Search Cars

Editor's Pick

Viral Mobil Tercebur ke Laut, Begini Cara Aman Kendaraan Naik Kapal Feri

Mobil tercebur ke laut saat akan menaiki kapal feri mengkhawatirkan. Bagaimana cara aman bagi kendaraan yang ingin menaiki kapal?

mobil tercebur

Risiko mobil tercebur mengintai saat akan menaiki kapal motor penyeberangan atau sering disebut kapal feri. Utamanya bagi pengendara yang baru pertama kali melakukan aktivitas berlibur menggunakan jasa kapal tersebut.

Viral kejadian mobil tercebur ke laut di pelabuhan penyeberangan feri di Merak, Banten. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kejadian ini jelas membuat banyak pengendara was-was saat melakukan aktivitas bepergian antar pulau dengan kapal feri.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Bagaimana tips aman agar selamat ketika memasukan mobil ke dalam kapal penyeberangan? 

Risiko mobil tercebur 

mobil tercebur

Bagi kamu yang bepergian dan harus menyeberang dengan cara mobil naik kapal feri, sebaiknya memperhitungkan beberapa risiko yang ada.

Baca juga: Kecelakaan Tol Cipali Jadi yang Tertinggi di Dunia, Apa Sebabnya?

Selain adanya risiko kelalaian manusia, risiko yang mengintai misalnya kondisi alam dengan ombak dan angin besar dapat menjadi ancaman saat melakukan aktivitas mobil naik kapal feri. 

Ombak dan angin besar membuat kapal oleng dan dapat mengakibatkan posisinya menjauh dari tepi pelabuhan. Jika ini terjadi maka dapat membuat celah antara jembatan penyeberangan dan tepian dermaga.

Sedangkan risiko manusia yang dimaksud adalah kurang optimalnya petugas dalam mengarahkan posisi kapal saat berlabuh. Posisi yang tidak tepat dapat membuat posisi pintu palka dan jembatan untuk masuk mobil naik kapal feri menjadi goyah.

Perbaikan mobil tercebur laut

mobil bekas banjir

Jika alami mobil tercebur ke laut, maka kondisi kendaraan tetap bisa diperbaiki hanya saja memerlukan biaya yang besar. Mengapa demikian?

Baca juga: Mobil Kena Banjir, Apa Saja yang Harus Dicek?

Menurut Wahono, Kepala Bengkel Auto2000 Jatiasih, Bekasi dikutip dari Kompas menerangkan risiko terbesar adalah kerusakan bagian mesin karena terendam air garam. Estimasi biaya perbaikan bisa separuh dari harga mobil.

“Kalau ditanya bisa enggak dibenerin? Bisa. Mobil terbakar saja bisa dibenerin, apalagi cuma kecemplung air. Cuma biayanya, lebih ekonomis enggak? Kalau water hammer, mesin rusak, malah bisa ganti mesin. Ganti mesin kan lumayan, bisa Rp 50 jutaan,” ujarnya.

Mobil tercebur ke laut apa diganti asuransi?

tips memilih asuransi mobil

Dalam kejadian mobil tercebur ke laut di pelabuhan Merak, disebut pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan kendaraan dan korban mendapat perlindungan asuransi.

Baca juga: Mobil Ringsek Karena Kecelakaan, Bisa Klaim Asuransi?

Menurut Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dikutip oleh Kompas, pihaknya telah berkoordinasi dengan mitra terkait dengan hak asuransi pengguna jasa.

Klaim atas kerusakan kendaraan akan diproses oleh PT Jasaraharja Putera. Sedangkan untuk biaya perawatan rumah sakit kedua korban akan ditanggung oleh PT Jasa Raharja.

Secara umum kejadian mobil tercebur ke laut, memang dapat dilakukan klaim asuransi. Namun harap diingat, mobil tersebut terlebih dahulu mengikuti premi asuransi all risk.

Tips mobil naik kapal feri

mobil tercebur

Agar terhindar dari risiko mobil tercebur ke laut, ikuti beberapa tips di bawah ini. Hal ini berlaku baik bagi pengendara yang sudah sering melakukan aktivitas penyeberangan dengan kapal feri ataupun pengendara yang baru pertama kali mencobanya.

