Tips & Rekomendasi

Jarak Tempuh Mobil Listrik di Indonesia, Siapa Paling Hemat dan Jauh?

Kapasitas baterai memegang peranan pada kemampuan jarak tempuh mobil listrik. Kendaraan mana yang mampu melaju paling jauh?

jarak tempuh mobil listrik

Jarak tempuh mobil listrik menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan konsumen sebelum membeli unitnya. Semakin jauh tentu pemiliknya akan semakin jarang melakukan pengisian daya sehingga dapat lebih irit biaya operasional.

Untuk diketahui, tarif pengisian daya mobil listrik di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) berkisar Rp2.466 per kWh. Jadi bila mobil listrik berkapasitas baterai 40 kWh maka untuk pengisian penuh membutuhkan biaya sejumlah Rp98.640. 

Beberapa mobil listrik yang diklaim memiliki jarak tempuh diatas 200 kilometer sebut saja Toyota bZ4X, Lexus UX 300e, MINI Electric, BMW iX, dan BMW i4.

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Drop, Apa yang Harus Dilakukan?

Penasaran dengan jarak tempuh mobil listrik murni (BEV) yang beredar di Indonesia? Merek mobil listrik apa yang paling hemat pengoperasiannya?

Kapasitas baterai mobil listrik

edukasi toyota bZ4X

Seperti disebutkan di atas, menghitung biaya operasional mobil listrik dapat dilihat dari kapasitas baterainya untuk kemudian dikalikan dengan biaya pengisian daya di SPKLU sejumlah Rp2.466 per kWh. 

Sebagai contoh, Toyota bZ4X dibekali baterai sebesar 71,4 kWh. Sehingga untuk pengisian penuh baterainya akan membutuhkan biaya Rp176.072. Kemudian mobil Lexus UX 300e dibekali baterai 54,3 kWh, sekali isi penuh menghabiskan Rp133.903. 

Baca juga: Ganti Baterai Mobil Listrik Apakah Mengubah Data di STNK?

Beralih ke mobil premium MINI Electric yang dibekali baterai sebesar 32,6 kWh, sekali diisi penuh membutuhkan biaya Rp80.391. Sementara mobil SAV premium BMW iX dengan baterai 76,6 kWh menghabiskan Rp188.895 sekali isi penuh.

Mobil listrik lainnya seperti BMW i4 yang dibekali kapasitas baterai sebesar 80,7 kWh akan menghabiskan biaya sebanyak Rp199.006. Hal ini sangat efisien untuk ukuran mobil berteknologi canggih dan ramah lingkungan.

Jarak tempuh mobil listrik

BMW iX

Untuk menghitung jarak tempuh mobil listrik dapat dilihat dari kapasitas baterai yang menjadi sumber utama tenaganya.

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Mobil Listrik Lebih Mahal

Misalnya, Toyota bZ4X, yang mampu menempuh jarak sejauh 500 kilometer saat baterai 71,4 kWh miliknya sudah terisi penuh. Sementara mobil Lexus UX 300e dapat menempuh jarak sejauh 300 kilometer saat baterai 54,3 kWh miliknya terisi penuh.

Mobil mungil premium MINI Electric, mampu melaju sejauh 232 kilometer sekali pengisian penuh. Untuk BMW iX dan BMW i4, jarak tempuhnya mencapai 425 kilometer dan 590 kilometer. 

Jika dibuat dalam tabel, maka daftar jarak tempuh mobil listrik paling jauh dan biaya yang dikeluarkan untuk mencapainya adalah sebagai berikut:

NoMobil listrikJarak tempuh Biaya isi baterai
1BMW i4 590 kilometerRp199.006
2Toyota bZ4X500 kilometerRp176.072
3BMW iX425 kilometerRp188.895
4Lexus UX 300e300 kilometerRp133.903
5MINI Elcetric232 kilometerRp80.391

Mobil hybrid

cara kerja mesin hybrid

Selain mobil-mobil listrik, di Indonesia juga banyak beredar mobil hybrid seperti Toyota New Alphard, Toyota All New C-HR, Toyota All New Camry, Toyota All New Corolla Cross, Toyota All New Kijang Innova Zenix dan Toyota All New Corolla Altis

Baca juga: Fakta Ban Mobil Listrik, Benarkah Teknologinya Berbeda?

Untuk cara kerja mesin mobil hybrid tentunya akan berbeda dari mobil konvensional ataupun mobil listrik murni (BEV). Pada mesin jenis hybrid ini menggunakan tenaga dari motor listrik dan bensin atau gabungan dari mobil konvensional dan listrik murni. 

Keuntungan dari mobil listrik ini antara lain memiliki efisiensi BBM yang irit, perpindahan gigi dan akselerasi mobil meningkat, getaran mesin lebih halus dan tentunya mobil hybrid lebih ramah lingkungan. 

Deretan mobil hybrid dan mobil listrik di atas dapat kamu beli di SEVA. Manfaatkan fitur Loan Calculator agar mendapatkan perhitungan kredit paling terjangkau. Tersedia juga Instant Approval untuk mendapatkan persetujuan kredit paling cepat dalam hitungan menit.

Yuk, beli mobil ramah lingkungan dengan proses #JelasDariAwal cuma di SEVA.

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi