Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Road Trip ke Bali dari Jakarta Melalui Pelabuhan Gilimanuk

Pelabuhan Gilimanuk adalah tempat utama usai menyeberangi Selat Bali dari Pulau Jawa. Bagaimana rute dari Jakarta menuju ke sana?

pelabuhan gilimanuk

Pelabuhan Gilimanuk terletak di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jimbrana, Pulau Bali. Lokasi ini menjadi tujuan penyeberangan bagi kendaraan dan orang dari Pulau Jawa menuju Pulau Dewata.

Buat kamu yang ingin road trip ke Bali menggunakan kendaraan pribadi maka berikut adalah rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke Banyuwangi sebelum mneyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk. Simak pembahasannya termasuk dengan estimasi biaya jalur darat ke Bali.

Tol Trans Jawa ke Pelabuhan Gilimanuk

tol trans jawa

Menempuh perjalanan wisata ke Bali melalui Tol Trans Jawa sangat efisien. Ini dikarenakan kamu tidak perlu sibuk mencari rute dan petunjuk arah. Jalan tol sepanjang 1.167 kilometer ini dapat memangkas waktu perjalanan road trip ke Bali jika dibandingkan via jalur Pantura.

Baca juga: 16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

Sebagai gambaran, menempuh Tol Trans Jawa menuju Banyuwangi akan memakan waktu tempuh maksimal 18 jam. Itu sudah termasuk istirahat 3 kali di rest area dengan durasi 40 menit.

Liburan ke Bali naik mobil jika melalui jalur Pantura alias non tol akan menghabiskan waktu berkisar 24 jam 18 menit. Waktu tersebut sudah termasuk berhenti 3 kali selama 20 menit untuk mengisi bensin dan istirahat sejenak. 

Rute road trip ke Bali via Tol Trans Jawa anggaplah dimulai dari gerbang tol Tebet 2 menuju ruas tol Cikunir 2 JORR, disambung ke arah Kerawang Barat dan akan exit di pintu keluar Probolinggo Timur menuju ke Banyuwangi. Lalu berapa biaya tolnya? 

Biaya jalur darat ke Bali

pelabuhan gilimanuk

Siapkan saldo uang elektronik senilai Rp788.000 untuk kendaraan Golongan I sebagai biaya jalur darat ke Bali. Amannya, isilah saldomu sebesar Rp1 juta.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Kecil Nyaman Buat Harian dan Mudik Lebaran

Lalu berapakah perkiraan biaya bensin yang diperlukan untuk perjalanan tersebut? Anggaplah kendaraan diisi dengan BBM RON 92 jenis Pertamax dengan harga per liter Rp12.800, berlaku di Pulau Jawa dan Bali.

Untuk mobil Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia dengan kapasitas tangki penuh 43 liter, dibutuhkan uang Rp550.400. 

Jika diperkirakan jarak Jakarta-Banyuwangi sejauh 1.063 kilometer dan rata-rata konsumsi bensin mobil 16 kilometer per liter, maka total biaya BBM yang diperlukan untuk kedua mobil tersebut sebesar Rp850.400. 

Baca juga: Jakarta-Surabaya, Siapa Mobil LCGC Paling Irit BBM?

Total biaya jalur darat ke Bali via Tol Trans Jawa ditambah biaya penyeberangan dari pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, untuk mobil dan penumpang sebesar Rp216 ribu, total menghabiskan biaya Rp1.854.400.

Biaya ini jelas lebih murah jika dibandingkan menempuh rute non tol karena berpotensi terjebak kemacetan akibat pasar tumpah atau adanya perbaikan jalan.

Wisata Bali

pantai karang sewu wisata bali

Dari Pelabuhan Gilimanuk, rute wisata Bali dapat berlanjut ke sejumlah destinasi unggulan sebut saja Pantai Karang Sewu, Taman Siwa, Taman Nasional Bali Barat ataupun menuju ke Vihara Empu Astapaka.

Baca juga: Servis Mobil Rutin Sebelum Liburan, Apa Saja yang Dicek?

Wisata Bali selanjutnya yang terdekat dari Pelabuhan Gilimanuk adalah mengunjungi Museum Manusia Purba Gilimanuk, Pantai Madewi, dan Secret Bay Diving Giimanuk bagi kamu yang menyukai olahraga air.

Liburan ke Bali dapat juga dimulai dengan mengunjungi Pura Sumur Kembar, Pura Rambut Siwi, Bendungan Palasari, dan Taman Wisata Air Tirta Lestari.

Pastikan sebelum liburan ke Bali kamu sebaiknya mempersiapkan kondisi kendaraan untuk perjalanan jauh. Lakukan penggantian oli, periksa kondisi ban termasuk ban cadangan. Cek kondisi kampas dan minyak rem serta pastikan membawa kotak peralatan darurat.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.