Baca juga: 10 Peralatan Darurat yang Wajib Ada di Dalam Mobil

  • Jangan menyeberang ke atas jembatan kapal sebelum mendapat aba-aba dari petugas yang berjaga.
  • Setelah mendapat aba-aba menyeberang, pastikan posisi depan mobil sejajar dengan pintu palka.
  • Gunakan posisi persneling rendah karena biasanya posisi jembatan kapal sedikit menanjak dengan banyak undakan kecil semacam speed bump.
  • Jangan ragu-ragu saat mobil naik kapal feri. Injak gas perlahan tapi pasti saat berada di atas jembatan sampai mobil benar-benar masuk ke dalam kapal. 
  • Ikuti arahan petugas untuk parkir pada jalur yang telah disiapkan di dalam kapal.

Ingat, biasanya saat ombak dan angin besar melanda pelabuhan penyeberangan maka petugas akan menutup sementara layanan penyeberangan. Tunggulah sampai situasi aman dan mendapat izin dari pihak operator pelabuhan.

Syarat kendaraan naik kapal feri

mobil naik kapal feri

Untuk diketahui, jika kamu bepergian dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera, atau ingin berlibur ke Pulau Bali via jalur darat, maka perjalanan harus ditempuh dengan menaiki kapal feri. Apa syarat kendaraan naik kapal feri?

Baca juga: Biaya Pasang Kamera 360 Mobil, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Sebenarnya secara khusus tidak ada syarat kendaraan naik kapal feri. Hanya saja kamu perlu memastikan jenis kendaraan, jumlah penumpang dan atau barang yang dibawa di dalam kendaraan saat membeli tiket penyeberangan.

Jenis kendaraan jip, minibus dan sedan dengan panjang kurang dari 5 meter dikelompokkan dalam golongan IV A. Sepeda motor dengan kubikasi mesin kurang dari 500cc dikelompokkan golongan II. Truk dengan panjang sampai 7 meter golongan V A. 

double cabin

Sepeda termasuk golongan I, motor dengan kubikasi mesin di atas 500cc masuk golongan III, mobil bak muatan terbuka, mobil bak muatan tertutup dan mobil barang kabin ganda (double cabin) masuk golongan IV B.

Baca juga: Mengenal Golongan Kendaraan di Tol dan Tarifnya

Golongan V B adalah kendaraan barang atau truk/tangki ukuran sedang dengan panjang lebih dari 5 meter sampai dengan 7 meter. Golongan VI A kendaraan penumpang berupa mobil bus dengan panjang lebih dari 7 meter sampai dengan 10 meter. 

Mobil golongan VI B adalah kendaraan barang atau truk/tangki ukuran sedang dengan panjang lebih dari 5 meter sampai dengan 7 meter dan sejenisnya, dan mobil penarik tanpa gandengan.

Terakhir, golongan VII adalah mobil barang atau truk tronton, mobil tangki, mobil penarik berikut gandingan, serta kendaraan alat berat dengan ukuran panjang lebih dari 10 meter sampai dengan 12 meter. 

Berapa biaya naik kapal feri?

uang rupiah

Pembelian tiket menggunakan aplikasi Ferizy yang dapat diunduh di Play Store dan App Store. Agar praktis dan bebas pungli, metode pembayaran tiket dapat dilakukan dengan transfer bank dan skema uang elektronik.  

Baca juga: Tegas! 2023 Telat Bayar Pajak Kendaraan 2 Tahun Dianggap Bodong

Lalu berapa biaya naik kapal feri? Sebagai informasi layanan penyeberangan feri terbagi dua yaitu reguler dan ekspres. Waktu penyeberangan reguler lebih lama yaitu sekitar 3 jam dibandingkan ekspres yang hanya 2 jam. 

Biaya tiket terbagi dua komponen, tiket kendaraan dan tiket penumpang. Tiket penumpang dewasa per orang Rp21.600 (reguler) dan Rp77.000 (ekspres). Penumpang bayi Rp1.750 (reguler) dan Rp4.000 (ekspres).

Berikut daftar biaya naik kapal feri untuk berbagai golongan kendaraan.

Golongan Reguler Ekspres
IRp25.100/unitRp78.000/unit
IIRp58.550/unitRp108.000/unit
IIIRp125.350/unitRp168.000/unit
IV ARp457.700/unitRp644.000/unit
IV BRp425.250/unitRp457.000/unit
V ARp916.250/unitRp1.138.000/unit
V BRp792.750/unitRp828.000/unit
VI ARp1.515.500/unitRp1.897.000/unit
VI BRp1.220.000/unitRp1.264.000/unit
VIIRp1.761.500/unitRp1.792.000/unit

Bagi kamu yang ingin menyeberang dengan mobil naik kapal feri, catat harga tiketnya dan sebaiknya tetap waspada terhadap cuaca buruk. Ikuti tips aman di atas, semoga selamat di perjalanan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.