Search Cars

Tips & Rekomendasi

Setir Mobil Bunyi Saat Belok Sampai Mentok, Ternyata Ini Penyebabnya

Mengalami setir mobil bunyi saat harus belok sampai mentok mungkin pernah dialami pengendara. Lalu, apa yang menjadi penyebabnya?

setir mobil

Setir mobil bunyi ketika harus berbelok mungkin membuat para pemiliknya merasa khawatir. Kondisi ini terjadi tentunya bukan tanpa alasan karena ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. 

Bunyi yang ditimbulkan tersebut bisa menjadi penanda bahwa ada bagian atau komponen yang mengalami kerusakan. Untuk itu, bagi para pemilik mobil sebaiknya memerhatikan apakah ada bunyi yang tidak biasa pada setir mobil. 

Kira-kira apa saja ya penyebabnya? 

Bearing pada setir mobil mulai kendor

bearing setir mobil

Bearing atau bisa disebut juga sebagai bantalan menjadi salah satu komponen penting pada steering wheel . Fungsinya sebagai pelapis antara komponen yang bergerak dengan komponen yang diam sehingga tidak terjadi gesekan yang berlebihan sehingga bunyinya bisa diredam.

Baca juga: Pengertian Sparepart Mobil Fast Moving dan Slow Moving

Jika bearing setir mobil mulai kendor atau bahkan rusak, nantinya akan muncul suara atau bunyi kasar saat berbelok. Kondisi ini terjadi karena tidak ada lagi lapisan atau bantalan yang mengganjal pergesekan antara besi.

CV Joint mengalami masalah

cv joint

Singkatan dari CV Joint adalah constant velocity joint yang merupakan komponen untuk membelokan setir mobil. Fungsinya agar ketinggian setir bisa disesuaikan dengan kenyamanan pengemudi dan putaran setir masih bisa disalurkan ke roda dengan baik. 

CV Joint yang bermasalah, misalnya bergoyang bisa menyebabkan getaran berlebih ketika setir dibelokkan. Untuk mengetesnya, pemilik mobil bisa menggoyangkan bagian poros setir yang umumnya terletak di bawah dashboard dekat lantai kabin. 

Baca juga: Sering Telat Ganti Kampas Rem Mobil, Apa Efeknya?

Jika goyangan cukup terasa, maka CV Join mengalami masalah dan sebaiknya langsung dilakukan penggantian. Akan tetapi, jika hanya goyang sedikit maka kemungkinan hanya perlu diberikan pelumas. 

Komponen pada tie rod setir mobil rusak

tie rod

Penyebab setir mobil bunyi lainnya adalah karena adanya kerusakan pada komponen tie rod. Salah satunya adalah pada bagian boot tie rod yang berguna untuk melindungi ball joint pada lengan setir dari debu dan kotoran serta mencegah pelumas agar tidak bocor. 

Jika boot tie rod mengalami kerusakan, tentunya pelumas akan mengalami kebocoran. Hal ini nantinya dapat memicu gesekan pada ball joint ketika setir dibelokkan dan pada akhirnya steering wheel mobil menimbulkan bunyi. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

Steering wheel mobil yang bunyi bisa juga disebabkan karena tie rod itu sendiri. Untuk melakukan pengecekan, bisa menggoyangkan lengan tie rod, jika terasa ringan maka itu pertanda tie rod rusak. 

Komponen power steering mengalami kerusakan

oli power steering

Setir mobil yang bunyi juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada power steering, terutama pada bagian pompanya. Komponen power steering yang mengalami kerusakan ini cukup mudah ditemukan. 

Untuk mengeceknya pengemudi hanya butuh merasakan apakah setir terasa berat atau tidak ketika berbelok. Jika terasa berat, bisa menjadi pertanda adanya kerusakan pada komponen power steering yang pada umumnya adalah karena kekurangan oli. 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Penyebab lainnya adalah karena pompa yang mengalami kerusakan. Mengecek pompa ini tidak bisa dilakukan sendiri, butuh 2 orang yaitu satu orang untuk membelokkan kemudi mobil dan satu orang lagi untuk mengecek pompa yang terletak di dekat mesin. 

Jadi, ketika mobil mengeluarkan bunyi asing ketika sedang berbelok sebaiknya langsung melakukan pengecekan ya. Agar hal ini tidak terjadi, pastinya harus rutin melakukan perawatan di bengkel resmi dan terpercaya agar mobil kesayanganmu bisa tetap awet.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.