Search Cars

Tips & Rekomendasi

Beli Mobil Baru Vs Beli Mobil Bekas, Apa Saja Pertimbangannya?

Sebelum beli mobil bekas atau beli mobil baru sebaiknya dilakukan dengan menimbang beberapa hal terlebih dulu. Apa saja itu?

beli mobil

Beli mobil bekas atau beli mobil baru sebaiknya dipertimbangkan dengan matang terlebih dahulu. Jika sudah lama menabung, mungkin beli mobil baru bisa menjadi pilihan serta bisa lebih puas karena barang yang didapatkan masih dalam kondisi prima. 

Namun buat yang kondisi keuangannya cukup minim tapi butuh mobil untuk akomodasi sehari-hari bisa pilih mobil bekas. Sebelum memutuskan, sebaiknya pertimbangkan dulu apa saja kelebihan beli mobil bekas atau baru. 

Agar tidak bingung, cek beberapa kelebihan beli mobil bekas dan kelebihan mobil baru yang bisa membantu.

beli mobil

Buat yang memilih untuk beli mobil baru, tidak perlu khawatir dengan biayanya ya karena ada beberapa tips yang bisa memudahkan. Bagaimana caranya?

Beli mobil bekas atau baru usahakan menabung

Jika ingin beli mobil baru, tips yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki tabungan khusus. Setiap habis mendapat gaji bulanan, bisa langsung dipisahkan untuk tabungan mobil tersebut. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Fortuner 2022, SUV Paling Bertenaga

Kamu bisa menyisihkan 25 persen dari gaji bulanan. Sebagai contoh, buat yang memiliki penghasilan sebesar Rp4.000.000 x 25% = Rp1.000.000. 

Jika menabung dengan jumlah tersebut selama satu tahun penuh, maka akan terkumpul Rp12 juta. Tentunya cukup bukan untuk menambah bayar DP mobil impianmu?

Memisahkan tabungan

menabung beli mobil

Meskipun sudah menabung, ada baiknya sejak awal memisahkan tabungan dengan pengeluaran rutin per bulan. Hal ini dilakukan agar pengeluaran dan uang yang dikhususkan untuk menabung beli mobil tidak tercampur. 

Baca juga: Sejumlah Keuntungan Pembayaran DP Mobil Besar dan Kecil

Dengan memisahkan tabungan juga bisa membuat pengeluaran menjadi tercatat dengan baik. Pengeluaran yang tercatat dengan baik ini, bisa membuat lebih mudah untuk mengatur pengeluaran bulanannya. 

Hindari beli barang tidak penting

Agar tabungan bisa cepat terkumpul, usahakan untuk memberikan skala prioritas. Pilih mana kebutuhan yang memang harus dipenuhi dan tidak sehingga kamu dapat mengurangi membeli barang-barang yang memang tidak diperlukan. 

Kurangi kebiasan jajan

belanja

Salah satu kebiasaan yang mungkin sulit dihindari oleh banyak orang adalah kebiasaan jajan. Ketika berada di kantor, membawa bekal untuk makan siang bisa menjadi cara untuk lebih menghemat pengeluaran bulanan. 

Baca juga: 10 Cara Mencicil Kredit Mobil Baru

Kebiasaan jajan, meskipun tidak mengeluarkan uang yang besar akan tetapi jika dilakukan secara rutin tentunya akan besar juga pada akhirnya. Untuk itu, sebisa mungkin kurangi kebiasaan jajan tersebut.

Pilih tempat yang terpercaya

tempat terpercaya

Buat yang ingin membeli mobil-mobil baru dengan kondisi yang maksimal, bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Baca juga: Warna Air Radiator Mobil, Apa Sih Beda dan Fungsinya?

Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Kemudian ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.
Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.