Search Cars

Travel & Lifestyle

Liburan ke Bali Via Tol, Habis Berapa Biayanya?

Liburan ke Bali lewat jalur darat efektif dilakukan via Tol Trans Jawa. Sudah tahu biayanya? Kira-kira akan habis berapa ya?

liburan ke bali

Pergi liburan ke Bali untuk melewatkan Tahun Baru 2023 tentu menjadi hal yang menyenangkan. Namun bagi yang belum pernah melintasi jalur darat, besaran biayanya pasti membuat penasaran.

Biasanya, menempuh perjalanan liburan ke Bali via jalur darat dilakukan sebagai alternatif karena tingginya harga tiket pesawat. Cara ini jelas lebih murah apalagi jika jumlah anggota keluarga yang bepergian cukup banyak. 

Jadi berapa estimasi biaya tol ke Bali melalui jalur Trans Jawa? Apakah worth it untuk dicoba? 

Biaya liburan ke Bali

Biaya liburan ke Bali

Perjalanan dari Jakarta akan menempuh jalur tol Trans Jawa. Jalan tol ini akan melewati 16 ruas tol mulai dari Jakarta sampai ke pelabuhan penyeberangan feri di Banyuwangi. Biaya tol ke Bali dari Jakarta untuk mobil Golongan I ini sekitar Rp811.500. 

Baca juga: 10 Peralatan Darurat yang Wajib Ada di Dalam Mobil

Ingat ya, biaya tol ke Bali ini dibayarkan melalui skema uang elektronik. Agar lebih aman dan tidak berisiko kehabisan saldo, sebaiknya isi penuh saldo agar nyaman di perjalanan.  

Setelah sampai di Banyuwangi, kamu akan menyeberang ke Pulau Dewata menggunakan kapal feri. Biaya penyeberangan dari pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, untuk mobil dan penumpang sebesar Rp216 ribu. Lama penyeberangan sekitar 45 menit.  

Untuk memudahkan pembayaran tiketnya, sebaiknya kamu mengunduh aplikasi Ferizy via AppStore dan Playstore. Setelah itu login dan lakukan pengisian data penumpang, tanggal penyeberangan dan jenis kendaraan. 

Baca juga: Mobil Tujuh Penumpang dengan Kabin Paling Nyaman untuk Keluarga

Biaya liburan ke Bali selanjutnya yang harus diperhitungkan adalah biaya bensin. Jika menggunakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) misalnya Daihatsu New Ayla atau Toyota New Agya, kapasitas full tank 33 liter.

daihatsu new ayla

Untuk menempuh perjalanan Jakarta ke Banyuwangi sejauh 1.054 kilometer, dengan konsumsi BBM rata-rata jarak luar kota 1 liter per 18 kilometer, maka dibutuhkan setidaknya Rp820 ribu sebagai biaya BBM Daihatsu New Ayla dan Toyota New Agya.

Sehingga total biaya yang diperlukan untuk menempuh perjalanan darat dari Jakarta ke Banyuwangi via tol Trans Jawa adalah Rp1.847.600. 

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Harap dicatat, kebutuhan BBM untuk mobil-mobil kelas MPV dan SUV mungkin dapat lebih besar. Estimasi biaya di atas hanyalah gambaran singkat berdasarkan konsumsi rata-rata BBM mobil LCGC. 

Wisata seni di Bali 

liburan ke Bali

Selain keindahan alam, wisata seni di Bali juga menawarkan pengalaman berlibur yang mengesankan. Misalnya berkunjung ke Pasar Seni Ubud, Pura Taman Saraswati, Museum Puri Lukisan, Museum Antonio Blanco, dan Agung Rai Museum.

Selain menikmati lukisan dan patung-patung indah, saat wisata seni di Bali kamu juga dapat menyaksikan tarian khas seperti Tari Kecak Api, Tari Barong, Tari Pendet dan Tari Legong di pura-pura atau lokasi wisata seni di Bali. 

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Desa Budaya Kertalangu, Taman Werdhi Budaya, Puri Agung Denpasar, Sanur Festival, dan Denpasar Festival yang rutin digelar setiap akhir tahun.      

Keunikan tol laut Bali

tol laut bali mandara

Saat berkunjung ke Bali, pastikan juga melewati jalan tol laut Bali yang sering disebut Tol Bali Mandara. Menghubungkan kawasan Ngurah Rai, Benoa dan Nusa Dua, ruas jalan tol ini memiliki keunikan tersendiri loh.

Keunikan pertama, jalan tol laut Bali ini menjadi salah satu dari lima jalan tol di atas air yang terpanjang di dunia. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Kedua, jalan tol laut Bali ini menjadi satu-satunya jalan bebas hambatan yang punya jalur bagi sepeda motor.

Keunikan ketiga, jalan sepanjang 12,7 kilometer ini dipasangi alat pengukur kecepatan angin. Jika tercatat kecepatan angin lebih dari 40 kilometer per jam maka jalan bebas hambatan ini akan ditutup sementara.

Sudah siap berlibur akhir tahun ke Bali via jalur darat dong? Jangan lupa untuk berkendara dengan hati-hati agar selamat sepanjang perjalanan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.