Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kelebihan Coating Mobil Dibandingkan Menggunakan Wax

Kelebihan coating mobil adalah ketahanannya yang lebih lama dibandingkan jika hanya menggunakan wax. Apa lagi ya selain itu?

kelebihan coating mobil

Salah satu kelebihan coating mobil adalah bisa memberikan perlindungan yang lebih lama pada permukaan kendaraan. Namun memang memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan menggunakan wax untuk menjaga bodi mobil agar tetap mulus dan mengilap. 

Memang bodi mobil yang mulus dan mengilap ini menjadi salah satu hal yang diinginkan bagi setiap pemiliknya. Untuk itu perlu dilakukan perawatan agar bodi mobil tetap terlihat sempurna ketika dilihat. 

Terdapat beberapa jenis cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bodi mobil agar selalu terlihat sempurna. Selain mencuci mobil dengan menggunakan alat khusus, ada lagi cara untuk melindungi warna cat mobil, yaitu dengan wax dan coating.  

Apa itu wax? 

wax mobil

Proses wax atau waxing merupakan cara yang dilakukan untuk merawat mobil dengan memberikan lapisan wax atau lilin. Lapisan tersebut diberikan di atas lapisan clear coat pada cat mobil. 

Baca juga: Biaya Detailing Mobil, Apa saja yang Dikerjakan?

Adanya lapisan lilin ini akan membuat clear coat menjadi lebih terlindungi. Namun memang untuk penggunaan wax ini cukup singkat usia pakainya karena lapisan lilin tersebut bisa hilang dalam wakti 3-5 kali proses pencucian mobil. 

Pada saat lapisan lilin ini sudah hilang, pemilik mobil harus melakukan proses wax ulang sehingga cat tetap bisa terlindungi. Jika hal ini tidak dilakukan, jamur atau water spot akan lebih mudah hinggap di permukaan cat mobil. 

Umumnya wax yang ada saat ini menggunakan bahan-bahan yang alami. Mulai dari carnauba, montan, dan paraffin.

Apa itu coating mobil?

coating mobil

Sedangkan untuk coating merupakan cara yang dilakukan untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap cat mobil. Dalam prosesnya, cat mobil akan diberikan lapisan pelindung berwarna bening yang dibuat menggunakan teknologi nano ceramic. 

Baca juga: Rincian Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan, Semahal Apa?

Lapisan coating ini mampu masuk ke dalam pori-pori clear coat yang terdapat pada mobil. Dengan begitu, bisa memberikan lapisan perlindungan yang lebih kuat jika dibandingkan hanya menggunakan wax saja. 

Jika bisa digambarkan, penggunaan lapisan coating ini sama seperti penggunaan lapisan anti gores di layar smartphone. Lapisan coating ini bisa memberikan perlindungan cat mobil dari goresan, kotoran, serta jamur.

Kelebihan coating mobil

coating mobil

Terdapat beberapa kelebihan coating mobil yang bisa dirasakan oleh para pemilik kendaraan. Apa saja itu? 

Membuat cat mobil tidak cepat pudar

Dengan melakukan proses coating, warna cat mobil tidak akan cepat pudar karena adanya lapisan tambahan. Lapisan inilah yang akan melindungi permukaan cat mobil dari paparan sinar matahari. 

Baca juga: Tips Memilih Warna Mobil Biar Gak Cepat Bosan

Tentu sudah banyak yang tahu bahwa paparan sinar matahari berlebihan bisa memberikan dampak buruk bagi cat mobil. Cat mobil yang terlalu sering terkena sinar matahari akan menjadi lebih cepat pudar dan kusam. 

Tahan dari goresan

goresan mobil

Kelebihan coating mobil lainnya adalah bisa membuat permukaan cat menjadi lebih tahan dari goresan. Meskipun memang itu semua tergantung pada kualitas coating yang digunakan karena semakin tebal lapisannya tentu daya tahannya akan semakin kuat. 

Tahan dari jamur dan air 

water spot

Mobil yang sering terkena hujan, lama-kelamaan bisa membuat permukaannya menjadi lebih lembap dan bisa menimbulkan jamur. Hal ini tentunya harus secepatnya diatasi agar jamur tersebut tidak merusak cat mobil. 

Baca juga: Tips Cuci Mobil Hidrolik, Jangan Sampai Mobil Malah Terjungkal!

Dengan memberikan lapisan coating maka permukaan mobil bisa lebih tahan dari bercak air serta munculnya jamur. Namun perlu diingat juga sebaiknya jangan sampai menunggu mobil terlihat kusam dan banyak goresan untuk melakukannya. 

Sebaiknya ketika mobil masih baru, langsung melakukan coating sehingga penampilannya bisa tetap terawat. 

Jadi, mana nih yang akan kamu pilih untuk menjaga tampilan mobil agar tetap sempurna? Tentukan sendiri ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.