Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jalur Mudik Lebaran Selain Tol Trans Jawa Sebagai Alternatif Antisipasi Kemacetan

Jalur mudik Lebaran melalui Tol Trans Jawa rawan kemacetan saat musim liburan. Lalu, jalan mana sebagai alternatif terbaiknya?

jalur mudik lebaran

Jalan Tol Trans Jawa sebagai rute utama jalur mudik lebaran, diperkirakan bakal macet parah saat musim liburan tiba. Untuk itu penting bagi para pemudik yang ingin menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur mencari jalur alternatif.

Selain arus mudik Lebaran 2023, kemacetan Tol Trans Jawa diperkirakan juga terjadi ketika arus balik lebaran. Kemacetan jalan tol ini hampir terjadi setiap tahun, misalnya di tahun 2022 ketika pemerintah melonggarkan mobilitas antara daerah pasca pandemi Covid-19.

Sebelumnya, jalur mudik lebaran ini juga macet pada tahun 2020 lalu. Kemacetan di Tol Trans Jawa umumnya terjadi akibat penumpukan mobil di rest area.

Baca juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi Ideal untuk Pengendara Pemula

Agar tidak terjebak kemacetan di jalur mudik lebaran ini, cari tahu jalur alternatif yang dapat dimanfaatkan pemudik baik saat arus mudik lebaran ataupun arus balik lebaran. Mana saja?

Jalur mudik lebaran via jalur Pantura 

jalur mudik lebaran

Jika jalan Tol Trans Jawa macet parah, pemudik dari Jakarta, Tangerang, Depok, dan sekitarnya dapat memilih jalur Pantura (Pantai Utara Jawa). Jalur ini dahulu adalah rute utama pemudik untuk menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Seperti namanya, jalur Pantura menghubungkan kota-kota di pesisir Utara Pulau Jawa mulai Cilegon, Jakarta, Karawang, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Kudus, Pati, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, hingga Banyuwangi.

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Jalur Pantura adalah jalan beraspal yang membentang sejauh 1.430 kilometer. Seluruh kontur jalan sudah beraspal dan sebagian berupa jalan beton. 

Seperti jalan pada umumnya, jalur ini memiliki beberapa lokasi yang rawan kecelakaan yaitu di jalur Subang-Ciasem, Alas Roban, Jembatan Sewo, kawasan hutan jati Blora, dan jalur Jenu di Tuban.

kecelakaan truk

Kecepatan kendaraan saat melintasi jalur Pantura tidak lebih dari 80 kilometer per jam dan paling lambat adalah 50 kilometer per jam. Hal ini penting pasalnya sepanjang jalur ini kerap terjadi aktivitas pasar kaget dan aktivitas orang menyeberang jalan secara sembarangan.

Baca juga: 16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

Untuk itu, pengemudi diharapkan mengendalikan laju kendaraannya dengan baik agar tidak terjadi kecelakaan lalu-lintas. Selain itu, kontur jalan jalur Pantura tidak rata dan tidak sehalus jalan Tol Trans Jawa.

Mudik lebaran via jalur Pansela

mudik lewat pansela

Rute mudik alternatif lainnya adalah melintasi jalur Pansela (Pantai Selatan Jawa). Jalur Pansela sendiri terbentang dari Banten di Jawa Barat sampai wilayah Jawa Timur. Dikutip dari Kementerian PUPR, panjang jalur ini 1.405 kilometer, dengan lebar rata-rata 5-7 meter.

Kebanyakan orang mengira jalur Pantura dan jalur Pansela dibangun oleh sosok yang sama. Faktanya tidak, jalur Pantura dibangun oleh Herman W. Daendels tahun 1809. Sementara jalur Pansela dibangun Agustus Dirk Daendels tahun 1838.

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Keunikan dari jalur Pansela adalah pemandangan alam yang indah dengan dominasi pegunungan dan panorama lepas pantai. Selain itu, jalur ini tidak seramai jalur Pantura sehingga cocok sebagai rute alternatif saat arus mudik Lebaran 2023 tiba.

Beberapa lokasi wisata dapat kamu temui jika melintasi jalur Pansela, sebut saja Pantai Klayar di Pacitan, Pantai Ayah di Kebumen, Pantai Glagah Yogyakarta, Mercusuar Pantai Baron, dan Pantai Ngandong yang berpasir warna merah muda di Gunung Kidul. 

Tips mengemudi jarak jauh

Batas usia mengemudi

Agar perjalanan mudik aman dan menyenangkan, persiapkan kondisi fisik dan lakukan servis kendaraan. Apa saja tips yang bisa dilakukan?

Baca juga: Service Mobil di Bulan Pertama, Apa Saja Pentingnya?

  • Cukup istirahat sebelum berkendara. Pastikan tidur 7 jam dan jangan mengemudi jika badan tidak fit atau sedang sakit.
  • Cek kondisi ban dan tekanan angin, fungsi lampu-lampu, freon AC, air radiator, minyak rem, hingga perlengkapan darurat seperti dongkrak, ban cadangan, dan kotak P3K.
  • Membawa obat-obatan pribadi, kelengkapan surat kendaraan, serta uang tunai secukupnya. 
  • Berkendara secara bijak dan utamakan sikap defensive driving agar terhindar dari risiko yang dapat menganggu perjalanan.

Selamat mempersiapkan perjalanan libur Lebaran 2023. Gunakan jalur mudik lebaran alternatif agar terhindar dari kemacetan saat mudik dan arus balik Lebaran.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.