Berita Utama Otomotif

Cegah Macet Mudik Jalan Tol Sebaiknya Pakai Sistem Terbuka, Apa Maksudnya?

Sistem terbuka pada jalan tol dianggap efektif kurangi kemacetan. Apa yang dimaksud sebenarnya? Bagaimana dengan sistem tertutup?

jalan tol

Kerap dijumpai kemacetan di jalan tol misalnya pada jalan lingkar luar (JORR) dan lingkar dalam, terlebih menjelang libur mudik Lebaran 2023. Sejumlah ruas tersebut memang menjadi rute utama bagi pemudik yang ingin meninggalkan Ibukota.

Meningkatnya volume kendaraan utamanya saat memasuki gerbang tol membuat antrian dapat mengular hingga beberapa kilometer. Untuk mengantisipasi macet di tol, pemakaian sistem terbuka dianggap efisien diterapkan saat musim mudik tiba. 

Bagaimana maksud jalan tol sistem terbuka tersebut? Apakah kelebihan dan kekurangannya? Benarkah lebih efisien mengurai kemacetan?

Jalan tol sistem terbuka

jalan tol

Pengertian dari sistem terbuka maksudnya transaksi bayar tol hanya dilakukan satu kali dan dibayarkan pada saat keluar gerbang tol. Beberapa hal dianggap menjadi kelebihan sistem ini.

Baca juga: 10 Mobil Irit BBM Buat Perjalanan Mudik Biar Tidak Menguras Kantong

Jalan tol sistem terbuka umumnya lebih efisien daripada jalan tol dengan sistem tertutup karena tidak ada antrian untuk transaksi bayar tol. Ini dapat mengurangi waktu kendaraan berhenti dan melakukan tap in uang elektronik yang faktanya membuat macet di tol. 

Meski demikian, sistem ini juga memiliki sejumlah hal yang dianggap sebagai kekurangan. Pertama, biaya yang dipukul rata (satu tarif). Ini artinya pengendara yang menempuh jarak dekat akan bayar tol dengan tarif yang sama seperti yang menempuh jarak terjauh.

Kelemahan kedua adalah, sistem terbuka memerlukan biaya besar untuk membangun dan pemeliharaan infrastrukturnya. 

Baca juga: Hati-hati Modus Penipuan Aplikasi Surat Tilang Melalui WhatsApp, Jangan Salah Bayar

Kekurangan lainnya, sistem ini rawan kecelakaan. Pasalnya setiap kendaraan yang masuk dan tidak mengantri di gerbang tol umumnya melaju dalam kecepatan tinggi. Ini dapat meningkatkan risiko dan bahaya bagi kendaraan lain di sekitar pintu tol tersebut.

Sudah diterapkan di mana?

jalan tol

Berikut beberapa ruas jalan tol yang sudah menerapkan sistem terbuka. Catat yuk, agar bisa dipilih saat musim mudik Lebaran 2023 nanti.

  • Jakarta – Cikampek. Beberapa ruas di sini menerapkan sistem terbuka, misalnya dari Gerbang Tol Karawang Barat ke Karawang Timur berlaku satu tarif meski jaraknya dekat.
  • Ruas Tol Layang MBZ seluruhnya sudah menggunakan sistem terbuka.
  • JORR II yang terdiri dari ruas Tol JORR Selatan, JORR Barat, JORR Timur, dan JORR Utara.
  • Ruas Tol Padalarang-Cileunyi, terdapat tiga gerbang tol yang menerapkan sistem terbuka yaitu Gerbang Tol Sadang, Pasteur, dan Cileunyi.
  • Jalan Tol Surabaya-Gempol telah seluruh ruasnya menerapkan sistem terbuka.
  • Medan-Binjai-Tebing Tinggi, pada Gerbang Tol Simpang Tebing Tinggi menerapkan sistem terbuka.

Baca juga: Polri Akan Berencana Kembangkan STNK Elektronik, Bagaimana Sistemnya

Selain itu, ruas terbaru yang baru menerapkan sistem terbuka adalah di Tol Desari (Depok-Antasari) per tanggal 18 Maret 2023. Hal ini untuk mengurangi macet di tol yang sering terjadi pada Gerbang Tol Cilandak Utama.

Jalan tol ini terhubung dengan jalan lingkar luar (JORR), serta menjadi akses bagi pengguna kendaraan dari arah Depok, Tangerang Selatan yang ingin menuju Jakarta.

Tips mudik via jalan tol

jalan tol

Agar perjalanan mudik Lebaran 2023 lancar dan menyenangkan, lakukan beberapa tips berikut ini yuk!

Baca juga: Toyota Yaris Facelift Dikenalkan di Thailand, Bagaimana Spesifikasi dan fiturnya?

  • Siapkan saldo uang elektronik yang cukup. Sebaiknya menyiapkan lebih dari 1 kartu berisi uang elektronik sebagai cadangan jika diperlukan di perjalanan.
  • Pilih rute alternatif secara cermat. Misalnya jika ingin mudik lewat jalan lingkar luar menuju ke Tol Cikampek siapkan rute alternatif jika macet parah.
  • Cukup istirahat sebelum berkendara. Pastikan tidur 7 jam dan jangan mengemudi jika badan kurang fit atau sedang sakit.
  • Cek kondisi ban dan tekanan angin, fungsi lampu-lampu, freon AC, air radiator, minyak rem, hingga perlengkapan darurat seperti dongkrak, ban cadangan, dan kotak P3K.
  • Membawa obat-obatan pribadi, kelengkapan surat kendaraan, serta uang tunai secukupnya. 
  • Berkendara secara bijak dan utamakan sikap defensive driving agar terhindar dari risiko yang dapat mengganggu perjalanan.

Selamat mempersiapkan perjalanan mudik Lebaran 2023. Catat dan ingat rute sistem terbuka agar dapat menjadi alternatif saat ruas pilihan utama mengalami kemacetan parah.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi
Supergraphic left
Supergraphic right

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.