Search Cars

Tips & Rekomendasi

Alasan Servis Rutin Lebih Baik di Bengkel Mobil Resmi

Servis di bengkel mobil menjadi hal yang harus rutin dilakukan agar performa kendaraan maksimal. Apa kelebihan jika memilih tempat resmi?

bengkel mobil

Memilih bengkel mobil sebaiknya tidak boleh dilakukan secara asal karena akan berpengaruh pada performa kendaraan. Performa mobil yang tidak maksimal ini tentu pada akhirnya akan berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. 

Jika pemilik mobil memiliki kemampuan teknis mengenai perawatan mobil, mungkin bisa melakukan servis rutin sendiri. Akan tetapi, lebih baik jika melakukan servis rutin di bengkel yang tentunya sudah memiliki teknisi terlatih.

Hal lain yang mungkin perlu diperhatikan ketika akan melakukan servis rutin pada mobil adalah jenis bengkelnya. Apakah harus melakukan servis di bengkel resmi atau bengkel umum yang dianggap memiliki tarif lebih terjangkau. 

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Meskipun bisa lebih mahal, bengkel mobil resmi memiliki kelebihan yang bisa didapatkan. Apa saja itu?

Teknisi yang sudah terlatih

bengkel curang

Salah satu alasan mengapa lebih baik memilih bengkel mobil resmi adalah teknisi kendaraan yang sudah pasti terlatih. Setiap teknisi ini pastinya sudah menguasai setiap kerusakan pada mobil dan cara penanganan yang tepat. 

Tidak hanya itu saja, biasanya para teknisi juga memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai produk yang tepat untuk mobil. Dengan begitu, performa mobil sudah pasti bisa selalu awet dan maksimal. 

Mempertahankan garansi mobil

Melakukan servis rutin juga ada kaitannya dengan garansi mobil yang didapatkan setelah melakukan pembelian. Biasanya pihak asuransi akan memberikan garansi mobil jika kendaraan selalu melakukan servis rutin di bengkel resmi. 

Baca juga: Kunci Mobil Hilang? Ini Syarat dan Cara Duplikat Kunci agar Aman

Servis rutin di bengkel resmi juga bisa memberikan garansi mobil jika ingin menjualnya kembali. Tentunya bisa membuat harga jual mobil kembali tidak terlalu turun drastis. 

Spare part yang digunakan terjamin

sparepart mobil

Melakukan servis mobil di bengkel resmi juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu penggunaan spare part yang pasti asli. Penggunaan spare part yang terjamin keasliannya ini akan berpengaruh juga pada daya tahan mobil itu sendiri. 

Spare part yang asli ini tentunya memiliki daya tahan yang lebih baik, sudah teruji performanya, dan memiliki garansi pabrikan. Meskipun memang biaya servis rutin di bengkel resmi bisa menjadi lebih mahal karena spare part asli ini. 

Baca juga: 16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

Biaya servis rutin yang dilakukan di bengkel resmi juga bersifat transparan. Dengan kata lain, pemilik mobil tidak perlu khawatir terkena tipu atau mendapatkan harga yang tidak sesuai dengan kondisi aslinya. 

Menggunakan peralatan yang lengkap

peralatan

Dengan melakukan servis mobil di tempat yang resmi juga biasanya akan lebih aman karena peralatan yang lengkap. Tidak hanya lengkap, fasilitas yang didapatkan juga pastinya sudah disesuaikan dengan teknologi terbaru dan kebutuhan-kebutuhan pemilik mobil.

Fasilitas serta peralatan yang lengkap ini bisa memberikan hasil yang terbaik pada mobil. Pada akhirnya, kembali lagi akan berpengaruh pada kondisi mobil yang selalu maksimal. 

Riwayat servis lengkap

servis mobil

Melakukan servis mobil di tempat yang resmi juga bisa membantu pemilik mengetahui seluruh riwayat perawatan. Tidak hanya seluruh riwayat perawatan, tetapi perbaikan dan penggantian suku cadang juga bisa tercatat dengan rapi. 

Baca juga: Berapa Jarak Ideal Pengereman Mobil Agar Terhindar dari Kecelakaan

Mengeluarkan biaya servis rutin ini juga bisa memberikan keuntungan pada pemilik mobil. Jika ingin menjual kembali, harganya tidak akan anjlok karena perawatan yang rutin dilakukan di bengkel resmi tersebut. 

Terdapat customer service

customer service

Biaya servis rutin yang sedikit lebih mahal di bengkel resmi juga memberikan garansi akan pelayanan yang diberikan. Biasanya keluhan, saran, compliment, maupun pertanyaan terkait pelayanan di bengkel resmi disediakan untuk menunjang kenyamanan pemilik kendaraan. 

Jadi, sudah tahu kan mengapa harus melakukan servis rutin di bengkel mobil yang resmi? Namun, satu hal yang pasti tidak boleh terlewat adalah melakukan perawatan secara berkala agar mobil tetap nyaman saat digunakan ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.