Search Cars

Keuangan

Tips Keuangan Buat yang Hobi Buka Puasa Bersama saat Bulan Ramadan

Mengikuti ajakan buka puasa bersama selama bulan Ramadan memang seru. Agar tidak berlebihan dan tetap hemat, ikuti tipsnya yuk!

buka puasa bersama

Menjelang bulan Ramadan tentu ajakan buka puasa bersama mulai berdatangan. Momen ini tentu menjadi hal yang seru dan ditunggu pasalnya hanya dapat dilakukan setahun sekali bersama teman, sahabat, kolega dan keluarga.

Namun tidak jarang, karena terlalu senang, terkadang kamu tidak bisa menolak ajakan buka puasa bersama tersebut. Rasa tidak enak atau takut dicap sombong mendasari pilihan itu. Akibatnya, pengeluaran keuangan di bulan Ramadan justru menjadi lebih boros dan berat.

Agar terhindar dari sikap boros saat menyambut bulan puasa 2023, simak tips keuangan jitu di bawah ini. Efektifkah diterapkan?

Jadwal buka puasa bersama

buka puasa bersama

Sebelum menerapkan tips keuangan tersebut, kenali dulu waktu-waktu tertentu yang biasanya ramai dengan ajakan jadwal buka puasa di bulan Ramadan.

Baca juga: Fasilitas Dana SEVA Bukan Pinjol, Bisa Jadi Solusi Ramadan dan Lebaran

Secara umum, ajakan atau jadwal buka puasa bersama akan dilakukan pada minggu pertama dan minggu terakhir di bulan Ramadan. Apa alasannya? 

Secara sederhana alasan di balik pemilihan waktu minggu pertama adalah rasa sukacita menyambut hadirnya bulan suci. Selain itu biasanya di waktu tersebut banyak tempat makan atau restoran yang memberikan promo buka puasa bersama.

Sedangkan pemilihan waktu di minggu terakhir bulan puasa biasanya sebagai acara penutup menjelang berakhirnya bulan suci. Waktu ini biasanya juga dipilih buat belum sempat mengikuti momen sebelumnya.

Tips keuangan buka puasa bersama

investasi modal kecil

Agar kondisi keuangan stabil dan terkontrol namun tetap bisa mengikuti ajakan buka puasa 2023, kamu dapat mengikuti tips berikut.

Baca juga: Dunia Terancam Resesi, Ini Cara Berinvestasi Bagi Pemula

  1. Tentukan budget 

Kamu dapat membuat perencanaan anggaran mengenai besaran dana. Buatlah estimasi berapa kali acara buka puasa bersama yang akan diikuti. Dengan demikian kamu dapat mengetahui jumlah dana yang diperlukan.

  1. Buat anggaran tak terduga

Hal berikutnya, menyiapkan anggaran tak terduga. Jumlahnya berkisar 10 persen dari anggaran buka bersama di poin 1. Ingat, gunakan anggaran ini hanya dalam keadaan terdesak dan sangat diperlukan ya.

  1. Patuhi rencana yang sudah dibuat

Berikutnya sebisa mungkin kamu tidak melewati jumlah anggaran yang telah dibuat dalam rencana di poin 1. Dengan demikian kondisi keuangan tidak akan terganggu dan kamu tetap dapat khusyuk menjalankan ibadah puasa 2023 tanpa pusing memikirkan hal lain.

  1. Manfaatkan promo

Agar lebih hemat, pilih tempat buka puasa bersama yang memberikan promo harga saat Ramadan 2023 tiba.

Baca juga: Marak PHK Massal, Begini Cara Menyiapkan Modal Usaha untuk Berjaga-jaga

Selain keempat tips keuangan di atas, ada satu lagi cara yang bisa kamu ikuti agar bulan Ramadan 2023 dilalui dengan memiliki penghasilan tambahan loh. Apa itu?

Teman SEVA

apa itu SEVA?

Apa itu Teman SEVA? Ini adalah sebuah program insentif yang memungkinkan kamu dapat penghasilan Rp1 juta hingga Rp2,5 juta per mobil yang berhasil dijual. Semakin banyak mobil yang kamu rekomendasikan dan jual, maka penghasilanmu juga akan semakin besar.

Untuk bisa mendaftar jadi Teman SEVA, ternyata tidak sulit dan pastinya mudah. Bagaimana caranya? 

Baca juga: Apa Saja Masalah Finansial yang Dihadapi Karyawan Kantoran?

  • Kunjung bit.ly/Daftar-TemanSEVA    ​
  • Registrasi menjadi user SEVA​
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay. Akun ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan. 

Setelah mengetahui cara ikutan serta langkah-langkah untuk mendaftar Teman SEVA jangan lupa untuk segera melakukan registrasi ya! Tentu mau dong mendapatkan uang tambahan sambil menyambut bulan puasa 2023 mendatang?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.