Search Cars

Berita Utama Otomotif

Selama Musim Mudik Lebaran 2023, Tilang Elektronik Masih Tetap Berlaku

Musim mudik Lebaran bukan berarti tindakan pelanggaran lalu lintas mendapat keringanan. Bagaimana dengan tilang elektronik?

musim mudik lebaran

Musim mudik Lebaran 2023 sudah mulai akan terjadi dalam waktu dekat tetapi masyarakat tetap harus taat aturan. Bukan berarti selama periode tersebut pihak-pihak terkait tidak akan melakukan tilang terhadap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengemudi kendaraan

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan tetap diberlakukan. ETLE ini akan tetap berlaku selama masa libur dan cuti bersama selama Hari Raya Idulfitri di tahun 2023 ini. 

Menurut Korlantas Polri, penerapan tilang elektronik ini bertujuan agar masyarakat tetap berhati-hati. Tidak hanya itu saja, penerapan ETLE ini bertujuan agar masyarakat mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku serta menunjang ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

ETLE tetap berlaku selama musim mudik Lebaran

salah tilang ETLE

Dengan masih berlakunya ETLE pada musim mudik Lebaran, masyarakat yang melanggar akan tetap mendapat sanksi. Untuk mengamankan pelaksanaan arus lalu lintas saat musim mudik Lebaran pihak kepolisian sudah melakukan antisipasi.

Baca juga: Mudik Jawa Barat Tambah Lancar, Tol Cisumdawu Siap Beroperasi

Pihak kepolisian telah menyiapkan dan akan melaksanakan Operasi Ketupat mulai 17 April hingga 1 Mei 2023. Ada 148.211 personel gabungan yang akan diterjunkan dalam pengamanan arus mudik lebaran 2023 . 

“Jadi ini justru kita perketat supaya mereka juga sadar bahwa ini pada saat kita sibuk-sibuknya mudik jangan sampai melanggar,” ucap Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen Pol Ery Nursatari dikutip dari Kompas.com. 

Ia  juga mengimbau para pemudik untuk selalu berhati-hati dan tetap mematuhi aturan lalu lintas. Setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi kendaraan bermotor bakal terekam kamera ETLE. 

Pemudik dengan motor harus waspada 

mudik motor

Pemudik yang menggunakan berbagai moda transportasi saat melakukan perjalanan mudik untuk lebih berhati-hati. Khusus pemudik motor, disarankan tidak berkendara dengan kapasitas berlebih.

Baca juga: Mobil Dinas Tidak Boleh Dipakai untuk Mudik, Bagaimana Aturannya?

“Jadi tetap hati-hati para pengguna jalan, boncengan bertiga, lebih penumpang, segala macam akan terbidik dengan ETLE. Bukan menakut-nakuti, tapi itu sistem yang sudah berjalan,” kata Ery.

Rencana penerapan one way

skema one way

Selain tetap menerapkan ETLE, pihak Korlantas Polri juga memiliki skema untuk mengurai kemacetan saat arus mudik. Salah satu rencana yang disiapkan adalah penerapan satu arah (one way) di jalan tol.

Sistem one way tersebut rencananya akan dimulai pada tanggal 18 April, mulai dari KM 72 hingga KM 414. Sementara itu, puncak arus mudik sendiri diprediksi akan terjadi pada H-2 dan H-1 Lebaran.

Baca juga: Daftar Lokasi SPKLU Mobil Listrik Sepanjang Jalur Mudik Pulau Jawa

Ada beberapa titik krusial yang berpotensi bermasalah saat terjadi lonjakan mudik Lebaran 2023. Beberapa titik rawan kemacetan tersebut antara lain tol Jakarta-Cikampek, tol Trans Jawa, dan Tol Cipali.

Prediksi puncak musim mudik Lebaran 2023

puncak arus mudik

Penerapan one way ini dilakukan karena Kemenhub memprediksi adanya peningkatan volume kendaraan. Diprediksi kepadatan ini sudah terjadi sejak H-3 atau Rabu 19 April 2023. Kemudian akan mencapai puncaknya pada H-1 atau Jumat 21 April 2023.

Kemenhub juga memaparkan pengguna kendaraan pribadi roda empat menjadi pilihan tertinggi masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik. Diprediksi jumlahnya mencapai 27,32 juta orang atau 22,7% dari total pergerakan. 

Baca juga: Nomor Penting yang Diperlukan Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Mencatatnya!

Jasa Marga memprediksi, jumlah kendaraan tersebut akan melintas di 4 gerbang tol utama yaitu: Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip utama dan volumenya lebih tinggi dibandingkan masa mudik lebaran tahun 2022 lalu.

Untuk itu, bagi para pemudik sebaiknya jangan lengah selama musim mudik Lebaran 2023 nanti. Jangan sampai terkena tilang ketika menuju kampung halaman yang tentunya bisa menghambat perjalananmu ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.