Search Cars

Travel & Lifestyle

Biar Gak Bosen, Yuk Cobain Mudik Lewat Pansela Jawa

Mudik lewat Pansela menyajikan pengalaman berbeda dibandingkan jalur Pantura. Biar gak penasaran, simak keseruannya di sini.

mudik lewat pansela

Jika ingin menikmati perjalanan pulang kampung yang berbeda maka cobalah mudik lewat Pansela (Pantai Selatan Jawa). Selain situasi jalan yang lebih lengang, jalur mudik Lebaran 2023 ini juga menyajikan sejumlah pemandangan indah dan objek wisata pantai Selatan.

Mudik lewat Pansela bisa jadi jalur mudik alternatif Lebaran 2023 jika jalan Tol Trans Jawa mengalami kemacetan parah. Apa saja yang bisa dinikmati di jalur sepanjang lebih dari 1.400 kilometer tersebut?

Wisata mudik lewat Pansela

mudik lewat pansela

Jalur Pantai Selatan Jawa menyusuri kota-kota di garis pantai yang menyajikan pemandangan laut lepas Samudera Hindia. Selain itu, jalur ini juga menyajikan perbukitan dan pemandangan indah pegunungan khususnya di rute Ciwidey-Cidaun hingga Garut.

Baca juga: Kemenperin Klarifikasi, Harga Mobil LCGC Naik Rp5 Juta Bukan 5%

Pemandangan kebun teh dan perbukitan mendominasi jalur tersebut, ditambah udara segar membuat siapapun yang melintasinya merasa rileks. Namun tetap waspada dan jangan lengah, karena di daerah itu sering turun kabut utamanya di musim hujan.

Di jalur ini juga terdapat wisata air terjun yang indah karena langsung berada di samping jalan. Curug Ceret Naringgul, disebut sebagai salah satu curug terindah di Jawa Barat.

Berlanjut ke pesisir Cianjur, beberapa lokasi wisata pantai Selatan yang bisa dikunjungi saat melintasi jalur ini antara lain Pantai Apra, Pantai Jayanti, Pantai Sereg, Pantai Karang Potong, dan Pantai Rancabuaya.

Baca juga: Akhir Pekan Tiba, Ini Cara Dapat Tiket Gratis IIMS 2023

Selain keindahan alam, mudik lewat Pansela juga memanjakan lidah karena terdapat banyak makanan khas. Mulai cicip lobster Jayanti di Cianjur, Sate Ambal di Kebumen, sampai Sate Klathak.

Keuntungan mudik jalur Pantai Selatan

mudik lewat pansela

Selain hal-hal di atas, keuntungan lain mudik melalui jalur Pantai Selatan ini adalah adanya jalan utama beraspal yang relatif mulus. Jika dibandingkan jalur Pantura, kondisi aspal di sini tidak banyak ditemui kerusakan dan berlubang.

Keuntungan berikutnya adalah tempat beristirahat dan penginapan yang banyak dengan harga terjangkau. Mencari penginapan di sepanjang jalur mudik Pansela relatif mudah. Mulai dari Cianjur, Bandung, Cilacap, sampai Yogyakarta.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Diprediksi Hingga 28 Februari, Persiapkan Kondisi Kendaraan Yuk!

Tarifnya rata-rata terjangkau dan lokasinya berdekatan dengan destinasi wisata. Biaya sewa satu kamar masih ada yang seharga Rp100 ribu. Sangat terjangkau bukan?

Kekurangan mudik lewat Pansela

rawan tanah tebing gunung longsor

Meski demikian bukan berarti jalur Pantai Selatan tidak punya kekurangan. Salah satu hal yang menjadi nilai minusnya adalah jalur terjal dan penuh kelokan serta rawan longsor. Bagi kamu yang mudah alami mabuk darat, persiapkan fisik sebelum melintasi rute ini.

Beberapa titik yang rawan adalah di jalan Ciwidey-Cidaun dan Jalan Raya Ayah di Kebumen. Bawalah kotak obat dan segera berhenti di lokasi yang aman saat mengalami mabuk darat.

Baca juga: Pentingnya Defogger Kaca Belakang Mobil di Musim Hujan

Kekurangan lain adalah jalur Pantai selatan minim penerangan di malam hari, minim adanya SPBU besar, dan terakhir waktu tempuh lebih lama dibandingkan jalur Tol Trans Jawa. 

Waspada jika mobil kehabisan bensin di jalur ini ya. Sebaiknya kamu membawa bensin cadangan agar tidak kesulitan saat mengalami kondisi tersebut.

Sebelum mempersiapkan mudik Lebaran 2023 dan memilih melintasi jalur Pantai Selatan, jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan dan menjaga kebugaran fisik pengemudi. Jangan sampai acara mudik lebaran kurang berkesan akibat kurangnya persiapan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.