Search Cars

Tips & Rekomendasi

Efek Fuel Pump Mobil Rusak Bagi Kinerja Mesin

Komponen fuel pump mobil rusak akan memengaruhi performa mobil secara keseluruhan. Kenali gejala dan apa saja yang terdampak?

fuel pump mobil rusak

Jangan sepelekan fuel pump mobil rusak atau mengalami gangguan. Mendiamkan gejalanya bisa membawa kondisi lebih parah dan memengaruhi kenyamanan serta keselamatan berkendara. 

Ciri utama fuel pump mobil rusak bisa diketahui dari beberapa hal. Salah satunya kendaraan susah distarter. Ini disebabkan aliran bensin yang didistribusikan ke ruang bakar tidak lancar dan kaibatkan proses pembakaran mesin terhambat.

Gejala fuel pump mobil rusak

fuel pump mobil

Hal lain yang menjadi ciri dari kerusakan komponen ini adalah menyalanya lampu indikator  check engine pada speedometer.

Baca juga: Rest Area Tol Trans Jawa Buat Istirahat Mudik Nataru, Catat Ya!

Gejala kedua yang menandakan kerusakan adalah saat menginjak pedal gas akan terasa kosong atau kurang tenaga. Ini disebabkan suplai bahan bakar ke ruang bakar terhambat sehingga pembakaran tidak sempurna.

Timbul bunyi mendengung saat mesin mobil menyala juga bisa jadi tanda adanya kerusakan pada komponen ini. 

Ciri berikutnya adalah saat mobil berhenti dalam waktu lama, maka akan terasa sulit ketika akan dihidupkan. Hal ini disebabkan oleh bahan bakar yang harusnya sudah siap, tapi tidak tersedia di fuel line.

Efek yang ditimbulkan

aki mobil

Membiarkan kondisi fuel pump mobil rusak membawa dampak kepada spare part lainnya. Apa saja efek yang bisa terjadi akibat hal ini?

Baca juga: Masih Banyak Digunakan, Apa Kekurangan dan Kelebihan Velg Kaleng?

  1. Mobil kehilangan tenaga saat digas. Ini terjadi karena kurangnya pasokan bahan bakar ke ruang bakar. 
  2. Terjadi gangguan knocking pada mesin atau sering disebut dengan istilah mesin ngelitik.
  3. Kerak pada ruang bakar, terjadi karena adanya proses pembakaran yang tidak optimal.
  4. Suara mobil kasar. Hal ini disebabkan oleh kinerja mobil yang timpang sehingga menimbulkan suara berisik.
  5. Aki soak. Karena kinerja mesin terganggu dapat membawa efek pada aki mobil yang tidak terisi penuh, dan berujung pada pendeknya usia pakai.
  6. Busi cepat mati. Karena proses pembakaran tidak sempurna, membuat usia pakai komponen busi cepat habis. Cirinya pada kutub busi menghitam dan dipenuhi kerak.
  7. Tentu saja, karena kinerja mesin tidak optimal akan memengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan alias mesin jadi boros.
  8. Fuel pump mobil rusak juga dapat membawa gangguan pada sistem pembuangan khususnya pada catalytic converter. Efek buruknya gas buang mobil akan mencemari lingkungan.

Baca juga: Mobil Tujuh Penumpang dengan Kabin Paling Nyaman untuk Keluarga

Sejumlah hal tersebut jika didiamkan akan membuat kerusakan makin parah dan risiko terburuknya mobil harus masuk bengkel untuk servis besar.

Padahal harga komponen fuel pump mobil tidaklah mahal. Daripada harus merogoh kocek dalam akibat membiarkan fuel pump mobil rusak, segera ganti saja saat merasakan gejalanya.

Harga fuel pump mobil

inflasi

Sebagai gambaran, harga komponen ini di toko online beragam, tergantung merek kendaraan. Misalnya untuk mobil keluaran Toyota, harga fuel pump Avanza dijual Rp580 ribuan.  

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Harga fuel pump Avanza ini tidak berbeda dengan harga untuk Daihatsu All New Xenia. Mengingat kedua mobil memiliki komponen yang sama baik secara bentuk dan fungsinya.

Harga untuk merek Toyota New Agya dan Daihatsu New Ayla juga sama, sekitar Rp180 ribuan. Sedangkan untuk Toyota New Calya dan Daihatsu Sigra berkisar Rp200 ribuan.

Namun untuk mendapatkan kualitas onderdil terbaik, sebaiknya kamu memastikan harga fuel pump Avanza ini pada bengkel resmi. Ingat ya, selalu periksa dan rawat kondisi fuel pump mobil apalagi saat menemui masalah.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.