libur natal

291 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Jelang Libur Natal, Dihimbau Hanya 30 Menit di Rest Area

libur natal

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan ada 291.451 kendaraan meninggalkan kawasan Jabotabek pada H-6 hari libur Natal 2022. Dari jumlah itu sebanyak 133.850 kendaraan menuju arah Bandung dan tol Trans Jawa.

Hal tersebut jelas menyebabkan potensi kemacetan akibat libur Natal, baik pada puncak arus mudik Natal dan puncak arus balik Natal membuat kepolisian harus membuat rekayasa lalu lintas. Ini sebab, diperkirakan padatnya kendaraan yang memasuki rest area menjadi sumber kemacetan.

Menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo rekayasa lalu lintas saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini sudah dimatangkan untuk mencegah kemacetan akibat padatnya kendaraan.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

“Artinya, pada saat memang situasi sangat padat khususnya di jalan tol tentu akan tetap dilakukan proses rekayasa lalu lintas mulai dari contra flow sampai dengan one way atau satu arah,” lanjutnya dikutip Kompas.

Agar pelancong dan pemudik tidak bingung, Kapolri menjanjikan bakal memberi sosialisasi melalui media terkait rekayasa lalu lintas saat puncak arus mudik dan puncak arus balik Natal 2022.

“Sebelumnya kami memberikan informasi ataupun sosialisasi kepada masyarakat baik melalui jalur radio jalur TV ataupun jalur-jalur informasi yang bisa kita berikan kepada masyarakat sehingga tidak akan terganggu dengan proses rekayasa,” ujar Sigit.

Prediksi macet libur Natal

libur natal

Sebelumnya Menko PMK. Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa puncak arus mudik Natal diprediksi terjadi pada 23-24 Desember. Sedangkan puncak arus balik Natal diprediksi terjadi pada 25-26 Desember. 

Baca juga: Gratis atau Bayar? Kenali Aturan Derek Mobil di Tol

Kemudian puncak arus mudik saat Tahun Baru 2023 diprediksi terjadi pada 30-31 Desember. Sedangkan puncak arus baliknya diprediksi terjadi pada 1-2 Januari 2023.

Aturan istirahat di rest area

libur natal

Sementara itu, pihak kepolisian menghimbau para pelancong yang menggunakan tol Trans Jawa untuk beristirahat maksimal 30 menit di rest area. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di lokasi tersebut.

Kasubdit Audit dan Inspeksi Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Aries Syahbudin, mengatakan, dalam evaluasi terbukti antrian panjang mobil di rest area membuat titik kemacetan di jalan tol Trans Jawa.

Baca juga: Rest Area Arah Jakarta, Mana Saja yang Paling Nyaman

“Imbauan kami kepada masyarakat, bijaklah menggunakan rest area karena yang menggunakan bukan hanya kita. Silakan pakai rest area lain jika mendapati sudah penuh sesak kendaraan,” ujar Aries dikutip BeritaSatu.

libur natal

Untuk mengurangi kemacetan di rest area, pihak Korlantas Polri bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan menyiapkan sejumlah lokasi istirahat sementara di beberapa pintu keluar tol Trans Jawa.

“Jadi, jika rest area ditutup, ke depan lagi itu bisa keluar ke pintu tol paling dekat. Di situ itu disiapkan oleh polres atau disiapkan oleh pemda setempat. Setelah istirahat, baru masuk tol lagi. Jadi, jangan memaksakan rest area yang sudah penuh,” sambung Aries.

Libur Natal dan car free night Jakarta

car free night jakarta

Buat kamu yang memilih habiskan libur Natal di Ibukota, catat jadwal car free night Jakarta ya. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggelar malam bebas kendaraan bermotor untuk mengurai kemacetan saat pergantian tahun.

Baca juga: Ada 109 Kamera ETLE di Jakarta, Ini Lokasi Lengkapnya

Car free night Jakarta berlaku sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, pada hari Sabtu (31/12) mulai pukul 20.00 WIB sampai 02.00 WIB. 

“Kami menerapkan car free night mulai pukul 20.00 WIB sampai 02.00 WIB dini hari, diharapkan masyarakat mengunjungi kawasan ini menggunakan angkutan publik,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dikutip dari Okezone.

transjakarta busway

Pihak Pemprov menyiapkan kantong-kantong parkir sebanyak 40 titik. Layanan MRT dan TransJakarta juga disiagakan untuk mengangkut masyarakat saat perayaan malam tahun baru.

Baca juga: Pentingnya Istirahat Saat Mengemudi di Tol Trans Jawa

“Angkutan umum untuk MRT itu dioperasionalkan sampai pukul 02.00 WIB, sementara untuk layanan Transjakarta ini sudah beroperasi 24 jam memang pada saat melakukan car free night sifatnya untuk koridor 1 Blok M-Kota ini situasional,” tuturnya.

Buat kamu yang ingin melancong saat libur Natal kali ini, jaga kondisi fisik dan kendaraan tetap prima ya. Jika memungkinkan, sebaiknya menggunakan supir cadangan untuk mengantisipasi macetnya jalur istirahat di rest area.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *