Search Cars

Tips & Rekomendasi

Rekomendasi Mobil Kecil yang Pas Buat Ngabuburit dan Nyari Takjil

Ngabuburit makin asyik dengan deretan mobil kecil yang lincah, irit bensin, dan nyaman dipakai di segala medan. Apa rekomendasinya?

ngabuburit

Bulan puasa identik dengan ngabuburit. Ini adalah kegiatan menunggu waktu azan Maghrib sambil mencari takjil atau menu buka puasa. Namun, kegiatan ini juga bisa diisi dengan berkeliling kota naik kendaraan atau mengunjungi tempat-tempat favorit.

Menjelang waktu berbuka maka jalanan biasanya akan macet. Selain dipenuhi oleh pedagang dadakan yang menjual aneka takjil, juga karena volume kendaraan meningkat untuk menghabiskan waktu ngabuburit. 

Nah agar nyaman saat di jalan, mobil kecil yang lincah dan serbaguna cocok menemani aktivitas tersebut. Simak yuk rekomendasi kendaraannya yang bisa menambah seru kegiatan berburu menu buka puasa.

Rekomendasi mobil kecil 

toyota new yaris

Beberapa mobil kecil yang SEVA rekomendasikan antara lain Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Toyota Raize, Daihatsu Rocky serta Toyota New Yaris dan Daihatsu New Sirion. Apa saja keunggulannya?

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

toyota all new agya teman ngabuburit

Mobil jenis LCGC dengan kapasitas 5 penumpang Toyota Agya dan Daihatsu Ayla cocok menemani acara berburu takjil. Meski berdimensi kompak, namun ruang kabinnya cukup lega berkat jarak sumbu roda 2.450 milimeter. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Selain itu kedua mobil ini dibekali mesin berteknologi ramah lingkungan dan dijamin irit konsumsi BBM. Konsumsi bensin dalam kotanya rata-rata mencapai 14 kilometer per liter untuk mesin 1.000 cc dan 13 kilometer per liter untuk mesin 1.200 cc.

Di dalam kabinnya tersedia cup holder di bagian door trim, serta di bagian konsol tengah dekat persneling. Cocok untuk meletakkan aneka minuman pelepas dahaga saat berbuka puasa tiba.

Jok belakang Agya telah tersemat ISOFIX, sehingga berburu takjil bersama anak-anak balita terasa nyaman dan lebih aman. Satu lagi yang tidak kalah penting, bagasi mobil ini cukup luas di kelasnya membuat leluasa saat dimuati aneka menu buka puasa nan lezat.

ngabuburit

Ingin memiliki mobil mungil ini? Harga Toyota Agya dan Daihatsu Ayla terbaru resmi diumumkan di GJAW 2023 (Gaikindo Jakarta Auto Week 2023) yang berlangsung pada 10-19 Maret 2023 di JCC Senayan. Berikut harga kedua mobil tersebut selengkapnya.

All New Toyota Agya Harga
1.2 E M/T Rp167.900.000
1.2 G M/TRp175.400.000
1.2 G CVTRp191.400.000
1.2 GR-S M/T One ToneRp237.500.000
1.2 GR-S CVT One ToneRp253.500.000
1.2 GR-S M/T Two ToneRp240.000.000
1.2 GR-S CVT Two ToneRp256.000.000
All New Daihatsu AylaHarga
1.0 M MTRp134.000.000
1.0 X MTRp146.900.000
1.0 X CVTRp166.900.000
1.0 X ADS MTRp152.800.000
1.0 X ADS CVTRp172.800.000
1.2 R MTRp164.000.000
1.2 R CVTRp184.000.000
1.2 R ADS MTRp169.900.000
1.2 R ADS CVTRp189.900.000

Ngabuburit dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Penjualan Daihatsu Sigra

Mobil kecil berikutnya adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. LCGC ini mampu membawa 7 penumpang, membuat acara ngabuburit bareng seluruh keluarga terasa makin asyik dan menyenangkan.

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra punya ground clearance alias jarak tinggi ke tanah yang mumpuni, yaitu 180 milimeter. Ini membuatnya nyaman saat dipakai ngabuburit melintasi kondisi jalan berlubang, tidak rata atau blusukan berburu takjil di pinggiran kota.

Baca juga: Melewati Jalan Berlubang, Bagaimana Tips Agar Tetap Aman?

Tidak usah khawatir kehabisan bensin, kedua mobil ini dikenal irit dan dibekali tangki BBM sebesar 36 liter. Konsumsi bensin di dalam kota sejauh 14 kilometer dan di luar kota mencapai 17 kilometer per liter. Benar-benar irit dan dapat diandalkan. 

