Tol Trans Sumatera

Mudik ke Aceh, Segini Tarifnya via Tol Trans Sumatera

Tol Trans Sumatera

Jalan Tol Trans Sumatera siap dilalui pemudik pada musim mudik Lebaran 2023. Meski belum semua ruas jalan bebas hambatan ini tersambung, namun masyarakat dapat melintasi rute ini untuk memangkas waktu tempuh dan biaya.

Saat ini, jalan Tol Trans Sumatera sudah beroperasi sepanjang 738 kilometer, dari rencana 2.704 kilometer yang direncanakan. Nantinya, jalan ini akan menghubungkan Provinsi Lampung dan Provinsi Aceh dan diperkirakan dapat diuji coba tahun 2024 mendatang. 

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba jalur mudik lebaran 2023 tersebut dari Jakarta menuju Aceh, simak estimasi biayanya termasuk biaya penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung.

Rute mudik lebaran via Tol Trans Sumatera

Tol Trans Sumatera

Sebelum menempuh perjalanan mudik Lebaran 2023, siapkan saldo uang elektronik yang cukup mengingat seluruh perjalanan di jalan tol Pulau Jawa sampai ke Pulau Sumatera menggunakan pembayaran cashless alias non tunai.

Baca juga: Cegah Macet Mudik Jalan Tol Sebaiknya Pakai Sistem Terbuka, Apa Maksudnya?

Rute mudik Lebaran 2023 dari Jakarta ke Aceh dapat melalui ruas-ruas jalan berikut. Dari Jakarta ke Palembang menempuh jalan Tol Jakarta-Merak dan menyeberang lewat Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.

Rute berlanjut menempuh jalan Tol Trans Sumatera ke Palembang. Berikutnya dari kota Pempek ke Jambi (Muara Bungo), Payakumbu, Bukittinggi sampai ke Danau Toba ditempuh melalui rute non tol.

Perjalanan dari Danau Toba ke Medan dilanjutkan lewat ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi. Kemudian perjalanan dari Medan ke Aceh, dapat kembali mengakses jalan tol dari Gerbang Tol Marelan ke Gerbang Tol Stabat. 

Baca juga: Terdapat 28 Gerbang Tol yang Sudah Menerapkan Ganjil Genap, Di mana Saja?

Sesampainya di Aceh, perjalanan menuju ke Banda Aceh dapat juga kamu tempuh melalui Gerbang Tol Seulimeum sampai Gerbang Tol Blang Bintang. 

Biaya mudik ke Aceh

arus balik Lebaran 2022

Berikut estimasi biaya mudik Lebaran 2023 yang diperlukan dengan menggunakan kendaraan Golongan I Toyota All New Avanza melalui jalan tol.

  • Ruas Tol Dalam Kota Rp10.500.
  • Jalan Tol Jakarta-Tangerang Rp7.000.
  • Ruas Tol Tangerang-Merak Rp53.500.
  • Ruas Tol Bakauheni Selatan-Kayu Agung Utama Rp289.000.
  • Tol Kayu Agung-Kramasan Rp50.000.
  • Gerbang Tol Tebing Tinggi sampai Gerbang Tol Amplas Rp56.500.
  • Gerbang Tol Marelan ke Gerbang Tol Stabat Rp28.000.
  • Gerbang Tol Seulimeum sampai Gerbang Tol Blang Bintang Rp42.500.

Total saldo uang elektronik yang diperlukan untuk biaya mudik Lebaran 2023 dari Jakarta sampai Banda Aceh adalah Rp537.000. Ini belum termasuk biaya penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni sekitar Rp600.000 menggunakan kapal feri ekspres.

Tips mudik lewat jalan Tol Trans Sumatera

rest area tol

Karena belum semua ruas jalan Tol Trans Sumatera tersambung, berikut tips mudik aman saat melintasi jalan bebas hambatan di Pulau Sumatera. 

Baca juga: Fakta-fakta Kecelakaan Mobil Syabda Perkasa, Berapa Kecepatan Maksimal di Tol?

  • Siapkan kondisi kendaraan, utamanya tekanan angin dan kondisi ban, oli mesin, air radiator serta lampu-lampu kendaraan.
  • Di beberapa ruas jalan tol saat malam minim penerangan, melajulah dengan waspada serta ikuti aturan batas kecepatan.
  • Jika memungkinkan, beristirahatlah setiap 3 jam di rest area. Menyetir bergantian juga disarankan agar kondisi tubuh pengemudi tetap terjaga.
  • Saat ingin menyeberang masuk ke kapal feri, ikuti aba-aba petugas demi terhindar dari risiko mobil tercebur ke laut.
  • Siapkan alat-alat darurat di dalam mobil untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.
  • Catat dan simpan nomor telepon derek resmi jalan tol jika dibutuhkan.

Selamat mempersiapkan mudik. Jangan lupa siapkan saldo uang elektronik yang cukup serta lakukan pembayaran biaya penyeberangan feri melalui aplikasi agar mudah dan aman.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *