10 Ajang Balap Otomotif Paling Bergengsi di Dunia

Ajang balap otomotif yang ada di dunia sangatlah beragam dan tentunya dengan berbagai keunikannya masing-masing. Nah, apa saja ragamnya?

ajang balap otomotif

Untuk pecinta adrenalin dan kompetisi, ajang balap otomotif menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Banyak keseruan yang ditawarkan, mulai dari kecepatan, ketangkasan, hingga siapa juara dunia selanjutnya.

Jenis kompetisinya juga beragam, serta dengan aturan yang tentunya berbeda-beda juga. Mulai dari kendaraan roda dua, bahkan roda empat memiliki balapannya masing-masing. 

Hampir sama seperti kejuaraan olahraga, ajang balap otomotif pun menjadi salah satu hal yang banyak ditunggu oleh penggemarnya.  Lalu, apa saja sih jenis-jenis ajang balap otomotif yang ada di dunia?

ajang balap otomotif
  1. Formula 1

Ajang balap otomotif satu ini tentu sudah banyak yang tahu karena memang cukup populer di masyarakat. Tidak hanya itu saja, Formula 1 juga menjadi salah satu balapan yang sering ditayangkan di televisi. 

Baca juga: Tambah 3 Provinsi Baru, Indonesia Kini Punya 37 Provinsi

Ciri khas yang cukup terlihat pada ajang balap jet darat ini adalah mobilnya yang hanya bisa dikendarai oleh satu orang saja. Tidak hanya itu saja, bentuk mobil untuk Formula 1 juga didesain agar memiliki aerodinamis yang baik untuk melaju kencang di area lintasan.

MotoGP
  1. MotoGP

Jika pada mobil ajang balap yang paling bergengsi adalah Formula 1, pada motor ajang balap yang paling bergengsi adalah MotoGP atau Motorcycle Grand Prix. 

Untuk mengikuti balapan ini, motor yang digunakan adalah jenis motor prototype, yaitu motor yang memang dibangun khusus untuk mengikuti ajang balap MotoGP.  

Baca juga: Berapa Sih Harga Aki Mobil Toyota Berdasarkan Jenisnya?

Setiap tahunnya, akan ada 18 sesi balap yang dilakukan di berbagai sirkuit kelas internasional di berbagai negara-negara. Bahkan termasuk di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Internasional Mandalika (Mandalika International Street Circuit), Lombok, Nusa Tenggara Barat.

ajang balap otomotif
  1. Formula E 

Tidak hanya kendaraan bertenaga bensin, ada juga ajang balap otomotif yang bertenaga listrik yang disebut dengan Formula E. Ajang balap ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 yang lalu. 

Dalam penyelenggaraannya, Formula E diadakan di pusat-pusat kota dunia. Hal ini bertujuan untuk mempertontonkan teknologi mobil listrik terbaru serta mempromosikan ide berkelanjutan (sustainability) pada mobil-mobil modern. 

Baca juga: BMW 530i Touring M Sport Tampil Gagah dan Elegan

Tahun 2022 ini, Indonesia juga sukses menjadi tuan rumah Formula E yang diadakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol. Tahun 2023, Indonesia berpeluang melanjutkan tradisi tersebut.

WRC
  1. World Rally Championship (WRC)

Ajang balap otomotif satu ini cukup bergengsi karena memang sudah dilakukan sejak tahun 1973. Untuk ajang WRC ini, terdapat 12 reli di dunia yang diselenggarakan di 4 benua dan 13 negara. 

Dalam ajang WRC, kemampuan pembalap serta kecanggihan teknik pada mobil harus melewati berbagai macam tantangan alam. Mulai dari trek hutan yang penuh dengan salju, pegunungan berbatu, padang luas yang panas, dan kondisi alam lainnya. 

Baca juga: Lexus LX 600 Resmi Meluncur, SUV Mewah Sekaligus Tangguh

Salah satu mobil WRC yang banyak ditemui dan legal di jalan raya adalah Toyota GR Yaris yang secara resmi hanya ada 126 unit di Indonesia. 

Dikembangkan langsung oleh Toyota Gazoo Racing, Toyota GR Yaris dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS yang dihubungkan dengan transmisi manual enam percepatan.

world superbike
  1. World Superbike (WSBK)

Ajang balap WSBK atau yang sering disebut dengan Superbike ini menjadi salah satu ajang balap motor yang cukup populer. Diadakan sejak tahun 1988 lalu, ajang WSBK ini memiliki beberapa rangkaian ronde dan setiap rondenya terdiri dari dua kali balapan. 

