Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kunci Mobil Hilang? Ini Syarat dan Cara Duplikat Kunci agar Aman

Melakukan duplikat kunci bisa menjadi pilihan jika kunci utama hilang. Agar tetap aman, apa saja syarat-syaratnya?

duplikat kunci

Melakukan duplikat kunci mobil sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Hal ini penting untuk diperhatikan agar tidak sampai disalahgunakan atau bahkan dijadikan sebagai cara untuk melakukan pencurian mobil itu sendiri. 

Dalam melakukan proses duplikat juga biasanya cukup singkat. Estimasi untuk mengerjakan duplikasi kunci mobil biasanya memakan waktu sekitar satu sampai satu setengah jam saja tergantung dari tingkat kerumitannya. 

Alternatif lain jika mengalami kunci mobil yang hilang adalah bisa menggunakan kunci cadangan. Pada umumnya, kunci cadangan akan diberikan setiap pembelian mobil baru yang diberikan langsung oleh pabrikan dan tentunya penggunaan kunci cadangan lebih aman. 

Syarat duplikat kunci

kunci keyless mobil

Untuk melakukan duplikat kunci mobil, ada beberapa syarat yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Apa saja itu? 

Menyiapkan dokumen pribadi

Syarat pertama jika ingin melakukan duplikasi secara resmi dan aman adalah menunjukkan dokumen-dokumen kepemilikan pribadi. Mulai dari STNK, BPKB, dan KTP menjadi hal yang harus dipenuhi jika ingin melakukan duplikasi. 

Baca juga: Remap ECU Mobil, Apa Manfaat dan Dampaknya?

Penggunaan dokumen-dokumen tersebut digunakan sebagai bukti kuat untuk kepemilikan mobil. Selain itu, dokumen-dokumen tersebut juga digunakan untuk menghindari penyalahgunaan seperti kloning duplikat remote mobil untuk aksi pencurian. 

Membawa mobil

harga mobil MPV

Agar lebih aman, pemilik juga biasanya diharuskan untuk membawa mobil pada saat melakukan duplikasi. Pada mobil dengan kunci immobilizer program transponder yang dibuat bakal dicocokkan dengan ECU immobilizer

Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya tindakan kejahatan, seperti dengan membobol gelombang frekuensi secara acak.

Mengajukan registrasi ke prinsipal

Untuk proses pengajuan registrasi ini tidak dilakukan oleh pemilik mobil, tetapi oleh dealer. Nantinya pihak dealer akan melakukan registrasi ke pihak prinsipal untuk mendapatkan izin melakukan penambahan kunci mobil untuk bisa dilakukan proses selanjutnya.

Baca juga: Jual Mobil Bekas Banjir, Apa Saja Kerugiannya?

Tujuan adanya registrasi adalah untuk menghindari kemudahan dalam duplikasi dan tentunya menambah keamanan mobil. 

Cara kerja duplikat kunci mobil

duplikat kunci mobil

Setiap kunci mobil memiliki cara kerja yang berbeda jika ingin melakukan duplikasi. Pada kunci mobil immobilizer cara kerjanya bisa dibilang cukup kompleks karena ada rangkaian sistem yang rumit serta kode yang harus dienkripsi dan dihubungkan ke ECU

Nantinya, hasil enkripsi tersebut akan dijadikan chip yang ditanam ke anak kunci. Dengan begitu, mobil hanya bisa dinyalakan dengan kunci yang sudah ditanamkan hasil enkripsi tersebut.

Baca juga: Fungsi Minyak Power Steering dan Tips Memilihnya

Untuk itu, penting sekali bagi pemilik mobil untuk mengajukan penghapusan jika salah satu anak kunci hilang. Enkripsi kunci tersebut bakal dihapus dari sistem ECU sehingga saat kunci ditemukan oleh orang lain maka orang tersebut tidak bisa menyalakan mobil. 

Harga duplikat kunci mobil

harga duplikat kunci

Harga duplikat kunci mobil tentunya akan berbeda-beda, tergantung dari jenisnya. Secara umum, biayanya adalah Rp1 jutaan atau bahkan bisa sampai belasan juta dan biasanya semakin sulit pengerjaan maka semakin mahal juga harganya. 

Duplikat kunci terdekat

Inilah daftar tempat-tempat untuk melakukan duplikat kunci terdekat yang tersebar di area Jakarta. Ada dimana saja ya? 

Meskipun tempat-tempat duplikat kunci terdekat bisa ditemukan dimana saja, namun usahakan jangan sampai harus mengalami kunci mobil hilang ya. Selain karena harus mengeluarkan biaya tambahan tentunya berisiko untuk terjadinya tindakan kejahatan seperti pencurian mobil.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.