Search Cars

Berita Terbaru

Mudik Pakai Toyota Avanza, Full Tank BBM Sampai Mana?

Pernahkah kamu bertanya, seberapa jauh kira-kira Toyota Avanza mampu melaju dalam keadaan tangki bahan bakarnya terisi penuh?

Toyota Avanza

Siapa yang tak tahu Toyota Avanza? Salah satu mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) berjuluk ‘Mobil Sejuta Umat’ yang laris diminati konsumen dengan harga jual kembali yang cenderung stabil. 

Satu lagi, mobil ini merupakan salah satu kendaraan yang diidam-idamkan keluarga Indonesia karena terkenal efisien dalam konsumsi BBM.

Tidak heran jika acara bersilaturahmi ke sanak keluarga atau mudik naik mobil ini ke kampung halaman saat Lebaran 2023 pastinya jadi momen menyenangkan.

Baca juga: Dijamin Aman! Ini Fitur Keamanan Pada Daihatsu Ayla

Kira-kira seberapa irit konsumsi bensinnya? Dan seberapa jauh mampu melaju dalam kondisi full tank Avanza?

Mudik Lebaran 2023 naik mobil Toyota Avanza

mobil mpv terbaik

Menurut data spesifikasi, kapasitas full tank Avanza adalah sebanyak 43 liter. Dalam simulasi, mudik naik mobil Toyota Avanza dites melaju melalui rute luar kota

Berdasarkan hasil pengetesan, Toyota Avanza menghasilkan konsumsi bahan bakar 17,6 kilometer per liternya. Itu maksudnya, pada setiap 1 liter BBM, Toyota Avanza mampu melaju sejauh 17,6 kilometer.

Baca juga: Mobil Dinas Tidak Boleh Dipakai untuk Mudik, Bagaimana Aturannya?

Jadi kalau dihitung-hitung, dalam kondisi tangki penuh (43 liter x 17,6 kilometer) Toyota Avanza mampu menempuh jarak sejauh 756,8 kilometer.

Tapi ini bisa jadi lebih atau kurang, karena konsumsi bahan bakar juga sangat dipengaruhi banyak hal. Di antaranya kondisi jalan, lancar seperti di jalan tol atau macet, bobot kendaraan (penumpang dan barang bawaan), dan lain sebagainya.  

warna tren

Pada pengetesan ini, bahan bakar yang digunakan adalah BBM dengan RON 92. Sementara, jalur yang digunakan kebanyakan tanpa hambatan atau melalui jalan tol seperti Tol Trans Jawa

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Artinya, bila kamu mudik naik mobil Toyota Avanza melalui jalan tol tersebut, maka jarak sejauh 756 kilometer kurang lebih sama dengan jarak tempuh Jakarta ke Blitar, Jawa Timur.

Namun idealnya, dengan memperhitungkan kemacetan rute mudik, bagasi yang diangkut serta gaya berkendara maka jarak ideal yang dapat ditempuh saat mudik naik mobil Toyota Avanza sejauh 645 kilometer.

Jarak tersebut jika diukur melalui jalan Tol Trans Jawa maka kira-kira setara dengan jarak Jakarta ke Madiun sejauh 637,6 kilometer.

Baca juga: Makin Luas, Pelebaran Lajur Tol Jakarta Cikampek Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran

Agar efisiensi BBM tercapai, maka kamu disarankan menggunakan bensin dengan angka oktan (RON) yang sesuai. Untuk mobil Toyota All New Avanza, bensin dengan RON 92 adalah pilihan tepat. 

Apakah RON 92?

harga pertamax turbo

Bahan bakar dengan oktan RON 92 ini populer dengan nama Pertamax, Shell Super, Vivo 92 dan sebagainya. Semakin tinggi rasio kompresi mesin, maka nilai oktan pada bahan bakarnya juga perlu lebih tinggi pula. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui jenis mesin kendaraan agar bisa menyesuaikan dengan jenis bahan bakarnya. Khusus untuk Toyota Avanza, BBM dengan RON 92 ini lebih bagus dan tepat dibandingkan RON 90. 

Baca juga: Selama Musim Mudik Lebaran 2023, Tilang Elektronik Masih Tetap Berlaku

Dengan RON 92, proses pembakaran mesin kendaraan jadi lebih sempurna karena memiliki kemampuan dalam membantu membersihkan residu karbon sisa bakaran yang terjadi di dalam mesin. 

Selamat mempersiapkan perjalanan mudik Lebaran 2023. Jangan lupa untuk menyiapkan kondisi kendaraan serta isi full tank Avanza agar perjalanan lancar dan nyaman saat melintasi Tol Trans Jawa atau rute lainnya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.