Search Cars

Berita Utama Otomotif

Tambah 3 Provinsi Baru, Indonesia Kini Punya 37 Provinsi

Sekarang sudah ada 37 provinsi Indonesia yang sebelumnya ada 34 provinsi. Apa saja provinsi baru yang menjadi tambahan tersebut?

37 provinsi Indonesia

Terdapat 37 provinsi Indonesia yang baru-baru ini disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui tiga Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (RUU DOB) Papua. Pengesahan tersebut membuahkan adanya tiga provinsi tambahan di Indonesia. 

Tiga provinsi baru tersebut adalah Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. Pengesahan undang-undang ini merupakan bentuk dari komitmen pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat, terutama Orang Asli Papua (OAP).

Lalu, daerah mana saja yang masuk ke dalam tiga provinsi baru tersebut? 

37 provinsi Indonesia

Daerah-daerah pemekaran

Dari 37 provinsi Indonesia ini, Papua Selatan, akan memiliki 4 kabupaten yaitu Merauke sebagai ibu kota, dan kabupaten lainnya adalah Boven Digoel, Mappi, dan Asmat.

Baca juga: Mobil Keluarga Terjangkau Rp 250 Jutaan, Dapat Apa Saja?

Kemudian untuk Provinsi Papua Tengah, akan ada 8 kabupaten yang terdiri dari Nabire sebagai ibu kota, dan kabupaten lainnya meliputi Paniai, Mimika, Puncak Jaya, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya dan Deiyai.

Selain itu, ada juga Provinsi Papua Pegunungan yang akan memiliki 9 kabupaten di dalamnya. Meliputi Jayawijaya sebagai ibu kota, dan juga kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lani Jaya, dan Nduga.

toyota fortuner

Toyota Fortuner laris di Papua

Tentu banyak yang sudah tahu mobil Toyota Fortuner dengan berbagai kelebihannya. Ternyata, tidak hanya diminati oleh warga perkotaan tetapi mobil ini juga menjadi favorit bagi warga Papua. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Fortuner 2022, SUV Paling Bertenaga

Daerah-daerah Papua memiliki kontur jalan yang bergelombang dan tidak rata, membuat Toyota Fortuner menjadi pilihan yang cocok untuk berkendara. Jika di perkotaan mobil ini tergolong mewah, di Papua mobil ini bahkan sering dijadikan sebagai taksi angkutan umum (angkot). 

mesin fortuner

Spesifikasi mesin Fortuner

Meskipun harus melewati berbagai medan yang tidak biasa, namun spesifikasi mesin yang terdapat dalam Toyota Fortuner di Papua tidak memiliki perbedaan dari Fortuner yang ada di daerah-daerah lainnya. 

Sebagai catatan, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.795 milimeter, lebar 1.855 milimeter, tinggi 1.835 milimeter, dan ground clearance atau jarak poros roda sekitar 2.475 milimeter. Dengan ground clearance yang tinggi tersebut, Toyota Fortuner cukup nyaman untuk dipakai di berbagai medan jalan. 

Baca juga: Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid, Pilih Mana?

Ketangguhan Toyota Fortuner dengan mesin diesel yang disematkan tentu tidak perlu diragukan lagi. Terdapat 2 pilihan mesin yaitu 2,4L dan 2,7L dengan tipe mesin 4-silinder 16-katup berteknologi DOHC VNT Intercooler.

Selain itu, adanya varian roda penggerak 4×4 pada Toyota Fortuner ini juga membuat ada banyak pengusaha transportasi lokal di Papua yang memilih mobil ini sebagai kendaraan sehari-hari warga disana. 

tarif angkot

Tarif angkot Papua

Tarif angkot di Papua ini tentunya tidak akan sama dengan tarif angkot di 37 provinsi Indonesia lainnya. Mengingat medan jalan yang cukup ekstrem dan cukup jauh antara satu tempat ke tempat lainnya, tentu tarif yang dijadikan acuan juga akan berbeda. 

Baca juga: 7 Tips Menabung Beli Mobil Baru Buat First Jobber

Pada beberapa daerah di pedalaman Papua memberikan tarif hingga Rp 500 ribu untuk setiap orangnya dengan menggunakan angkot mobil Toyota Fortuner ini. Harga ini tentunya berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan angkot biasa dengan jenis mobil yang berbeda juga tentunya. 

Bahkan, jika ingin menyewa angkot Toyota Fortuner ini sampai satu hari penuh penumpang harus merogoh kocek sekitar Rp 1-3 juta. Harga tersebut akan disesuaikan dengan jarak tempuh yang akan dilalui. 

kredit toyota fortuner

Untuk perjalanan yang masih berada dalam satu kota, dikenakan tarif Rp 1 juta untuk satu hari penuh. Sedangkan untuk perjalanan yang harus melewati antar kota dikenakan tarif Rp 3 juta untuk satu hari penuh. 

Baca juga: Lexus LX 600 Resmi Meluncur, SUV Mewah Sekaligus Tangguh

Nah, buat yang ingin merasakan sensasi ketangguhan Toyota New Fortuner yang bisa menaklukan berbagai medan jalan ini bisa langsung mengunjungi SEVA. Tersedia informasi mengenai harga serta spesifikasi lengkap dari berbagai jenis mobil lainnya. 

Ada juga fitur unggulan Instant Approval yang bisa membuat pembelian mobil menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman. 

Jadi, tunggu apalagi nih Anak Kecil Aja Tau kalau beli mobil tentunya harus yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.