Search Cars

Tips & Rekomendasi

Pilihan Gerbang Tol Terdekat ke Bandung dari Jakarta

Catat yuk, berikut daftar gerbang tol menuju Bandung dari arah Jakarta. Mana yang terdekat dan berapa tarifnya untuk Golongan I?

gerbang tol

Saat bepergian ke Bandung tentu kamu akan melewati gerbang tol sebagai pintu keluar terdekat ke arah Kota Kembang. Sudah tahu pintu tol mana yang paling efisien dan berapa tarifnya?

Sebagai informasi, jalan tol yang menghubungkan rute menuju kota Bandung dari arah Jakarta adalah Tol Cipularang. Namanya berupa akronim dari Cikampek, Purwakarta, dan Cipularang.

Ruas ini menghubungkan jalan Tol Cikampek di Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta dan Kecamatan Padalarang di Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang KM 92, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Jalan tol Cipularang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Juli 2005 dan memiliki panjang ruas 54 kilometer. Jalan tol ini disebut rawan kecelakaan karena kondisi demografis berupa tanjakan dan turunan yang panjang.

Yuk, simak daftar gerbang tol terdekat ke Bandung dari Jakarta. Catat juga daftar rest area Tol Cipularang agar memudahkan saat bepergian ke sana. 

Akses Jakarta-Bandung

tol jakarta bandung

Untuk menuju ke Kota Bandung dari Jakarta, kamu dapat menempuh rute Tol Dalam Kota menuju Tol Cikampek. Rute lainnya juga bisa ditempuh dari Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju Jalan Layang MBZ (Mohamed Bin Zayed).

Baca juga: Berlaku Tahun Ini, Bagaimana Aturan dan Cara Bayar Tol Nirsentuh?

Jalan Layang MBZ sebelumnya bernama Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek. Ruas jalan ini membentang sejauh 36,84 kilometer, dimulai dari KM 9 sampai KM 48 di atas jalan utama Tol Cikampek. 

Jalan Layang MBZ diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Desember 2019. Diberi nama sebagai bentuk terima kasih pemerintah Indonesia terhadap pemerintah Uni Emirat Arab yang menamai salah satu jalan di Abu Dhabi dengan nama Joko Widodo.

Saat ini pemerintah sedang mengerjakan alternatif rute dengan membangun ruas Jakarta-Cikampek II atau disingkat Japek II. Ruas ini diharap dapat mencairkan kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek utamanya saat musim mudik Lebaran dan Nataru.

Baca juga: Rest Area Tol Trans Jawa dan Fasilitasnya saat Arus mudik Lebaran 2022

Jika kamu yang berencana healing ke Kota Bandung, pilihan keluar ada di 5 gerbang tol. Silakan dipilih mana yang paling dekat dengan lokasi tujuan wisatamu. Berikut daftarnya.

Gerbang Tol Pasteur

gerbang tol pasteur bandung

Pintu keluar ini adalah gerbang keluar utama ke arah Bandung yang terletak di Jalan Tol Padaleunyi (Padalarang-Cileunyi). Lokasinya ada di Tol Padaleunyi KM 127A atau ruas Pasteur KM 1+00.

Dari lokasi ini kamu dapat menuju ke beberapa tempat seperti RS Hasan Sadikin, Kebun Binatang Bandung, Gedung Sate, Balai Kota Bandung, Stasiun Bandung, Kawasan Wisata Lembang, kampus UPI, ITB, Unpas, Universitas Maranatha, dan Unisba.

Gerbang Tol Pasir Koja

Lokasi gerbang tol Pasir Koja berada di KM 134 pada Jalan Tol Padaleunyi. Aksesnya dekat dengan beberapa tempat di Bandung seperti Pasar Induk Caringin, Sentra Tahu Cibuntu, Terminal Leuwi Panjang, RS Rajawali, hingga Mall Festival City Link.

Gerbang Tol Kopo

Jika kamu berniat menuju Sentra Sepatu Cibaduyut, Sentra Kain Cigondewah, Terminal Leuwi Panjang, Pasar Induk Caringin, RS Immanuel, RS Santosa Kopo, atau Miko Mall maka dapat memilih keluar di sini.

Gerbang Tol Mohammad Toha

gerbang tol

Lokasi keluar berikutnya ada di KM 138 Tol Padaleunyi, yaitu Gerbang Tol Mohammad Toha. Dari lokasi ini kamu dapat menuju kawasan Pasar Kembar, Museum Sri Baduga, Pasar Baru, Stasiun Bandung, Pendopo Kota Bandung, Alun-alun Bandung, dan RS Sartika Asih.

Gerbang Tol Buah Batu

Akses keluar ini membawa kamu menuju lokasi Pasar Kordon, Hotel Horison, Trans Studio Mall, Sentra Rajut Binong Jati, ISBI Bandung, Toko Buku Toga Mas Buah Batu, Stasiun Kiara Condong, Kiara Artha Park, Polda Jabar, RS Al-Islam, dan Trans Luxury Hotel.  

Tarif Tol Jakarta Bandung 

tarif tol trans jawa

Berikut tarif tol Jakarta Bandung terbaru untuk kendaraan Golongan I meliputi jenis sedan, jip, pick up, bus dan truk kecil. Rute perjalanan dari Jakarta dan keluar di gerbang tol:

Baca juga: Jarak Tempuh Mobil Listrik di Indonesia, Siapa Paling Hemat dan Jauh?

  • Pasteur Rp66.000
  • Pasir Koja Rp67.000
  • Kopo   Rp67.500
  • Moh. Toha Rp67.500
  • Buah Batu Rp68.500

Rest area Tol Cipularang 

rest area tol

Jangan lupa untuk memanfaatkan waktu beristirahat di rest area sepanjang tol menuju ke Bandung. Idealnya, tubuh perlu beristirahat usai berkendara selama 3 jam. Jadi dalam perjalanan ke Bandung setidaknya dibutuhkan satu kali istirahat di rest area.

Berikut daftar rest area di jalan tol arah ke Bandung yang diletakkan di titik strategis, seperti pada KM 32, KM 52, KM 42, dan KM 72. 

Baca juga: Pemerintah Berencana Menaikkan Pajak LCGC 5%, Mending Beli Sekarang Yuk

Untuk arah sebaliknya ke Jakarta, beberapa tempat istirahat yang dapat dikunjungi oleh pengemudi adalah di lokas KM 125, KM 72B, KM 88B, KM 97.

Selamat berlibur ya. Jangan lupa isi saldo uang elektronik secara cukup untuk membayar tarif tol Jakarta Bandung.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.