Search Cars

Tips & Rekomendasi

Biaya Pasang Kamera 360 Mobil, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Untuk pasang kamera 360 mobil tentunya akan ada biaya yang harus dikeluarkan. Berapa dan apa saja yang harus dipersiapkan?

pasang kamera 360 mobil

Seiring dengan perkembangan jaman, pasang kamera 360 mobil sudah mulai banyak dilakukan. Bahkan beberapa perusahaan otomotif menjadikan fitur ini dijadikan sebagai salah satu fitur unggulannya. 

Fitur kamera 360 ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 dan sampai saat ini sudah banyak mobil yang menggunakannya. Fitur ini memang identik dengan mobil-mobil mahal dan keluaran baru, tetapi mobil-mobil lama juga bisa menambahkannya. 

Apa Itu Fitur Kamera 360?

kamera parkir

Sesuai dengan namanya, kamera 360 berfungsi untuk memberikan visibilitas mobil dalam tampilan 360 derajat. Dengan adanya fitur ini, pengemudi bisa melihat dari sisi samping, depan, belakang, bahkan area atas mobilnya.

Baca juga: 5 Jenis Mobil Toyota Terbaru dengan Fitur TSS dan Harganya

Biasanya kamera ini dipasang di beberapa titik, mulai dari grill, spion, dan belakang mobil. Fitur kamera 360 sendiri dibekali dengan perangkat lunak yang ada di head unit atau infotainment yang berguna untuk menyambungkan hasil rekaman dari berbagai kamera tersebut. 

Salah satu format umum yang biasa ditemui pada kamera 360 adalah Bird’s Eye View. Dengan adanya Bird’s Eye View, bisa menampilkan sisi sekitar mobil seperti pandangan satelit atau drone

Di beberapa mobil premium atau mewah, fitur kamera 360 yang disematkan akan lebih canggih lagi. Perangkat lunak dan infotainment itu bisa menampilkan pandangan secara realistis serta tampilan 3 dimensi. 

Cara pasang kamera 360 mobil

kamera parkir mobil

Untuk pasang kamera 360 mobil, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 4-5 jam. Nah, bagaimana caranya?

Membuat dudukan kamera samping

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan melubangi cover spion. Sebaiknya lepas cover spion terlebih dulu agar pemasangan kamera lebih mudah dan mengurangi risiko adanya kerusakan. 

Baca juga: Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid, Pilih Mana?

Dudukan ini dibuat untuk menempatkan kamera samping. Jika sudah dilubangi, kamera bisa disesuaikan agar tampilannya bisa tidak begitu terlihat dan tetap terlihat natural. 

Mulai pasang kabel

kabel mobil

Jika kamera sudah terpasang di cover spion, langkah selanjutnya adalah dengan melanjutkan pemasangan kabel. Kabel yang digunakan ini sebaiknya disesuaikan dengan jumlah kamera yang akan dipasang. 

Kemudian pada saat menyambung kabel-kabel tersebut, lakukan dengan rapi dan sesuai prosedur. Jika kabel sudah terpasang seluruhnya, bisa melakukan kalibrasi yaitu mencocokkan sudut pandangan dari kamera yang akan dikirim ke layar monitor head unit.

Melakukan setting kamera

pasang kamera 360 mobil

Jika langkah-langkah tadi sudah dilakukan, bisa dilanjutkan dengan setting kamera agar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja untuk mengatur bagaimana tampilan visual kamera saat berada di head unit atau untuk mengatur munculnya gambar dari kamera sisi mana. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Pintu Geser yang Praktis Buat Penumpang

Buat yang masih merasa kebingungan, bisa membaca buku petunjuk yang ada atau melihat instruksi dari YouTube yang banyak tersedia. Setelah proses setting, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan uji coba sambil berkendara dengan mobil. 

Biaya pemasangan kamera 360 mobil

pemasangan kamera 360

Untuk biaya pasang kamera 360 mobil ini harganya akan berbeda-beda, tergantung dari kualitas serta jenisnya. Di beberapa marketplace harganya berkisar antara Rp500 ribuan sampai dengan Rp9 jutaan. 

Sebelum membeli, pastikan memilih merek yang memang sudah terjamin kualitasnya. Atau bisa juga dengan bertanya kepada orang-orang terdekat yang sudah pernah membelinya. Namun, buat pemilik mobil yang tidak bisa memasang sendiri bisa mendatangi toko variasi mobil. 

Baca juga: 7 Cara Merawat Power Steering Mobil dan Jenisnya

Biasanya toko variasi mobil memiliki paket pemasangan kamera 360. Pemilik tinggal membawa mobil dan langsung melakukan pemasangan hingga selesai. Meskipun memang harga yang ditawarkan akan lebih mahal. 

Harga yang lebih mahal ini, pastinya karena ada jasa pemasangan serta biaya sewa toko yang harus dibayarkan. Soal harga, untuk pemasangan kamera 360 di toko variasi mobil bisa mencapai Rp5 juta sampai Rp8 juta.

Nah, kamu bisa memilih untuk pasang kamera 360 mobil sendiri atau menggunakan jasa bengkel. Apapun pilihannya, jangan melakukan secara terburu-buru ya agar hasilnya bisa memuaskan. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.