Search Cars

Keuangan

Rekomendasi Investasi Modal Kecil, di Bawah Rp 2 Juta

Mau melakukan investasi modal kecil yang modalnya di bawah Rp 2 juta? Yuk, simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

investasi modal kecil

Siapa bilang investasi butuh modal besar? Sekarang kamu juga bisa melakukan investasi modal kecil, lho.

Berinvestasi mungkin masih dianggap sulit bagi pemula. Salah satu hal yang membuat pemula masih ragu berinvestasi adalah modal yang banyak.

Sebab, kalau sudah berinvestasi harus siap dengan risiko mengalami kerugian dan ketika hal itu terjadi, bisa jadi hal itu akan menimbulkan ketakutan untuk melakukan investasi.

Baca juga: Jenis Investasi Jangka Pendek dan Kelebihannya

Tak perlu khawatir, karena ada beragam pilihan investasi yang tidak membutuhkan modal besar. Bahkan beberapa juga memiliki risiko rendah, sehingga aman untuk pemula.

Berikut rekomendasi investasi modal kecil yang bisa kamu lakukan.

investasi modal kecil

Reksadana

Baru mau investasi dan ingin memulai dengan modal sekecil mungkin? Investasi reksadana patut untuk dicoba.

Kamu dapat melakukan investasi reksadana hanya dengan modal Rp 100 ribu. Bahkan ada beberapa sekuritas yang bisa berinvestasi dengan modal Rp 50 ribu saja.

Baca juga: Bagaimana Memilih Investasi Reksadana yang Tepat? Ini Tipsnya 

Enaknya lagi, investasi dapat dilakukan melalui aplikasi. Memasukkan modal investasinya pun juga sangat mudah, cukup dari mobile banking atau dompet digital.

Modal yang kamu investasikan di reksadana, akan dikelola oleh manajer investasi yang mengatur perputaran uang. Jadi, tidak perlu sering-sering dipantau.

investasi modal kecil

Peer to peer lending

Peer to peer lending adalah salah satu fintech yang mempertemukan pihak yang membutuhkan pinjaman dana dengan pihak yang bisa memberikan pinjaman dana.

Jika berinvestasi di peer to peer lending, artinya kamu akan menjadi pihak yang meminjamkan dana kepada suatu individu atau menanamkan modal untuk pemilik usaha.

Baca juga: Jenis Asuransi yang Bisa Dijadikan Investasi Masa Depan

Jenis investasi ini punya return atau pengembalian yang tinggi, yaitu sekitar 14 hingga 20 persen setiap tahun. Namun, risikonya juga tinggi sebab investasi bisa hilang kalau peminjam gagal membayar.

Bagi yang mau mencoba investasi peer to peer lending, kamu bisa melakukannya dengan modal kecil mulai dari Rp 100 ribu!

investasi modal kecil

Saham

Saham lebih dikenal sebagai yang membutuhkan modal besar dan punya risiko tinggi. Tetapi, keuntungan yang diperoleh juga cukup besar.

Meski investasi saham kurang disarankan untuk pemula, tetapi bukan berarti tidak bisa mencobanya. Untuk pemula yang ingin mencobanya, bisa memilih investasi saham BUMN dan saham blue chip.

Baca juga: Istilah-istilah Investasi Saham yang Bikin Kamu Makin Expert

Saham-saham tersebut punya risiko yang sedikit lebih kecil dan pergerakannya lebih stabil. Selain itu, sejumlah sekuritas menawarkan investasi modal kecil mulai dari Rp 500 ribu.

investasi modal kecil

Deposito 

Masih ragu untuk berinvestasi dengan risiko tinggi? Deposito bisa jadi opsi karena memiliki risiko rendah. Modal yang dibutuhkan mulai dari Rp 1 juta.

Pada dasarnya, deposito sama seperti menabung di bank. Hanya saja kamu bisa mendapatkan keuntungan dari bunga bank. 

Uang di dalam deposito kamu juga akan terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dengan catatan nilainya kurang dari Rp 2 miliar.

Baca juga: Kriteria dan Jenis Mobil yang Bisa Dijadikan Investasi

Namun, uang yang disimpan di deposito tidak bisa diambil sembarangan dan hanya bisa dicairkan di waktu yang telah ditentukan di awal. Seperti per 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.

Apabila dana dicairkan sebelum jatuh tempo atau melewati jangka waktu akan dikenakan denda.

investasi modal kecil

Emas

Investasi lain yang juga tergolong minim risiko adalah emas. Salah satu kelebihan utama dari emas adalah harganya yang stabil dan cenderung naik setiap tahun.

Selain itu, emas tidak tergerus oleh inflasi seperti jenis investasi lain. Kalau pun harganya turun, tidak akan berlangsung lama.

Baca juga: 5 Tips Investasi Logam Mulia yang Cocok Buat Jangka Panjang

Kamu bisa memulai investasi emas Antam 0,5 gram yang harganya saat ini mencapai Rp 548.000. Apabila punya modal lebih banyak, bisa beli ukuran 1 gram dengan harga mencapai Rp 991.000.

Nah, dari kelima investasi modal kecil ini, kira-kira mana nih yang bakal kamu coba? Apa pun investasinya, pelajari cara kerjanya dan pahami risikonya dengan baik ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.