Baca juga: Mobil Warna Hitam, Elegan tapi Rentan, Kenapa?

Berbeda dari MotoGP yang menggunakan motor khusus, motor yang digunakan pada WSBK ini merupakan motor pabrikan yang memang ada di pasaran tetapi telah mengalami modifikasi, mulai dari kapasitas 600 cc hingga 1.000 cc.

Ajang WSBK 2022 pun berhasil digelar di Indonesia dengan menempati sirkuit kebanggaan, yaitu Sirkuit Internasional Mandalika (Mandalika International Street Circuit). Ke depannya WSBK dan MotoGP kemungkinan rutin digelar di Indonesia.

Nascar race
  1. NASCAR

Kepanjangan dari NASCAR adalah The National Association for Stock Car Racing, sebuah perusahaan yang sering melangsungkan kejuaraan balap mobil.

Baca juga: Modifikasi SUV Pakai Ban Offroad, Jangan Sembarangan Ya!

Salah satu ciri NASCAR Race adalah mobil yang digunakan merupakan mobil stock atau mobil standar keluaran pabrik yang disesuaikan dengan lintasan balap. 

Untuk balapan yang satu ini, lintasan yang digunakan adalah lintasan yang berbentuk oval dan  pembalapnya harus melewati 500 lap lintasan yang telah disediakan tersebut. 

drag race
  1. Drag race

Drag race merupakan salah satu balapan yang tertua di dunia dan aturan mainnya pun cukup sederhana. Aturannya adalah 2 mobil saling beradu di sebuah lintasan lurus dengan panjang lintasan seperempat mil. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terjangkau Rp 250 Jutaan, Dapat Apa Saja?

Pembalap yang memiliki hitungan waktu tercepat sampai garis finish adalah yang keluar sebagai pemenang. Namun dalam kenyataannya, balapan ini tidaklah semudah itu karena butuh konsentrasi dan keahlian dalam memindahkan gigi persneling mobil.

Tidak hanya mobil, kini ada juga perlombaan drag race untuk motor yang lebih seru, kencang, dan memacu adrenaline.

drag race
  1. Drifting

Berbeda dari drag race yang memiliki lintasan berbentuk lurus, untuk ajang balap drifting ini pembalap harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan mobil sambil berbelok. 

Dalam melakukan balapan, mobil dipacu dengan kecepatan yang tinggi lalu dibelokkan sampai roda belakang slip

Baca juga: Peserta GIIAS 2022 Jakarta dan Lokasi Booth-nya

Kemudian untuk mobil yang digunakan dalam drifting adalah mobil dengan penggerak roda belakang (RWD) agar bisa tergelincir. Mobil yang meliuk-liuk saat melakukan drifting inilah yang menjadi tontonan menarik bagi pecinta otomotif. 

Rally Dakar
  1. Reli Dakar

Balapan satu ini diberi nama Reli Dakar (Rally Dakar) karena para pembalap memulai balapan dari Paris, Prancis dan finish di Dakar, Senegal. Ajang ini digagas oleh Amaury Sport Organisation (ASO), yang pada tahun 1978 mengadakan lomba reli terbuka bagi pembalap amatir maupun profesional.

Reli yang diikuti oleh mobil, motor, ATV, hingga truk ini juga sering disebut sebagai ajang balapan yang paling ganas di dunia dengan waktu balapan selama 2 minggu. Dibutuhkan berbagai persiapan yang matang sebelum para pembalap memulai balapan. 

Baca juga: Tambah 3 Provinsi Baru, Indonesia Kini Punya 37 Provinsi 

Persiapan-persiapan tersebut mulai dari keterampilan fisik, ketangguhan mesin kendaraan, menggunakan alat navigasi yang canggih, setelan mesin yang sesuai, sampai kerjasama tim antara pembalap dan tim teknisi. 

endurance championship
  1. Endurance

Terakhir, ada ajang balapan endurance yang sesuai dengan namanya yaitu ketahanan. Jenis balapan endurance yang terkenal adalah 24 Hours of Le Mans dan Endurance Championship. 

Ajang ini dilakukan untuk menguji ketahanan mobil dan pembalap yang dilakukan selama 24 jam non stop, mulai dari ketahanan mesin mobil, , teknologi, strategi hingga ketahanan fisik dan mental dari pembalap sangat diuji dalam balapan ini.

Untuk para pecinta otomotif, tentu sudah tidak asing dengan balapan-balapan tersebut bukan?