Search Cars

Keuangan

Tips Kelola Bonus Akhir Tahun untuk Investasi di 2023

Melakukan investasi 2023 salah satunya bisa dari bonus tahunan yang didapatkan oleh para karyawan. Bagaimana tips mengelolanya?

investasi 2023

Investasi 2023 bisa menjadi salah satu cara menghadapi adanya ancaman resesi yang diramalkan terjadi di tahun depan. Amerika Serikat dan Eropa menjadi kawasan yang terancam akibat adanya kebijakan menaikkan suku bunga.

Menaikkan suku bunga memang menjadi kebijakan yang banyak dilakukan oleh bank-bank sentral dalam menghadapi lonjakan inflasi. Meskipun memang kebijakan tersebut dianggap bertolak belakang dengan usaha pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19.

Baca juga: 5 Tips Keuangan Karyawan Biar Lepas Dari Masalah Finansial

Agar bonus akhir tahun tidak habis begitu saja, yuk cari tahu terlebih dulu apa saja jenis-jenis investasi yang ada?

investasi 2023

Tips investasi 2023 bagi pemula

Ketahui tips investasi 2023 bagi pemula agar tidak salah langkah dalam memilihnya dan bisa menguntungkan tentunya. Apa saja tipsnya?

Mengetahui tujuan investasi

Cara berinvestasi yang perlu diketahui bagi pemula adalah dengan mengetahui tujuan dan jangka waktu yang dipilih. Dengan memiliki tujuan dan jangka waktu, kamu bisa lebih fokus dan terarah untuk memiliki portofolio yang dimiliki. 

Siapkan alokasi dana 

Jika sudah menentukan tujuan investasi, alokasikan dana investasi dan jangka waktu untuk mencapai tujuan yang kamu miliki. Pastikan berapa jumlah dana yang sudah ada saat ini, lalu bisa memperkirakan jangka waktu investasi yang akan dilakukan. 

Baca juga: Apa Saja Masalah Finansial yang Dihadapi Karyawan Kantoran?

Memiliki dana khusus memang harus dilakukan karena setiap investasi akan memiliki risikonya tersendiri. Dana khusus ini sering juga disebut dengan “uang dingin” yang bisa digunakan untuk mencoba berbagai jenis investasi yang ada

Mengetahui profil risiko yang dimiliki

Tips investasi 2023 bagi pemula adalah dengan mengetahui profil risiko yang dimiliki. Jangan langsung membeli produk investasi tanpa mengetahui profil risikonya. 

Profil risiko ini sangat penting untuk bisa menentukan bagaimana sikapmu dalam memilih produk yang sesuai dengan kemampuan mengelola keuangan. 

Cari tahu investasi yang aman

Untuk mengetahui investasi mana saja yang aman, kamu harus terus menggali informasi dan belajar cara berinvestasi yang paling cocok dengan tujuan dan profil risiko. Beberapa contohnya adalah deposito, reksadana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan saham.

Berinvestasi secara rutin

investasi untuk pasangan muda

Jika kamu memilih produk investasi yang berprospek cerah, maka keamanan finansial jelas bisa diwujudkan. Untuk itu, lakukan investasi secara rutin misalnya setiap bulan atau minimal dengan waktu berjangka hingga tujuan investasi pribadi bisa tercapai sepenuhnya. 

Baca juga: Menghitung Kekayaan Cristiano Ronaldo, Gaji dan Investasi itu Penting

Jadi, supaya bonus akhir tahun tidak menghilang begitu saja lakukan tips mengelolanya untuk dijadikan investasi 2023. Yuk, investasi sekarang juga.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.