Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mitos atau Fakta, Jalan Beton Bikin Ban Jadi Cepat Botak?

Jalan beton seringkali dianggap membuat ban mobil lebih cepat botak dibandingkan jalan aspal. Namun, apakah memang benar?

jalan beton

Medan jalan yang dilalui secara terus-menerus bisa memberikan dampak pada berbagai komponen mobil. Salah satunya adalah jalan beton yang dianggap lebih cepat membuat ban mobil cepat botak atau mengalami keausan. 

Ini menjadi hal yang diperhatikan karena ban merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting. Ban juga merupakan satu-satunya komponen yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan sehingga penting untuk diperhatikan. 

Apakah bisa membuat ban mobil cepat botak?

ban botak sebelah

Anggapan mengenai jalan beton membuat ban mobil cepat botak sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Secara umum, ada yang memiliki dua garis ataupun ada juga yang memiliki rain groove berbentuk lurus (straight) dan melintang (cross).

Baca juga: DIY Tambal Ban Mobil Sendiri dalam Keadaan Darurat

Pada umumnya, yang membuat ban mobil cepat botak adalah yang berbentuk melintang atau cross. Hal ini terjadi karena pada rain groove berbentuk melintang ini membuat ban mobil seakan-akan seperti diparut.  

Namun bukan berarti akan membuat ban mobil cepat botak begitu saja karena perbedaannya hanya sedikit. Ban mobil hanya akan lebih cepat mengalami keausan sedikit lebih cepat saja jika dibandingkan aspal yang lebih halus. 

Kelebihan jalan beton yang dirasakan pengguna

macet tol trans jawa

Meskipun memang bisa membuat ban mobil cepat botak, pada dasarnya bahan beton memiliki daya tahan yang lebih lama. Hal ini karena beton mampu mendistribusikan beban kendaraan secara merata sehingga tanah tidak mengalami tekanan di titik tertentu.

Baca juga: Baut Velg Mobil 4 dan 5, Apa Bedanya?

Selain itu, kelebihan jalan beton lainnya adalah bisa lebih hemat jika dibandingkan bahan aspal. Malahan, untuk kelebihan jalan beton adalah hampir tidak terdapat biaya asalkan pemasangannya sudah sesuai.

Namun jalan beton juga bisa memiliki kekurangan jalan beton jika dibandingkan jalan aspal, yaitu biaya yang lebih mahal. Biaya yang lebih mahal ini terjadi karena jika ada kerusakan di satu titik biasanya akan merambat ke bagian-bagian yang lainnya. 

Inilah yang menjadi salah satu kekurangan jalan beton karena untuk perbaikannya tidak bisa dilakukan pada satu titik saja. Kekurangan jalan beton ini membuat biaya yang harus dikeluarkan tentunya jadi berkali-kali lipat. 

Menjaga kondisi ban mobil

ban eco

Akan tetapi, terlepas dari cepat atau tidaknya ban mobil menjadi botak sebaiknya jangan lupa melakukan perawatan. Pemilik mobil sebaiknya harus rutin mengecek kondisi ban mobil dan melakukan servis jika memang dibutuhkan karena merupakan komponen yang penting. 

Baca juga: Cara Mengenal dan Mengatasi Modus Kejahatan di Jalan Raya

Untuk menjaga kondisi ban mobil sebenarnya tidaklah sulit. Apa saja yang bisa dilakukan?

  • Pastikan tekanan udara ban sesuai anjuran pabrik, kemudian cek sebelum melakukan perjalanan
  • Lakukan rotasi ban setiap 5.000 kilometer
  • Periksa kelurusan roda atau spooring dan keseimbangan roda atau balancing saat perawatan berkala
  • Cek juga kondisi suspensi kendaraan, karena juga mempengaruhi ketahanan ban

Jangan lupa juga pastikan bahwa ukuran, tipe ban, kecepatan, serta bobot muatan yang diangkut sesuai dengan rekomendasi produsen. Beberapa hal tersebut bisa menyebabkan kondisi ban mobil cepat botak juga lho ternyata. 

Untuk itu, jangan sepelekan perawatan ban mobil kesayanganmu ya. Dengan begitu, berkendara akan tetap aman dan nyaman.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.