Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jangan Panik! Ini 4 Cara Melacak Mobil Hilang dengan Mudah

Waspada kejadian mobil hilang! Jika terjadi, ikuti cara mudah melacak keberadaannya dengan cepat dan akurat. Benarkah efektif?

mobil hilang

Kejadian mobil hilang akibat aksi curanmor (pencurian kendaraan bermotor) tentu bukan hal yang menyenangkan. Apalagi jika itu adalah mobil kesayangan yang dibeli dengan cara menabung dalam waktu yang lama. 

Untuk mencegah risiko mobil hilang, memang sebaiknya pemilik menggunakan kunci pengaman dan alarm. Selain itu dapat juga mengasuransikan kendaraan kesayangan agar saat terjadi kehilangan tidak mengalami kerugian besar. 

Jika kamu mengalami kejadian mobil hilang akibat curanmor, jangan langsung gusar dan panik. Ikuti cara melacak keberadaan mobil yang raib dicuri maling dengan mengikuti cara berikut.

Mobil hilang segera lapor polisi

mobil hilang

Hal pertama yang harus dilakukan jika menjadi korban curanmor adalah melaporkan kepada pihak berwajib. Kamu akan diarahkan membuat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dan kronologi kejadian di kantor kepolisian terdekat.

Baca juga: Mengenal Ragam Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Sertakan juga nomor polisi, nomor rangka dan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB sebagai barang bukti. Pihak berwajib akan mencatat data-data tersebut dan meneruskannya ke seluruh polsek sebagai laporan.

Saat mobil hilang terdeteksi berada di suatu tempat, misalnya terkena razia atau operasi lalu lintas, maka informasinya akan mudah diketahui.

Lacak mobil hilang dari pelat nomor

sejarah pelat nomor

Cara berikutnya adalah melacak keberadaan mobil hilang melalui pelat nomor kendaraan. Bagikan foto atau nomor pelat tersebut kepada komunitas-komunitas kendaraan, beserta kronologi singkat kejadian. 

Baca juga: Catat, Inilah Kode Pelat Nomor Seluruh Indonesia

Kamu juga dapat menyebarkan pelat nomor kendaraan melalui media sosial dan membagikannya di akun-akun komunitas kendaraan dan akun informasi wilayah tertentu seperti misalnya @info_bekasi, @Tangselterkini, @infobintaro dan lain-lain.   

Idealnya, pelacakan mobil hilang dengan pelat nomor kendaraan akan efektif jika penerapan kamera tilang elektronik sudah merata di semua wilayah Indonesia. Dengan demikian setiap pergerakan kendaraan yang hilang dapat terekam kamera pengawas.

Gunakan alat pelacak

mobil hilang

Memasang alat pelacak pada mobil akan sangat membantu saat terjadi kejadian mobil hilang. Alat ini bisa diletakkan di bawah jok, di belakang dasbor atau tempat-tempat tersembunyi lain seperti di belakang jok penumpang, bagasi dan lain-lain.

Baca juga: Pilihan Mobil MPV Rp300 Juta yang Mejeng di IIMS 2023

Sistem kerja alat ini akan memancarkan sinyal tertentu yang dapat dideteksi melalui receiver atau aplikasi tertentu di smartphone.

Harga alat pelacak mobil di toko online seperti Tokopedia cukup terjangkau, mulai Rp450 ribuan sampai Rp2 jutaan. Mengingat pentingnya alat ini maka tidak ada salahnya memasang pada kendaraan sebagai langkah antisipasi dan memudahkan pelacakan.

Pentingnya memakai GPS

mobil hilang lacak GPS

Untuk melacak mobil secara akurat dapat juga menggunakan alat GPS (Global Positioning System). Alat ini merupakan sistem navigasi berdasarkan satelit, yang didesain untuk menyediakan informasi mengenai posisi mobil secara cepat dan tepat.

Baca juga: Mobil Listrik Teknologi Terbaru yang Dipamerkan di IIMS 2023

Alat GPS pada mobil biasanya bekerja dengan menggunakan tenaga aki. Namun saat mesin kendaraan mati, alat ini memiliki baterai cadangan yang berfungsi sebagai sumber tenaga.

Sebagai gambaran, harga GPS mobil dengan layar sentuh 5 inci banyak dijual di toko online seperti Tokopedia mulai kisaran harga Rp800 ribuan. Sementara untuk harga GPS mobil yang paling mahal, sekitar Rp3 jutaan. Harga belum termasuk ongkos kirim.

Lindungi mobil hilang dengan asuransi

asuransi mobil

Saat ini banyak terdapat asuransi mobil hilang yang akan mengganti kehilangan kendaraan sesuai harga pembelian. Ini tentu saja dapat membuat pemilik terhindar dari kerugian besar.

Baca juga: Keuntungan Beli Kredit Mobil Varian Tertinggi

Misal sebagai contoh, kamu memiliki Toyota All New Avanza 1.5 G CVT LUX yang dibeli tahun 2023 seharga Rp273.228.000. Dengan asuransi mobil hilang, maka jumlah itu yang akan diganti meski jika saat hilang harga unit barunya telah berubah.

Selain asuransi mobil, perlindungan mobil hilang kini semakin canggih dengan adanya fitur T Intouch di mobil-mobil Toyota. Apa yang dimaksud T Intouch?

Ini adalah teknologi telematika yang menghubungkan kamu dan kendaraanmu untuk pengalaman yang lebih aman dan nyaman. Fitur-fitur T Intouch dapat dinikmati melalui aplikasi mTOYOTA.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Singkatnya dengan T Intouch maka jika terjadi proses kehilangan, maka fitur pelacakan mobil akan lebih cepat, akurat dan mudah. Selain itu pemilik juga dapat mengetahui informasi-informasi berguna lain dari jarak jauh hanya menggunakan telepon genggamnya.

derek mobil di tol

T Intouch juga akan memberikan bantuan langsung saat kendaraan bermasalah di jalan. Dan bila kendaraan mengalami kecelakaan maka tersedia tombol SOS yang akan menghubungkan langsung dengan mobil derek atau jasa layanan darurat lainnya.

Mobil-mobil terbaru yang sudah dilengkapi fitur ini diantaranya adalah Toyota All New Veloz dan Toyota All New Avanza

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

Cek langsung spesifikasi dan harga mobilnya lewat SEVA, pastikan kamu mencicil secara terjangkau dengan fitur Loan Calculator. Lakukan pembelian dengan fitur Instant Approval agar disetujui dalam hitungan menit. Semuanya dijamin #JelasDariAwal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.