Search Cars

Uncategorized

Mudik Gratis BUMN Dibuka, Begini Cara Daftar dan Jadwalnya

Program mudik gratis BUMN bisa jadi salah satu sarana pulang kampung gratis saat Idulfitri 2023. Ini cara daftar dan jadwalnya!

mudik gratis BUMN

Program mudik gratis BUMN menyambut Idulfitri 2023 menyiapkan 1.009 bus (46.523 penumpang), 30 rangkaian kereta api (15.658 penumpang), dan 7 kapal laut (2.562) untuk 65.603 orang.

“Ini bagian dari BUMN untuk hadir membantu masyarakat yang ingin mudik Lebaran dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa,” kata Menteri BUMN Erick Thohir dikutip Kompas.com.

Tujuan program mudik gratis BUMN ini, kata Erick Thohir, sekaligus menjadi langkah strategis memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas. Pasalnya dapat mengalihkan para pemudik yang berkendara roda dua ke angkutan yang lebih aman. 

Baca juga: Penegakan Hukum Tetap Berlangsung Saat Lebaran, Jika Melanggar Akan Ditilang

Erick Thohir menunjuk PT. Jasa Raharja menjadi kordinator program mudik gratis untuk menjamin kenyamanan serta keamanan para pemudik sepanjang perjalanan.

Jadwal mudik gratis BUMN

perjalanan mudik

Catat waktu dan lokasi keberangkatan serta kota tujuan mudik gratis BUMN yang diadakan oleh PT Jasa Raharja berikut ini.

Transportasi bus, diadakan tanggal 18 April 2023. Lokasi keberangkatan Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Tujuan mudik lebaran ke daerah Wonogiri, Solo, Klaten, Kebumen, Purworejo, Sragen, Boyolali, Ngawi, dan Grobogan (melalui Tol Trans Jawa).

Baca juga: Peluncuran BMW Z4 Terbaru Secara Resmi di Indonesia, Bagaimana Spesifikasinya?

Transportasi kereta api, dijadwalkan pada tanggal 15 dan 16 April 2023. Lokasi keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Tujuan mudik ke daerah  Surabaya, Malang, Blitar, Solo, dan Yogyakarta.

Cara daftar mudik gratis BUMN

Mudik gratis

Untuk mendaftarkan diri mengikuti program mudik gratis sambut Idulfitri 2023 ini, kamu bisa mengecek laman resmi Jasa Raharja. Berikut tahapan pengisian formulirnya.

  • Buka laman dan buat akun.
  • Cari tiket transportasi dan tujuan yang diinginkan. Cek ketersediaan kursi.
  • Jika tiket tersedia, lengkapi data diri kamu dengan benar. Tunggu verifikasi sistem otomatis.
  • Bila datamu lolos verifikasi, tiket elektronik kamu akan langsung diterbitkan. Proses pendaftaran selesai.
  • Simpan tiket elektronik ini hingga hari keberangkatanmu. Dan pada hari-H tunjukkan kepada petugas mudik gratis BUMN di lokasi keberangkatan.

Selain itu, beberapa dokumen yang harus kamu siapkan untuk bisa mendaftar mudik gratis BUMN adalah sebegai berikut.

Baca juga: Tukar Uang Lebaran di Kas Keliling BI, Bagaimana Cara dan Jadwalnya?

  • Memiliki akun aplikasi JRku yang dapat diunduh gratis di Playstore dan App Store.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM C) yang masih aktif
  • Memiliki sepeda motor yang sesuai dengan surat tanda motor kendaraan (STNK)
  • Pajak kendaraan sepeda motor masih berlaku
  • Pendaftar dan peserta harus dalam satu keluarga

Mudik gratis instansi pemerintah lainnya

lalu lintas arus mudik

Selain BUMN, berikut beberapa instansi yang membuka mudik gratis Idulfitri 2023. Catat yuk, siapa tahu bisa jadi alternatif bila kamu kehabisan kuota mudik gratis BUMN.

Kementerian Perhubungan

Pendaftaran tanggal 13 Maret 2023 (hingga kuota terpenuhi). Waktu dan Lokasi Keberangkatan 18 April 2023 pukul 10.00 WIB di Terminal Jati Jajar Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan dan Terminal Pulo Gebang Jakarta.

Baca juga: Viral Mobil Terbakar Saat Isi BBM, Bagaimana Kronologi dan Penyebabnya?

Tanggal 19 April 2023 pukul 10.00 WIB di Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Poris Plawad Tangerang. Daerah tujuan mudik lebaran ke Jawa Barat: Garut,Tasikmalaya, Cirebon. 

Jawa Tengah dan DIY: Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang. Wonosari, Yogyakarta.

Jawa Timur: Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, Tulungagung. Pulau Sumatra: Lampung dan Palembang.

Mudik gratis Polri

Mudik gratis

Pendaftaran tanggal 29 Maret-12 April 2023, Senin-Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB. Jadwal keberangkatan tanggal 18 dan 19 April 2023 pukul 08.00 WIB di Monas.

Baca juga: 13 Jalan Tol Baru Akan Beroperasi Hingga Akhir 2023, Dimana Saja?

Daerah tujuan Jawa Barat: Jalur Utara (Indramayu dan Majalengka) – Jalur Selatan (Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang).

Jawa Tengah: Jalur Utara (Brebes, Selawi, Pemalang, Batang, Kendal, Demak, Purwodadi, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Sukoharjo). 

Jalur Selatan (Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Cilacap, Kebumen, Kulonprogo, Sleman, Gunung Kidul, Bantul) Jalur Utara – Timur (Jepara, Pati, Blora).

Baca juga: Biar Gak Bosen, Yuk Cobain Mudik Lewat Pansela Jawa

Jawa Timur: Jalur Utara (Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Situbondo, Lumajang, Jember, Banyuwangi dan wilayah Malang Raya).

Jalur Selatan (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Nganjuk).

Pegadaian

Pendaftaran tanggal 28 Maret-3 April 2023. Jadwal keberangkatan pada tanggal 18 April 2023 dari Kantor Cabang Pegadaian Kebon Nanas, Jakarta Timur.

Baca juga: Jadwal Cuti Bersama Karyawan Saat Idulfitri 2023, Persiapan Mudik Lebih Matang

Daerah tujuan mudik lebaran, Purwokerto, Semarang, Solo, Madiun, Surabaya, Yogyakarta, Gresik, Malang.

Mudik gratis PLN

Mudik gratis

Pendaftaran tanggal 5-7 April 2023 pukul 09.00-15.00 WIB. Jadwal keberangkatan: 18 April 2023 dengan kota tujuan: Jawa Barat-Jawa Tengah-Jawa Timur-Lampung-Palembang.

Agar nyaman saat melakukan perjalanan panjang seperti melintasi Tol Trans Jawa, persiapkan kondisi fisik tetap bugar. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan waktu istirahat di rest area dengan melakukan senam ringan dan peregangan badan.

Baca juga: Asuransi Jalan Tol Bila Mengalami Kecelakaan dan Cara Klaimnya

Agar tidak jenuh, manfaatkan momen itu dengan berswafoto karena beberapa rest area di Tol Trans Jawa memiliki lanskap bangunan serta pemandangan alam yang cukup indah.  

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.