Search Cars

Keuangan

5 Tips Keuangan Karyawan Biar Lepas Dari Masalah Finansial

Cari tahu tips keuangan karyawan agar bisa terlepas dari masalah finansial yang bisa saja menghantui. Harus melakukan apa ya?

tips keuangan karyawan

Mengetahui tips keuangan karyawan bisa menjadi cara untuk menghindari berbagai masalah keuangan yang mungkin dialami. Hal ini menjadi penting karena masih banyak karyawan yang kesulitan dalam mengelola gaji yang mereka terima setiap bulannya tersebut. 

Namun memang untuk mengelola gaji yang didapatkan setiap bulannya tidaklah selalu mudah. Bahkan terkadang sulit sekali untuk bisa bertahan dengan gaji yang didapatkan sampai akhir bulan. 

Tips keuangan karyawan

Agar tidak mengalami situasi yang tidak diinginkan karena gaji yang sudah habis sebelum waktunya, lakukan tips keuangan karyawan yang mudah ini. Apa saja ya?

Catat keuangan karyawan

tips keuangan karyawan

Tips keuangan karyawan yang pertama adalah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Sebelum mengatur keuangan, penting untuk mengetahui secara pasti lebih dulu berapa jumlah uang yang bisa dikelola. 

Baca juga: Apa Saja Masalah Finansial yang Dihadapi Karyawan Kantoran?

Caranya adalah dengan mencatat besaran pemasukan yang didapat, baik itu dari gaji ataupun dari sumber pendapatan yang lain. Jika sudah mengetahui besaran pemasukan, tuliskan rencana pengeluaran pribadi. 

Dari pendapatan yang diperoleh tersebut, tuliskan secara rinci berapa banyak uang yang akan dikeluarkan. Pastikan agar pengeluaran selalu lebih kecil dari pendapatan yang dimiliki setiap bulannya. 

Siapkan asuransi

tips keuangan karyawan

Hal selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah dengan memiliki asuransi, baik itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak menganggap hal ini penting. 

Baca juga: UMP Jakarta 2023 Naik, Bagaimana Cara Menghitungnya? 

Dengan memiliki asuransi kesehatan atau jiwa, segala situasi yang tidak terduga bisa lebih ringan karena sebagian besar biaya akan ditanggung perusahaan asuransi. Misalnya saja ketika sakit, karyawan menjadi tidak perlu repot mencari biaya karena sudah ada asuransi. 

Menerapkan rumus 50-30-20

tips keuangan karyawan

Buat karyawan dengan gaji kecil atau besar, sebaiknya tetap memiliki aturan dalam mengelola keuangan yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan menerapkan rumus 50-30-20. 

Artinya adalah sebanyak 50% gaji yang didapatkan bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sifatnya wajib, kemudian 30% dipakai untuk kebutuhan hiburan, dan 20% digunakan sebagai dana tabungan atau investasi. 

Baca juga: Menghitung Kekayaan Cristiano Ronaldo, Gaji dan Investasi itu Penting

Rumus ini bisa digunakan untuk mengatur keuangan agar tetap bisa menabung gaji yang didapatkan tersebut. Ini juga bisa menjadi cara yang efektif untuk memberikan batas terhadap semua jenis pengeluaran.

Dengan adanya batas alokasi setiap bulannya ini akan membuat pengeluaran bisa lebih terkontrol dan menjamin gaji bisa mencukupi sampai akhir bulan.

Dahulukan membayar utang dan tagihan

utang dan tagihan

Sebelum menabung gaji yang didapatkan, pastikan terlebih dulu untuk membayar semua tagihan atau utang yang dimiliki. Perlu diingat bahwa tagihan atau utang merupakan kewajiban yang harus dibayarkan setiap bulannya. 

Baca juga: Marak PHK Massal, Begini Cara Menyiapkan Modal Usaha untuk Berjaga-jaga

Untuk itu, ketika memiliki tagihan atau utang sebaiknya utamakan lebih dulu untuk membayarnya. Barulah kemudian menerapkan metode untuk mengatur keuangan yang efektif untuk memenuhi kebutuhan bulanan dari sisa uang yang ada tersebut.

Siapkan dana darurat

dana darurat

Jangan lupa juga untuk selalu menabung gaji yang didapat untuk dana darurat karena ini sangat penting. Dana darurat ini bisa sangat membantu jika karyawan harus mengalami situasi yang tidak diinginkan, misalnya saja terkena PHK massal

Baca juga: Strategi Investasi Bila Resesi 2023 Benar Terjadi

Beberapa perencana keuangan mensyaratkan besar dana darurat sebesar enam kali pengeluaran bulanan untuk yang masih lajang, sembilan kali pengeluaran bulanan untuk yang sudah menikah dan 12 kali pengeluaran bulanan untuk yang sudah menikah dan memiliki anak.

Bagaimana, sudah siap untuk atur keuangan secara efektif agar bisa bernapas sampai akhir bulan? Nah, buat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa bergabung jadi Teman SEVA lho. 

Teman SEVA merupakan sebuah program insentif dari SEVA agar bisa dapat uang tambahan mulai dari 1 Juta hingga 2,5 juta per mobil yang berhasil dijual. 

Prosesnya pun cukup mudah karena ada fitur Instant Approval yang hanya membutuhkan KTP. Tunggu apalagi, yuk join Teman SEVA sekarang juga! 

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.