Search Cars

Berita Utama Otomotif

Mudik Jawa Barat Tambah Lancar, Tol Cisumdawu Siap Beroperasi

Jalur mudik Jawa Barat makin lancar dengan dibukanya Tol Cisumdawu Seksi 1 hingga 6. Tapi jam operasinya dibatasi. Ini jadwalnya!

mudik jawa barat

Jalur mudik Jawa Barat mulai dari pintu masuk jalan tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) akhirnya akan mulai dioperasikan secara fungsional pada momen mudik Idulfitri 2023 nanti. 

Pembukaan jalan tol Seksi 4, 5, dan 6 yang disingkat Tol Cisumdawu itu nantinya akan dibatasi, yakni hanya dibuka siang hingga sore hari pukul 15.00 WIB.

Tol Cisumdawu menghubungkan Jawa Barat bagian Selatan (Bandung) dengan wilayah Utara (Majalengka dan Cirebon) dan dibagi menjadi enam seksi. Saat ini, Tol Cisumdawu belum beroperasi penuh karena ada satu titik longsor di antara seksi 4 dan 5. 

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Cikampek Diskon 20 Persen, Kapan Mulai Berlaku?

Pihak pengelola masih berusaha memperbaikinya. Sementara, pengendara mudik Lebaran dapat melintasi dua jalur yang disediakan di seksi 4 hingga 6.

Jalur baru mudik Jawa Barat

terowongan terpanjang

Mengenai tanggal beroperasinya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Tol Cisumdawu Seksi 4, 5, dan 6 dibuka pada hari Sabtu (15/4) mendatang.

“Tanggal 15 April 2023 nanti tol Cisumdawu Seksi 4, 5, dan 6 ini sudah selesai dan secara fungsional sudah bisa digunakan. Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” kata Muhadjir dikutip Kompas.com.

Baca juga: Pertama, Indonesia Miliki Terowongan Terpanjang di Tol Cisumdawu

Sebelumnya, jalan tol Cileunyi-Jatinangor-Sumedang-Cimalaka atau Tol Cisumdawu Seksi 1, 2, dan 3 sudah selesai dibangun. Dan pada masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023 lalu sudah dibuka guna mendukung kelancaran arus mudik Jawa Barat.

Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 65 Km ini juga nantinya sama, akan dibuka dan difungsikan sebagai jalur mudik Lebaran 2023.

Mempercepat akses

jalan tol baru

Harapannya, kehadiran jalur mudik Jawa Barat ini bisa mempermudah akses masyarakat dari Bandung dan sekitarnya yang menuju ke Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati (Kabupaten Majalengka) atau sebaliknya, dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Baca juga: Jalur Mudik Lebaran Selain Tol Trans Jawa Sebagai Alternatif Antisipasi Kemacetan

Adapun alasan jalur mudik Jawa Barat pada Tol Cisumdawu ini hanya dibuka siang hari adalah untuk menambah tingkat keselamatan pemudik. 

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” terang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Di tempat lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga menjelaskan bahwa pengaturan lalu lintas pada jalur tol Cisumdawu nantinya akan sepenuhnya mengikuti arahan Korlantas Polri. 

Baca juga: Putar Balik di Jalan Tol, Apa Sanksi dan Mengapa Terlarang?

Sementara untuk sarana dan prasarana di jalan Tol Cisumdawu dan Cipali, Basuki pastikan semuanya baik dan siap.

“Apakah akan diberlakukan contraflow, one way, atau buka-tutup, semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ucap Basuki.

Tapi Basuki berharap, kepolisian bisa melakukan simulasi rekayasa arus lalu lintas mudik Jawa Barat di Tol Cisumdawu jelang Idulfitri 2023.

Biaya bayar Tol Cisumdawu

bayar tol

Bila kamu melakukan mudik Jawa Barat menggunakan Tol Cisumdawu ini kisaran tarif tol yang perlu disiapkan untuk bayar tol (kendaraan Golongan I).

Baca juga: Tarif Jalan Tol Termahal di Indonesia, di Mana Saja Itu?

  • Cileunyi-Sumedang Rp36.500
  • Cimalaka-Cileunyi Rp41.500
  • Jatinangor-Cileunyi Rp7.500
  • Pamulihan-Sumedang Rp22.000
  • Pamulihan-Cimalaka Rp27.000
  • Pamulihan-Cileunyi Rp14.500
  • Sumedang-Cimalaka Rp5.000
  • Sumedang-Pamulihan Rp22.000
  • Sumedang-Cileunyi Rp36.500
  • Cimalaka-Sumedang Rp5.000
  • Cimalaka-Pamulihan Rp 27.000
  • Cimalaka-Cileunyi Rp41.500

Itulah biaya yang perlu kamu siapkan untuk bayar tol saat mudik Jawa Barat di Idulfitri 2023 nanti. Jangan lupa, perhatikan rambu lalu lintas selama berkendara dan selalu mematuhi aturan batas kecepatan di jalan tol ya!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.