Search Cars

Berita Utama Otomotif

Alasan Baterai Mobil Listrik Cepat Habis, Wajib untuk Diketahui

Baterai mobil listrik cepat habis dapat disebabkan beberapa faktor. Jangan sampai abai, kenali penyebab dan bagaimana merawatnya.

baterai mobil listrik

Salah satu masalah yang dijumpai dalam kendaraan elektrik adalah masalah baterai mobil listrik yang cepat habis. Hal ini lumrah, pasalnya mesin mobil listrik mengandalkan sumber tenaga utama dari komponen tersebut.

Namun, jika baterai mobil listrik cepat habis meski jarang digunakan, pemilik sebaiknya waspada. Bisa saja komponen itu alami kebocoran atau kerusakan sehingga membuat daya baterai mobil drop.

Agar lebih paham dan tidak panik saat mengalaminya, ayo kenali sejumlah penyebab hal tersebut. Apakah benar jarak tempuh mobil listrik mempengaruhi dayanya cepat habis? Berapa biaya perbaikannya jika rusak?

Penyebab baterai mobil listrik cepat habis

baterai mobil listrik drop

Berikut beberapa hal yang membuat baterai mobil listrik cepat habis. Pertama adanya kerusakan fisik pada baterai seperti kebocoran pada sel-sel baterai yang menyebabkan cairan elektrolit bocor ke luar.

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Drop, Apa yang Harus Dilakukan?

Kebocoran baterai juga dapat diakibatkan karena sering terpapar suhu panas seperti parkir di luar garasi. Hal ini dapat menyebabkan baterai menggelembung dan menekan sel-sel baterai dan berujung bocor.

Kedua, masa pakai. Seiring dengan waktu, daya baterai mobil listrik akan mengalami penuaan dan kapasitasnya akan berkurang. Pada beberapa kasus, usia baterai kadaluarsa dapat menyebabkan kebocoran cairan elektrolit.

Ketiga, cara pengisian daya baterai mobil yang tidak tepat. Misalnya, pengisian ulang yang terlalu cepat atau pengisian ulang yang terlalu lama dapat mempengaruhi kesehatan baterai. 

Baca juga: Review Fitur Daihatsu Ayla Terbaru, Ubahannya Signifikan dan Bikin Nyaman

Kesalahan lain adalah mengisi ulang baterai di charging station atau SPKLU yang tidak sesuai spesifikasinya juga bisa merusak baterai.

Keempat, terjadi kendala pada sistem manajemen baterai. Masalah teknis tersebut dapat mempengaruhi kesehatan baterai dan berujung kerusakan.

Kelima, daya baterai mobil listrik cepat habis tentu saja dipengaruhi juga dengan gaya mengemudi. Usahakan selalu berkendara dengan kecepatan stabil, hindari melaju dengan ugal-ugalan atau menginjak pedal gas terlalu dalam.

Benarkah dipengaruhi jarak tempuh mobil listrik?

baterai mobil listrik

Lalu, apakah jika cepat habis dan rusak dipengaruhi oleh jarak tempuhnya? Hal ini tidak tepat. Bagaimana penjelasannya?

Baca juga: Punya Mobil Listrik, Catat Lokasi SPKLU dari Astra Otoparts

Seperti diketahui, mesin mobil listrik menggunakan baterai sebagai tenaga penggerak utama. Kapasitasnya akan memengaruhi berapa jauh jarak tempuh mobil listrik. Biasanya sebelum kapasitasnya habis maka akan muncul indikator pengisian daya di layar MID.

Hal yang membuatnya cepat habis karena kerusakan atau kebocoran umumnya terjadi jika pengemudi sering mengabaikan indikator tersebut. Kebiasaan membiarkan baterai di bawah 40 persen dapat merusaknya.

Selain itu kebiasaan lain yang merusak baterai adalah penggunaan sistem fast charging alias pengisian daya cepat. Pengisian model tersebut tidak cocok diterapkan di semua model mesin mobil listrik.

Baca juga: Fungsi Bahu Jalan Tol, Bukan Buat Menyalip dengan Arogan

Hati-hati jika alami kerusakan. Pasalnya biaya perbaikan komponen ini cukup mahal. Biasanya harga komponen ini bisa mencapai 50% dari harga mobil. Jadi jika mobil listrik seharga Rp800 juta maka harga baterainya bisa mencapai sekitar Rp400 jutaan.

Daya jelajah terjauh

bZ4X

Agar tidak mengalami masalah baterai, sebaiknya memilih mobil dengan kapasitas yang mumpuni. Salah satu kendaraan ramah lingkungan yang memiliki kapasitas baterai besar adalah Toyota bZ4X

Mobil listrik yang turut digunakan sebagai kendaraan resmi KTT G20 Bali tahun lalu ini dibekali baterai berkapasitas 71,4 kWh yang dapat membuatnya melaju sejauh 500 kilometer sekali pengecasan penuh!

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jalan Beton Bikin Ban Jadi Cepat Botak?

Selain itu Toyota bZ4X juga dapat diisi daya di semua charging station atau SPKLU karena sudah mendukung pengisian daya cepat atau fast charging tanpa merusak kapasitas baterainya.

Tertarik memiliki mobil ramah lingkungan Toyota bZ4X? Kamu dapat melihat spesifikasi dan skema cicilannya yang terjangkau di SEVA. Tersedia fitur Loan Calculator untuk memberi perhitungan cicilan paling terjangkau.

review Toyota bZ4X

Manfaatkan fitur Instant Approval untuk mendapatkan persetujuan pembelian mobil paling cepat dalam hitungan menit. Pastikan selalu membeli mobil yang aman dan terpercaya serta hitungannya selalu #JelasDariAwal

Agar terhindar dari masalah baterai mobil listrik yang cepat habis atau alami kerusakan, perhatikan petunjuk pengisian dari pabrikan ya. Jangan lupa sesuaikan mode pengisian di charging station atau SPKLU yang tersedia.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.