatasan untuk perjalanan mudik. Kemudian masyarakat juga memberikan persepsi positif dari masyarakat terhadap penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022 lalu. 

Baca juga: 16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

“Penanganan arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini sangat menantang. Maka itu kami telah menyiapkan langkah antisipasi sejak awal tahun,” ungkap Budi Karya Sumadi. Selain itu, evaluasi menjadi hal yang penting agar mudik lebaran tahun ini bisa lebih baik lagi. 

Prediksi pergerakan masyarakat dari Kemenhub

jadwal one way mudik

Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa asal pergerakan masyarakat diprediksi didominasi dari Pulau Jawa. Jumlah masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebih tepatnya adalah sebesar 62,5 persen atau 77,3 juta orang. 

Adapun 5 daerah asal pemudik terbanyak berdasarkan survei Kemenhub adalah:

  1. Jawa Timur sebanyak 17,1 persen (21,2 juta orang)
  2. Jawa Tengah sebanyak 15,1 persen (18,7 juta orang)
  3. Jabodetabek sebanyak 14,8 persen (18,3 juta orang)
  4. Jawa Barat sebanyak 12,1 persen (14,9 juta orang)
  5. Sumatera Utara sebanyak 3,6 persen (4,4 juta orang)

Berdasarkan survei Kemenhub tadi, 5 daerah yang menjadi tujuan mudik 2023 terbanyak adalah: 

  1. Jawa Tengah 26,45 persen (32,75 juta orang)
  2. Jawa Timur 19,87 persen (24,6 juta orang)
  3. Jawa Barat 16,73 persen (20,72 juta orang)
  4. Jabodetabek 6,52 persen (8,07 juta orang)
  5. Yogyakarta 4,78 persen (5,9 juta orang)

Sambut mudik 2023 dengan Astra Siaga Lebaran

jalur mudik lebaran

Meskipun mudik 2023 ini diprediksi akan mengalami peningkatan, tidak perlu khawatir karena ada Astra Siaga Lebaran. Program Astra Siaga Lebaran akan kembali hadir tahun ini untuk membuat mudik tahun ini semakin aman dan nyaman. 

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Sebagai informasi, Astra Siaga Lebaran tahun lalu hadir dengan 115 bengkel siaga yang siap membantu para pemudik. Di dalamnya, akan ada berbagai fasilitas yang tersedia seperti cek kesehatan sampai cek kondisi mobil. 

Untuk tahun ini, Astra Siaga Lebaran pastinya akan hadir dengan lebih banyak titik bengkel siaga yang tersebar. Tidak hanya di Pulau Jawa saja tetapi juga sampai ke Sumatera Selatan. 

Bagaimana, sudah siap menyambut mudik 2023 nanti?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.