Harga Toyota Calya varian terendah untuk wilayah DKI Jakarta dijual Rp161 jutaan, sedangkan varian tertinggi harganya Rp191 jutaan. Daihatsu Sigra terendah harganya Rp133 jutaan sementara yang tertinggi harganya Rp180 jutaan.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky teman asik ngabuburit

Toyota Raize

Buat kamu yang gemar ngabuburit menikmati pemandangan alam pegunungan, memandang sunset di tepi pantai, cocok ditemani oleh Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kedua mobil ini dibekali ground clearance 200 milimeter yang ideal lewati segala medan.

Baca juga: Mesin Turbo Sebaiknya Tidak Digeber Sebelum Dimatikan, Kenapa ya?

Baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky juga tersedia dalam pilihan mesin turbo. Tenaga yang dihasilkan mencapai 98 daya kuda dan torsi puncak 140 Nm. Untuk urusan konsumsi bensin, mesin ini dikawinkan dengan transmisi CVT yang efisien membakar BBM.

Untuk jarak luar kota, kedua mobil ini mampu mencatat 16 kilometer per liter BBM. Sedangkan dalam jalanan Ibukota konsumsinya menjadi 13,8 kilometer per liter bahan bakar.

Bagasinya termasuk lega dengan kapasitas tampung sampai 360 liter. Jumlah itu akan lebih lapang lagi jika kursi penumpang dilipat dengan konfigurasi 60:40. Selain itu tersedia kotak-kotak penyimpanan di bawah lantai bagasinya.

Baca juga: Cicilan Mobil Rp 5 Jutaan Per Bulan, Apa Pilihannya?

Toyota Raize varian terendah dijual OTR DKI Jakarta seharga Rp232 jutaan. Sedangkan varian teratasnya dihargai Rp305 jutaan. Untuk mobil Daihatsu Rocky varian terendah, harganya Rp208 jutaan dan tertinggi Rp276 jutaan.

Ngabuburit naik hatchback

toyota new yaris

Deretan mobil kecil lain yang cocok menemani ngabuburit adalah mobil tipe hatchback seperti Toyota New Yaris dan Daihatsu New Sirion. Keduanya cocok bermanuver di jalanan sempit berkat radius putar yang hanya 5,1 meter. 

Bodi kedua mobil pun cukup ideal karena dapat mengangkut 5 penumpang serta berdimensi panjang yang pas. Toyota New Yaris berdimensi panjang 4.145 milimeter sementara Daihatsu New Sirion 3.895 milimeter.

Baca juga: Bedah Fitur dan Kenyamanan Interior Toyota Raize

Selain itu Toyota New Yaris juga punya banyak cup holder di kabinnya sebagai tempat untuk meletakkan minuman takjil. Hal yang sama dimiliki juga oleh Daihatsu New Sirion yang menyematkan cup holder di keempat door trim  konsol tengah persneling dan dasbor.

Untuk konsumsi bahan bakar, Toyota New Yaris mencatat 13,4 kilometer per liter di dalam kota. Sedangkan jarak luar kota dicapai dengan torehan 17,4 kilometer per liter. Bagaimana dengan Daihatsu New Sirion?

new daihatsu sirion buat ngabuburit

Mobil ini mencatat konsumsi BBM sejauh 16,5 kilometer per liter di jalanan dalam kota dan mencapai 19 kilometer per liter BBM di jarak luar kota. Tertarik memiliki deretan mobil kecil yang nyaman dan hemat buat menemani aktivitas ngabuburit ini?

Baca juga: 4 Keuntungan Beli Mobil Kredit, Apa Saja Ya?

Untuk harga OTR, Toyota New Yaris varian terendah dijual Rp295 jutaan dan paling tinggi Rp325 jutaan. Sedangkan Daihatsu New Sirion varian terendah harganya Rp228 jutaan dan paling tinggi Rp238 jutaan.

Kamu dapat mengecek unit dan spesifikasi lengkapnya di SEVA. Manfaatkan fitur Loan Calculator yang akan menghitung skema cicilan sesuai kemampuan mu. Setelah itu beli unitnya dengan Instant Approval, yang memberi persetujuan pembelian kredit tercepat!

Rekomendasi mobil-mobil lainnya bisa juga kamu dapatkan dengan fitur Car Recommendation. Fitur ini akan memberikan pilihan mobil dengan harga paling terjangkau sesuai jumlah pendapatan serta usia calon pembeli. Keren kan?

Tunggu apalagi, beli mobil yang mudah, aman, serta #JelasDariAwal hanya di SEVA.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.