Tips Cuci Mobil Hidrolik, Jangan Sampai Mobil Malah Terjungkal!

Cuci mobil hidrolik malah membuat mobil Toyota Fortuner terjungkal menjadi viral. Lalu, apa saja tips aman untuk menghindarinya?

cuci mobil hidrolik

Cuci mobil hidrolik sering menjadi pilihan bagi para pemilik kendaraan jika malas membersihkan sendiri di rumah. Mobil juga dianggap akan lebih bersih karena keseluruhan bagian mobil, termasuk bagian kolong akan dibersihkan. 

Namun, beberapa waktu lalu ada kejadian yang menimpa Toyota Fortuner ketika sedang mencuci mobil menggunakan sistem hidrolik. Alih-alih mobilnya menjadi bersih, mobil malah terjungkal dan menjadi viral di media sosial. 

Pada potongan video yang beredar di media sosial, terlihat mobil Toyota Fortuner sedang diangkat ke atas menggunakan hidrolik ketika pekerja sedang membersihkan ban depan kanan. Secara tiba-tiba, mobil terjungkal dengan sisi kanan mobil menghantam lantai terlebih dulu. 

Baca juga: Cara Bersihkan Busi Mobil dan Memasangnya dengan Tepat

Nah, buat yang ingin mencuci mobil menggunakan sistem hidrolik baca dulu tips ini agar tetap aman.

hidrolik tipe H

Pilih model hidrolik tipe H

Saat ini terdapat 2 jenis cuci mobil hidrolik, yaitu yang berbentuk huruf X dan H. pada tipe lift hidrolik yang berbentuk X bisa mengangkat bagian bagian bawah mobil tetapi jika tidak stabil maka berisiko mobil akan miring dan akhirnya jatuh. 

Sedangkan pada tipe lift hidrolik yang berbentuk huruf H, titik beban kendaraan atau tumpuannya berada pada roda kendaraan. Sehingga tidak akan mengakibatkan kerusakan pada chasis dan sistem suspensi. 

Baca juga: 6 Tips Merawat Dashboard Mobil yang Sering Parkir Outdoor

Selain itu, tipe hidrolik yang berbentuk huruf H lebih seimbang sehingga dianjurkan untuk memilih tempat cuci mobil yang memiliki tipe lift hidrolik berbentuk H. 

asuransi mobil

Menggunakan asuransi

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan saat melakukan cuci mobil hidrolik, misalnya mobil yang terjungkal bisa pilih asuransi untuk melindungi mobil. Biasanya, pihak asuransi bisa menuntut bengkel ketika terjadi hal yang tidak terduga tersebut. 

Dengan begitu, pemilik mobil bisa melakukan klaim terhadap asuransi dan untuk biaya perbaikan mobil bisa ditanggung asuransi. Itulah mengapa memiliki asuransi bagi kendaraan menjadi hal yang penting untuk menjamin biaya tidak terduga yang harus dikeluarkan untuk mobil. 

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Memiliki asuransi mobil juga bisa membuat pemilik kendaraan merasa aman ketika harus mencuci mobil mereka di tempat cuci mobil hidrolik karena adanya tanggungan yang akan diberikan. 

cuci mobil sendiri

Cuci mobil sendiri

Buat pemilik kendaraan yang memiliki waktu luang, misalnya ketika libur atau akhir pekan bisa memilih untuk mencuci mobil mereka sendiri di rumah. 

Harga cuci mobil hidrolik memang tidak terlalu mahal yaitu sekitar Rp 40-50 ribu tapi untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan maka bisa memilih untuk cuci mobil sendiri. 

Dengan mencuci mobil sendiri daripada harus pergi ke tempat cuci mobil terdekat dari rumah, pemilik juga bisa menjadi lebih hemat karena tidak harus mengeluarkan biaya sepeser pun. 

Selain itu, dengan mencuci mobil sendiri di rumah maka tubuh akan bergerak yang bisa sama seperti sedang berolahraga. 

Tentunya mobil bersih, tubuh pun menjadi sehat jika mencucinya sendiri di rumah. Jadi, jangan sampai memilih tempat untuk mencuci mobil ya!