Search Cars

Keuangan

Nabung Emas di Pegadaian, Apa Keuntungan dan Kerugiannya?

Berniat investasi dengan menabung emas di Pegadaian? Yuk, kenali dulu untung ruginya sebelum memulai. Apa betul murah dan mudah?

pegadaian

Pegadaian dikenal masyarakat umum sebagai tempat untuk menggadaikan barang-barang. Umumnya yang digadaikan adalah barang elektronik, BPKB kendaraan hingga perhiasan logam mulia. Tahukah kamu jika lembaga ini juga memiliki fasilitas nabung emas? 

Masyarakat dapat mendatangi kantor Pegadaian terdekat untuk dapat berinvestasi nabung emas. Apa sih keuntungan dan kerugiannya? Agar lebih jelas kenali lebih jauh tentang investasi nabung emas di Pegadaian. 

Apa itu nabung emas di Pegadaian?

pegadaian

Saat ini, mendapatkan uang tambahan atau memutarnya sebagai investasi tentu adalah langkah bijak dalam menghadapi ancaman resesi global. Meski belum tentu terjadi, tidak ada salahnya bersiap dan memiliki dana cadangan salah satunya dengan nabung emas.

Baca juga: Indonesia Resesi, Benarkah Tidak Akan Terjadi?

Tabungan emas Pegadaian adalah layanan jual beli emas dengan cara membeli emas dalam bentuk logam mulia 24 karat lewat fasilitas selayaknya nasabah menabung. Jadi, melalui produk ini, masyarakat bisa menyicil untuk investasi di emas batangan 24 karat.

Uniknya karena berbentuk tabungan, jumlah setoran yang harus dibayarkan tidak memberatkan dan sesuai kemampuan nasabahnya. Kamu bisa setor uang tunai untuk ditabung di tabungan emas Pegadaian dalam jumlah berapapun. 

Nantinya, uang yang terkumpul akan dikonversikan ke dalam gram emas batangan sesuai dengan harga emas 24 karat yang berlaku saat itu. 

Investasi emas Pegadaian terjangkau

pegadaian

Karena dapat dicicil maka salah satu keuntungan nabung emas di Pegadaian adalah terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Bahkan jika nasabah memiliki dana minimal Rp20 ribu sudah bisa disetorkan sebagai saldo tabungan emasnya.

Waktu fleksibel

tenor kredit mobil

Keuntungan kedua adalah tabungan emas dapat dicairkan sewaktu-waktu alias memiliki sifat yang fleksibel. Ini tentu menjadi kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan dana darurat.

Sistem setoran mudah

rupiah inflasi stagflasi

Hal lain yang menjadi keuntungannya adalah kemudahan dalam sistem setoran. Kamu tidak perlu mendatangi kantor Pegadaian terdekat untuk melakukan setoran. Saat ini mengisi saldo nabung emas bisa dilakukan via ATM, aplikasi dan agen-agen Pegadaian terdekat.

Baca juga: Biar Gak Bosen, Yuk Cobain Mudik Lewat Pansela Jawa

Selain keuntungan tersebut, apakah ada kerugian dari sistem ini? Benarkah biaya cetak emas di Pegadaian mahal?

Kerugian nabung emas Pegadaian

kelebihan investasi emas

Hal pertama yang bisa dianggap sebagai kekurangan sistem investasi ini adalah adanya biaya administrasi dan biaya penyimpanan per tahun sebesar Rp 30 ribu. Meski kecil namun jika dalam waktu lama maka jumlahnya bisa menggerus nilai tabungan emas.

Kerugian kedua, adanya biaya tambahan yang diperlukan jika nasabah ingin mencetak saldo tabungannya menjadi logam mulia. Biaya tersebut berkisar Rp120 ribu untuk emas Antam seberat 1 gram sampai Rp1 juta untuk berat emas 100 gram.

Baca juga: Sebelum Puasa 2023 Cek Dulu Spare Part Mobil yang Harus Diganti

Terakhir, nabung emas ini menerapkan buyback atau penjualan harga emas lebih rendah dibandingkan dengan harga beli emas di Pegadaian. Sehingga, nabung emas ini sebaiknya dijadikan instrumen investasi jangka panjang agar dapat menguntungkan.

Syarat nabung emas Pegadaian

pegadaian

Jika kamu tertarik untuk membuka tabungan emas ini, yuk catat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Cukup mudah loh cara dan syaratnya.

  • Siapkan kartu identitas diri yaitu KTP atau bagi WNA menggunakan paspor yang masih berlaku.
  • Mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat.
  • Mempersiapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk membuka rekening tabungan.
  • Isi formulir pendaftaran secara lengkap.
  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp10 ribu dan biaya fasilitas penitipan selama 12 bulan kurang lebih Rp30 ribu.
  • Nasabah akan diberikan buku Tabungan Emas.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa 2023 Buat yang Sering Kena Macet

Jika terkendala waktu, kamu juga bisa membuka tabungan emas melalui aplikasi Pegadaian. Berikut tahapan caranya.

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital melalui smartphone via Playstore atau App Store.
  • Lakukan pendaftaran online dengan mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas.
  • Lampirkan kartu identitas seperti KTP atau paspor.
  • Pilih kantor pegadaian yang akan Anda kunjungi untuk mengambil buku tabungan.

Jika pendaftaran sudah selesai, silahkan ambil buku rekening tabungan dengan mendatangi kantor cabang Pegadaian yang tadi dipilih maksimal 6 bulan sejak pembukaan rekening online.

Teman SEVA

apa itu SEVA?

Selain nabung emas di Pegadaian, cara lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara memperoleh tambahan uang untuk investasi menguntungkan adalah bergabung dalam Teman Seva.

Baca juga: Pilih yang #JelasDariAwal, Beli Mobil Pasti Terjamin Kualitasnya

Teman SEVA merupakan sebuah program insentif dari SEVA untuk teman-teman yang menginginkan tambahan uang bulanan mulai dari Rp1 Juta hingga Rp2,5 Juta dengan mendapatkan komisi dari mobil yang berhasil dijual.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal bergabung dalam program ini melalui smartphone dan membagikan link mobil sebanyak-banyaknya kepada teman dan kerabat yang ingin membeli kendaraan. Begini cara mendaftarnya.

  • Kunjung bit.ly/Daftar-TemanSEVA  ​
  • Registrasi menjadi user SEVA​.
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay ya! Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan.

Baca juga: Pakai Loan Calculator SEVA Kredit Mobil Tanpa Worry, Bisa!

Dengan bergabung dalam Teman SEVA maka kamu berkesempatan untuk mendapat uang tambahan yang dapat dijadikan dana investasi. 

Mengingat harga emas yang cenderung naik dari waktu ke waktu, ada baiknya kamu mempertimbangkan nabung emas di Pegadaian sebagai salah satu opsi investasi jangka panjang yang terjangkau.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.