Search Cars

Tips & Rekomendasi

Seirit Apa Konsumsi BBM Mobil dengan Fitur Idling Stop System?

Fitur Idling Stop System diklaim bisa buat mobil jadi irit bensin. Lalu, cara kerja dan pakainya bagaimana yah?

Toyota Rush GR Sport

Pada kesempatan kali ini akan bahas terkait fitur Idling Stop System. Fitur baru ini sudah ada di Toyota Rush tipe GR Sport.

Mungkin kalian sudah tahu, kalau fitur ini sebelumnya sudah ada di mobil Toyota lainnya yaitu di Toyota Alphard.

Dari klaim pihak Toyota Indonesia dengan adanya pengembangan fitur ini maka Toyota Rush semakin irit.

Kombinasi antara fitur Idling Stop System dengan mesin 2NR-VE Dual VVT-I bikin Rush terbaru bisa memperbaiki catatan efisiensi bensin.

Dari yang sebelumnya 12,1 kilometer per liter untuk rute dalam kota, kini menjadi lebih irit dengan catatan 13,8 kilometer per liter. Dari manfaat itu, apa sih sebenarnya cara kerjanya?

Pada dasarnya, fitur ini akan membuat mesin menjadi mati, ketika kita berhenti pada lampu merah. Tentunya akan menyala otomatis ketika kita akan mulai bergerak lagi maju.

Nah, untuk lebih jelasnya, coba kalian lihat pada switch untuk aktif dan menonaktifkan fiturnya

Baca juga: Fitur Unggulan Toyota Rush GR Sport, Keren!

Indikator Fitur Idling Stop System

indikator idle stop car

Untuk indikatornya ada dua. Indikator yang akan menunjukkan ketika sistem ini hidup dan warnanya adalah hijau.

Sedangkan untuk yang sampingnya adalah indikator ketika kita menekan atau menonaktifkan. Fitur ini terdiri dari tombol switch yang ada di dekat bagian kanan setir.

Untuk cara kerjanya, kondisi standarnya ketika kita melakukan kunci kontak On, maka indikator yang berwarna hijau akan hidup sebentar lalu akan padam.

Lalu fitur ini akan berfungsi atau aktif ketika sudah memenuhi persyaratan jalan.

Jika kita tahu pada mobil Alphard itu sama-sama menggunakan kendaraan transmisi otomatis, akan tetapi untuk kendaraan Rush ini tersedia tipe manual.

Nah untuk tipe manual juga tersedia fitur Idling Stop System ini juga. Lalu bagaimana cara kerjanya untuk transmisi manual?

Cara Kerja Fitur Idling Stop System

idle stop car

Nah kita akan membahas cara kerjanya dari sistem Idling Stop System. Baik untuk cara penggunaannya. kita akan membahas cara aktivasi atau penggunaan pada kendaraan matik.

Pertama adalah indikator ISS yang berwarna hijau, tadi akan menyala yang berwarna hijau ini akan menyala yang menandakan bahwa sistem Idling Stop System akan standby.

Ketika syarat dari sistem ISS ini terpenuhi, maka indikator ini akan menyala dan sistem tersebut akan siap untuk aktif.

Selanjutnya ketika kita berhenti pada posisi lampu merah, atau kita sedang berada di posisi stop + transmisi masih berada di posisi D, lalu ketika kita masih menginjak pedal rem, maka otomatis mesin akan mati.

Lalu ketika kita akan bergerak atau maju, ketika kita mengangkat pedal rem atau mengangkat kaki dari pedal rem, maka selanjutnya mesin akan menyala kembali.

Lampu indikator berwarna hijau akan aktif kembali, jika sudah mencapai sarat untuk aktifnya kembali sistem tersebut.

Kedua adalah cara kerja pada sistem IDS untuk kendaraan dengan transmisi manual. Ketika kita berjalan dan lampu indikator ideal sudah berwarna hijau, menandakan sudah sudah siap untuk aktif.

Ketika kita sedang berada di lampu merah, dan kita akan berhenti, lalu tuas transmisi kita posisikan ke posisi N, seperti kita melepas pedal kopling.

Baca juga: Mobil Akan Lebih Irit BBM dengan Langkah Sederhana Ini

Hal itu akan mengaktifkan sistem Idling stop system. Mesin menjadi mati, lalu ketika kita akan bergerak atau maju, ketika kita menginjak kembali pedal kopling, maka sistem IDS akan mengaktifkan kembali mesin dari kendaraan.

Nah selanjutnya sistem IDS akan aktif kembali, ketika lampu hijau pada indikator IDS ini sudah menyala lagi.

Cara Non Aktifkan

cara non aktifkan

Sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana ketika kita berada dalam kondisi bukan lampu merah? Tapi dalam kondisi ketika kita sedang berada di jalanan macet.

Tentunya mungkin agak sedikit mengganggu, ketika kita berada di posisi macet lalu mesin mobil tiba-tiba mati, lalu hidup lagi, dan mati-hidup lagi.

Kalian tetap bisa menonaktifkan fitur ini, dengan menggunakan atau menekan tombol Idling Stop System atau yang berlogo A dan bawahnya tulisannya Off.

Tekan sampai nanti indikator ISS yang berwarna orange ini menyala. Maksudnya ketika indikator Idling Stop System off ini menyala, berarti sistem IDS sedang tidak diaktifkan.

Tentunya hal tersebut akan membuat mesin bekerja atau hidup terus, walaupun kita sedang berada dalam kondisi idling.

Jadi seperti itu tadi cara penggunaan fitur Idling Stop System pada kendaraan Rush tipe GR Sport, baik itu yang manual maupun yang transmisinya matik.

Semoga kalian bisa memanfaatkan fitur ini yah. Selamat berkendara.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.