Search Cars

Tips & Rekomendasi

Ciri Bengkel Mobil Terbaik, Apa Saja yang Diperhatikan?

Cari tempat servis yang bagus tidak susah. Datang saja ke bengkel mobil resmi yang direkomendasikan pabrikan. Ini ciri-cirinya.

bengkel mobil

Servis mobil harus dilakukan secara berkala di bengkel mobil yang memiliki kredibilitas baik. Ini agar perawatan kendaraanmu lebih optimal dan terjamin performanya.

Dengan perawatan yang baik, masa pakai kendaraan juga jadi lebih panjang. Selain itu, kendaraan juga terasa selalu nyaman saat dibawa berkendara. Itulah mengapa memilih tempat servis tidak boleh sembarangan.

Bila kamu membeli mobil baru, servis pertama biasanya masih dilakukan di bengkel resmi pabrikan mobil dan gratis. Kamu bisa melanjutkan servis berikutnya di bengkel servis pertama tadi. 

Perawatan di bengkel mobil

mobil jarang servis

Lazimnya beberapa jenis perawatan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Misalnya pemeriksaan oli dan aki, tekanan angin hingga menambahkan minyak rem. Namun beberapa hal perawatan hanya bisa dilakukan oleh pihak bengkel. 

Baca juga: Servis Mobil Rutin Sebelum Liburan, Apa Saja yang Dicek?

Misalnya spooring dan balancing ban, juga pemeriksaan komponen radiator. Selain di bengkel resmi, perawatan-perawatan tersebut bisa juga kamu lakukan di tempat servis yang bagus.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan saat memilih bengkel mobil yang bagus.

Pilih bengkel mobil resmi sesuai dengan pabrikan mobil

tidak resmi

Sesuaikan bengkel mobil dengan rekomendasi pabrikan mobil. Misalnya, Toyota Agya lakukan servis di Astra OtoServis atau bengkel Toyota lainnya. Dipastikan mekanik di bengkel resmi sudah kenal seluk-beluk mobilmu dan mengerti kebutuhan pada setiap masalah mobilmu.

Baca juga: Benarkah Ganti Oli jadi Perawatan Mobil Paling Mudah dan Murah?

Bengkel resmi juga menyediakan suku cadang asli, pastinya. Memang, biaya jasa servis dan harga suku cadang asli lebih mahal dibandingkan dengan aftermarket. Tapi ini sebanding dengan kualitas dan usia pakainya yang lama.

Kualifikasi mekanik

apa itu mekanik

Tempat servis yang bagus harus memiliki mekanik atau montir profesional dengan sertifikat juga pengetahuan dan pengalaman yang luas. Montir juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam melakukan perbaikan mobil.

Selain itu, montir bengkel profesional juga kerap mengajak konsumennya berdiskusi mengenai perawatan mobil. Dari sini kamu bisa mengukur kemampuan mekanik, apakah sesuai dengan ekspektasi atau tidak. 

Fasilitas bengkel mobil lengkap

ban mobil perlu dirotasi

Fasilitas yang ada pada bengkel mobil juga harus lengkap dan memadai, seperti alat-alat yang modern, ruang tunggu yang nyaman, dan peralatan pendukung lainnya yang diperlukan dalam perawatan dan perbaikan mobil.

Kualitas pelayanan

apa itu mekanik

Bengkel mobil yang bagus sudah pasti memiliki pelayanan yang baik pula kepada pelanggannya. Beberapa pelayanan yang biasanya diharapkan pelanggan adalah bisa memberikan informasi yang jelas tentang masalah yang terjadi pada mobil, memberikan estimasi biaya, dan berapa lama waktu dibutuhkan untuk perbaikan mobil kamu.

Transparansi

Melepas filter udara

Saat melakukan perbaikan atau perawatan, bengkel mobil harus transparan menjelaskan secara detail yang dibutuhkan kendaraan. Misalnya tentang jenis dan kualitas suku cadang diperlukan, juga jasa servis dan biaya perbaikan yang mungkin kamu keluarkan.

Berani memberi garansi

garansi mobil

Selain pelayanan yang baik, tempat servis juga berani memberikan garansi untuk pekerjaan yang dilakukan. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bengkel sekaligus tanda bahwa bengkel sudah melakukan perbaikan dengan kualitas terbaik.

Harga layanan bengkel wajar

rupiah digital

Tempat servis yang bagus atau resmi tidak selalu memberikan biaya jasa servis mahal, kok. Tapi tidak juga paling murah, ya. Setidaknya biaya jasa servis mobil di tempat servis tersebut wajar dan sepadan dengan kualitas pelayanan yang kamu terima.

Lokasi bengkel mobil mudah dijangkau

Ciri lainnya adalah lokasi yang mudah diakses. Pilih juga yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu. Ini untuk memudahkan kamu melakukan perawatan mobil atau bila tiba-tiba memerlukan perbaikan. 

Baca juga: Biaya Servis Mobil Listrik Sangat Irit, Berapa yang Harus Dikeluarkan?

Lokasi yang dekat juga memudahkan kamu mencapai  lokasi tersebut, sehingga kamu tak perlu meluangkan banyak waktu dan energi untuk menjangkaunya.

Reputasi bengkel mobil baik

garansi mobil

Coba cek, apakah tempat servis yang kamu sasar memiliki track record atau reputasi yang baik. Kamu bisa mencari tahu melalui rekomendasi teman atau ulasan online

Kalau soal biaya perbaikan, itu bisa sangat bervariatif. Mahal murahnya biaya perbaikan bisa kamu bandingkan dengan suku cadang yang digunakan juga biaya jasa perbaikan yang menyesuaikan kesulitan masalah pada mobilmu.  

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat terhindar dari aksi getok harga dan risiko penipuan. Jangan salah pilih bengkel mobil lagi ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.